Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Menggunakan 1 Water Heater Untuk 2 Kamar Mandi, Apakah Memungkinkan?

| Jumat Maret 31, 2023
Menggunakan 1 Water Heater Untuk 2 Kamar Mandi, Apakah Memungkinkan?

Tak sedikit orang yang menanyakan apakah memungkinkan jika menggunakan 1 water heater untuk 2 kamar mandi. Pasalnya, pada ukuran rumah yang tak terlalu besar, Anda mungkin akan mempertimbangkan penggunaan 1 water heater saja, tetapi tetap ingin distribusi air panas yang merata ke seluruh kamar mandi. 

Dalam artikel kali ini, Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Jadi, jika Anda membutuhkan informasi seputar penggunaan water heater untuk 2 kamar mandi, pastikan untuk menyimak ulasan ini sampai akhir. 

Bisakah Menggunakan 1 Water Heater Untuk 2 Kamar Mandi?

Menggunakan 1 Water Heater Untuk 2 Kamar Mandi, Apakah Memungkinkan?

Fungsi dari water heater adalah untuk memanaskan air yang akan digunakan di rumah. Melalui penggunaan water heater, Anda tidak perlu khawatir dengan air yang dingin saat mandi atau cuci piring. Water heater dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kenyamanan dan kesegaran saat mandi khususnya di musim dingin. 

Selain itu, water heater dapat menghemat tenaga karena Anda tidak perlu menyalakan kompor atau ketel uap untuk memanaskan air. Di luar fungsi utama sebagai pemanas air rumah tangga atau komersial, water heater juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya seperti tempat penyimpanan air hingga sebagai alat yang memanaskan air dalam kolam renang.

Pemasangan water heater yang benar dan perawatan rutin dapat membantu Anda memiliki water heater yang bekerja dengan baik dan tahan lama. Secara tidak langsung, dapat dikatakan bahwa water heater adalah salah satu peralatan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air panas di rumah Anda.

Secara teori, sebenarnya memungkinkan untuk menggunakan 1 water heater untuk 2 kamar mandi. Namun, hal ini tergantung pada kapasitas water heater dan konsumsi air dari masing-masing kamar mandi. Jika konsumsi air dari kedua kamar mandi tidak terlalu tinggi, maka satu water heater mungkin cukup untuk kedua kamar mandi. 

Namun, jika konsumsi air dari kedua kamar mandi cukup tinggi, maka diperlukan water heater yang lebih besar atau jumlah unit lebih dari satu. Selain itu, perlu diperhatikan juga jarak antara kedua kamar mandi dan lokasi water heater. Semakin jauh jaraknya, semakin besar kemungkinan tekanan air yang rendah di kamar mandi yang jauh dari water heater. 

Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu konsumsi air dan jarak antara kedua kamar mandi dengan water heater sebelum memutuskan untuk menggunakan satu water heater untuk dua kamar mandi.

Baca juga: 6 Perbedaan Instant dan Storage Water Heater yang Utama

Berapa Ukuran Water Heater Yang Tepat?

Ukuran water heater yang tepat sangat tergantung pada kebutuhan air panas di rumah Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan ukuran water heater yang di antaranya jumlah orang yang tinggal di rumah, jumlah kamar mandi, besaran konsumsi air panas, dan ukuran rumah.

Terdapat beberapa ukuran water heater yang tersedia di Rheem dan bisa Anda sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan besaran volume air yang digunakan. Pertama adalah 10 L yang cocok digunakan untuk mandi 1 orang, tanpa ada penggunaan bathtub. Kedua, 30 L cocok digunakan untuk anggota keluarga sebanyak 4 orang. 

Ketiga water heater 50 L dapat digunakan untuk rumah dengan jumlah anggota sebanyak 6 hingga 7 orang. Keempat water heater 80 L dapat digunakan untuk 8 hingga 10 orang, dan terakhir water heater 100 L cocok untuk Anda yang tinggal pada rumah berukuran besar dengan 11 hingga 14 orang penghuni di dalamnya. 

Apakah Pemanas Air Boros Listrik?

Menggunakan water heater listrik tentu akan berdampak pada jumlah tagihan listrik rumah. Pasalnya water heater listrik menggunakan listrik sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Sebab itu, menggunakan water heater dapat menyebabkan pemakaian listrik sedikit lebih besar dan tentu memengaruhi biayanya pula.

Baca juga: Mengenal Persiapan dan Cara Pasang Water Heater Listrik Agar Aman

4 Tips Pemasangan Water Heater

Menggunakan 1 Water Heater Untuk 2 Kamar Mandi, Apakah Memungkinkan?

Perlu diingat bahwa pemasangan water heater tidak boleh dilakukan sendiri. Anda memerlukan bantuan teknisi ahli untuk memastikan seluruh proses instalasi berjalan dengan baik dan aman. Namun, tak ada salahnya untuk mengetahui apa saja tips pemasangan water heater. Berikut merupakan beberapa tips yang umumnya dilakukan teknisi ahli saat pemasangan water heater:

1. Pilih Water Heater yang Sesuai dengan Kebutuhan 

Tips pertama yang satu ini menjadi bagian yang bisa Anda lakukan. Sebelum memasang water heater, pastikan untuk memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan air panas di rumah Anda. Hal ini dapat ditentukan dengan melihat jumlah orang yang tinggal di rumah, jumlah kamar mandi, dan konsumsi air panas yang diinginkan.

2. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Selanjutnya, teknisi ahli akan memilih lokasi yang tepat untuk water heater. Namun, Anda juga bisa memberikan saran kepada teknisi ahli mengenai bagian yang pas untuk penempatan unit. Water heater pada dasarnya harus diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, tetapi juga jauh dari sumber panas dan jangkauan anak-anak. Selain itu, pastikan untuk mengecek ketersediaan listrik atau gas sebelum memutuskan lokasi pemasangan.

3. Pemasangan yang Tepat

Pastikan pemasangan yang dilakukan oleh teknisi ahli dilakukan sesuai prosedur yang tertera pada buku manual pemasangan dan telah mempertimbangkan hal-hal tertentu sebelum pemasangan water heater. Pemasangan yang benar akan memastikan kinerja yang optimal dari water heater dan mengurangi risiko kerusakan.

4. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada water heater Anda. Hal ini termasuk mengecek tekanan air dan melakukan pemeriksaan kinerja secara berkala. Anda bisa menggunakan layanan perawatan dari teknisi ahli yang disediakan oleh brand water heater. 

Perawatan yang rutin akan memastikan kinerja water heater yang tetap maksimal dan mengurangi risiko munculnya masalah pada water heater. Jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal pembelian dan garansi dari water heater Anda sebelum melakukan perawatan.

Baca juga: 4 Jenis Water Heater yang Digunakan Secara Umum

Sebagai kesimpulan, jawaban dari pertanyaan apakah bisa menggunakan 1 water heater untuk 2 kamar mandi adalah bisa tetapi dengan beberapa ketentuan. Anda perlu mengenal terlebih dahulu bagaimana kebiasaan penggunaan air panas pada 2 kamar mandi dan cek juga jumlah orang yang tinggal dalam satu rumah. 

Jika Anda membutuhkan water heater untuk kebutuhan rumah tangga Anda, langsung saja kunjungi Rheem. Kami menyediakan water heater dengan dua pilihan sumber energi yaitu listrik dan matahari. Anda juga bisa menyesuaikan kapasitas water heater sesuai dengan kebutuhan penggunaan air panas. 

Untuk water heater sinar matahari, kami merekomendasikan Rheem VE Direct Solar Water Heater dan untuk water heater listrik, Anda bisa menggunakan Rheem RCY Electric Storage Water Heater. Hubungi Rheem sekarang juga untuk mendapatkan water heater berkualitas dan rasakan nikmatnya mandi air hangat yang bisa menghilangkan lelah dan merelaksasi otot tubuh Anda.

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju