Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

10 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Agar Lebih Sehat

| Jumat Januari 5, 2024
Manfaat Air Hangat Untuk Wajah

Tak hanya bermanfaat untuk tubuh, air hangat juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Menggunakan air hangat untuk wajah dapat menjaga kesehatan kulit secara alami dengan membuka pori-pori yang seharian tertutup oleh kotoran. Untuk dapat merasakan manfaatnya, Anda dapat mengusap, membasuh, dan menguapi wajah.

Saat kulit wajah terkena air hangat, maka pori-pori akan terbuka. Air hangat memungkinkan Anda mengeluarkan kotoran, minyak, hingga sel-sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori.

Setelah kotoran dikeluarkan, kondisi pori-pori yang terbuka akan memungkinkan produk perawatan yang Anda gunakan masuk lebih dalam ke jaringan kulit. Perawatan kulit Anda pun akan lebih maksimal, karena kandungan aktif dari produk perawatan terserap ke dalam kulit.

Lebih Baik Mencuci Wajah dengan Air Hangat atau Dingin?

Lebih Baik Mencuci Wajah dengan Air Hangat atau Dingin

Mencuci wajah dengan air hangat maupun air dingin sama-sama memberi manfaat yang baik untuk kulit Anda. Untuk menentukan mana yang lebih baik, itu tergantung dengan kebutuhan Anda. Jika tujuan Anda mencuci wajah untuk membersihkannya dari berbagai kotoran hingga struktur kulit paling dalam, sebaiknya gunakan air hangat.

Sebaliknya, gunakan air dingin jika Anda ingin mengompres wajah Anda karena mengalami peradangan. Dalam hal ini, air dingin dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Cucilah wajah Anda dengan air dingin saat muncul jerawat. Biasanya rasa nyeri akibat jerawat yang meradang akan berkurang.

Baca Juga: Mandi Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Lebih Sehat?

Selain itu, paparan air dingin di wajah dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit. Sirkulasi darah yang lancar tentu dapat membuat kulit tampak lebih sehat sebagaimana yang Anda inginkan dan harapkan.

Jadi, lebih baik menggunakan air hangat atau air dingin? Anda dapat menggunakannya dalam satu waktu untuk membersihkan wajah. Di pagi hari setelah bangun tidur malam sebelum tidur. Intinya, gunakan keduanya sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda.

10 Manfaat Air Hangat untuk Wajah

Selain dapat membuka pori-pori untuk membersihkan kotoran, air hangat bermanfaat untuk menenangkan kulit, melancarkan sirkulasi darah, hingga membantu penyerapan skincare lebih optimal. Dalam mengenal manfaat air hangat untuk wajah lebih jauh, berikut sederet manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Apakah Air Panas Bisa Menghilangkan Gatal? Ini Dia Jawabannya!

1. Menenangkan Kulit Wajah

Air hangat yang bersuhu suam-suam kuku ini memberikan efek menenangkan pada kulit wajah Anda. Bahkan tubuh Anda pun akan ikut merasakannya, seperti lebih rileks dan pikiran pun lebih tenang.

Membasuh wajah dengan air hangat ini dianjurkan ketika Anda merasa lelah dan stres setelah beraktivitas seharian di luar rumah.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu kunci memiliki kulit kencang dan awet muda ialah menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Nah, dengan mencuci wajah menggunakan air hangat dapat merangsang pembuluh darah jadi melebar. Sirkulasi darah pun akan makin lancar.

Peredaran darah yang lancar ini akan membawa nutrisi dan oksigen pada kulit. Kedua hal ini akan merangsang proses regenerasi sel kulit, sehingga kulit menjadi lebih cerah, lembap, dan elastisitasnya terjaga dengan baik.

3. Meningkatkan Produksi Elastin dan Kolagen

Meningkatnya produksi elastin dan kolagen ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang lancar. Dalam hal ini, sel kolagen akan mendapat asupan oksigen yang cukup, sehingga sel kolagen dapat bekerja secara maksimal dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Sebab itulah, kolagen dan elastin memiliki peranan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

4. Melembapkan Kulit Wajah

Sepertinya semua orang menginginkan kulit wajah yang lembap agar selalu tampak sehat. Nah, caranya bisa dengan mengonsumsi air hangat. Jadi, maksud air hangat untuk melembapkan wajah di sini yaitu dengan cara meminumnya ya, bukan dengan membasuhnya ke wajah.

Minum air hangat secara rutin dapat menjadi obat alami untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Tubuh yang kebutuhan cairannya selalu terpenuhi berdampak juga pada kesehatan kulit, terutama menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

5. Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air hangat mampu memberikan banyak manfaat yang begitu banyak bagi kulit wajah. Semua manfaat itulah yang kemudian membantu kulit terhindar dari proses penuaan. Tak heran bila kulit wajah Anda terhindar dari keriput dan garis-garis halus.

6. Menghidrasi

Manfaat air hangat untuk wajah salah satunya adalah untuk menghidrasi wajah. Hidrasi wajah dapat dilakukan dengan cara meminum air putih yang banyak dan melakukan perawatan yang sederhana agar wajah tetap sehat secara alami. Perawatan ini hanya memerlukan air hangat untuk membersihkan wajah serta ampuh menghidrasinya.

7. Menghilangkan Komedo

Air hangat juga dapat membantu menghilangkan komedo yang ada di permukaan wajah. Dengan air hangat maka komedo yang lembut akan lebih mudah terangkat. Tidak hanya itu saja, membersihkan wajah dengan air panas juga dapat mencegah komedo datang lagi.

8. Menyerap Skincare Lebih Baik

Manfaat mencuci muka dengan air hangat lainnya adalah menyerap produk perawatan kulit atau skincare yang digunakan. Hal ini disebabkan air hangat mampu memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh wajah. Menggunakan skincare tidak menjadi sia-sia jika skincare tersebut mudah terserap.

Masalah kulit pada wajah seperti jerawat, kering, kusam, dan lainnya juga dapat dihindari karena nutrisi yang terpenuhi dengan baik.

9. Mengangkat Kotoran Wajah

Hasil dari pori-pori yang terbuka akibat air hangat, kotoran yang berada di wajah akan mudah terangkat dan efektif dalam membersihkan wajah.

Apabila dibandingkan dengan air dingin, air hangat jauh lebih efektif. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa manfaat cuci muka dengan air hangat dapat mengangkat kotoran sekaligus merelaksasi wajah. Pastikan menggunakan air hangat bukan air panas. Karena air yang terlalu panas akan membahayakan kulit wajah dan menyebabkan iritasi.

10. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Tentunya, dari manfaatnya yaitu membuka pori-pori hingga mengangkat kotoran di wajah, maka air hangat akan efektif juga dalam mengatasi jerawat dan bisa juga sebagai pencegahan pertumbuhan jerawat di wajah.

Setelah pori-pori terbuka, lakukan pembersihan seperlunya. Pori-pori yang sudah bersih akan terhindar dari kotoran, bakteri, dan sel kulit mati. Anda dapat mengompres atau membasuh air hangat ke wajah secara perlahan dan jangan menggunakan air yang terlalu panas.

3 Tips Menggunakan Air Hangat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Tips Menggunakan Air Hangat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Penggunaan air hangat untuk wajah ini bergantung pada karakter kulit masing-masing. Meski bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Mandi Air Hangat

1. Perhatikan Temperatur Air

Jangan menggunakan air yang terlalu panas, karena kulit wajah cenderung sensitif dengan panas. Kekuatan kulit wajah dalam menerima kehangatan dari air tidak seperti kulit pada bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, gunakanlah air dengan temperatur hangat suam-suam kuku.

2. Tidak Dilakukan Setiap Hari

Mencuci wajah dengan air hangat, sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Anda dapat melakukannya seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Hal ini untuk menghindari kulit wajah menjadi kering.

3. Aplikasikan Pelembap

Setelah mencuci wajah dengan dengan air hangat, dianjurkan untuk mengaplikasikan pelembap untuk menghindari kulit kering. Selain itu, jika Anda berniat menguapi wajah, jangan lakukan terlalu lama. Waktu 10 menit adalah waktu yang paling ideal untuk mencegah wajah iritasi.

Air Hangat untuk Wajah dan Tubuh: Investasi untuk Kesehatan dengan Water Heater

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat air hangat untuk wajah serta kesehatan tubuh Anda. Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, kini saatnya Anda melakukannya. Basuh wajah Anda dengan air hangat yang keluar dari water heater RCY Electric Storage.Pasalnya, inlet air dingin dan air panas produk Rheem ini dilapisi enamel yang membantu mengurangi terjadinya karat, sehingga air yang dihasilkan lebih bersih. Selain itu, elemen pemanasnya menggunakan incoloy 840 yang awet. Hubungi Rheem sekarang juga untuk solusi air panas hunian Anda.

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju