Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Apa Itu Water Heater? Cara Kerja, Jenis, serta Manfaatnya

| Rabu Maret 27, 2024
apa itu water heater

Apakah Anda menggunakan water heater di rumah? Bila Anda ingin mandi menggunakan air panas dengan praktis dan meningkatkan kenyamanan di kamar mandi, water heater dapat menjadi salah satu alat rumah tangga yang sangat berguna. Anda dapat memilih water heater sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah itu untuk menghasilkan air panas dengan, menyimpan air panas untuk kebutuhan sehari-hari, atau hanya sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan air hangat di rumah. Untuk bisa mengenal lebih dalam apa itu water heater dan cara kerja serta tipe-tipenya, mari simak uraian lengkap di bawah ini.

Apa Itu Water Heater?

Apa Itu Water Heater?

Water heater atau pemanas air adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memanaskan air pada suhu tertentu agar bisa digunakan untuk kebutuhan seperti mandi, mencuci, atau memasak.

Biasanya, water heater terdiri dari sebuah tangki atau pipa berisi elemen pemanas yang menggunakan listrik atau bahan bakar gas untuk memanaskan air di dalamnya. Beberapa jenis water heater juga dilengkapi dengan pengatur suhu atau thermostat untuk mengontrol suhu air yang dihasilkan.

Baca juga: Ini Dia Fungsi Water Heater yang Harus Anda Ketahui

Bagaimana Cara Kerja Water Heater?

Bagaimana Cara Kerja Water Heater

Cara kerja water heater bervariasi tergantung pada jenis water heater yang digunakan. Namun, secara umum, water heater bekerja dengan memanaskan air dingin di dalamnya menggunakan sumber energi tertentu.

Pada water heater yang menggunakan listrik, elemen pemanas di dalamnya akan dinyalakan ketika tombol saklar ditekan, sehingga elemen tersebut mulai memanaskan air di dalam tangki atau pipa water heater. Ketika air sudah mencapai suhu yang diinginkan, thermostat yang terpasang akan mematikan elemen pemanas agar air tidak terlalu panas dan aman digunakan.

Sedangkan pada water heater yang menggunakan gas, bahan bakar gas akan mengalir ke dalam burner yang terpasang di dalam water heater. Ketika tombol saklar ditekan, api akan menyala dan memanaskan air di dalam tangki atau pipa water heater.

Baca juga: Berbahaya! Ini Penyebab Water Heater Nyetrum

4 Tipe Water Heater yang Perlu Anda Ketahui

Tipe Water Heater yang Perlu Anda Ketahui

Rheem memiliki berbagai jenis water heater yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari water heater yang menggunakan tenaga listrik dan gas, hingga water heater yang menggunakan energi solar. Supaya Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan, mari simak 4 tipe water heater tersebut di bawah ini.

1. Water Heater Listrik

Water heater listrik termasuk tipe water heater yang paling umum digunakan di rumah-rumah. Cara kerjanya dengan menggunakan elemen pemanas yang dipasang di dalam tangki atau pipa water heater. Water heater listrik biasanya lebih mudah dipasang dan memerlukan perawatan yang minim. Water heater listrik ini terdiri dari 2 jenis, yaitu pemanas air listrik instan dan pemanas air yang menggunakan tangki.

2. Water Heater Gas

Water heater gas menggunakan bahan bakar gas alam atau LPG untuk memanaskan air di dalamnya. Gas yang masuk ke dalam burner akan menyala dan memanaskan air yang mengalir di dalam water heater. Salah satu kelebihan water heater gas yaitu biaya operasional yang lebih rendah daripada water heater listrik. Namun, Anda harus melakukan perawatan yang lebih sering agar water heater selalu dalam keadaan optimal.

Baca Juga: Water Heater Listrik Vs Gas: Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?

3. Water Heater Solar

Bila Anda tertarik menggunakan water heater dengan konsep ramah lingkungan, Anda bisa menggunakan water heater solar. Jenis water heater ini menggunakan energi matahari sebagai sumber energinya. Air akan dialirkan ke dalam tabung kolektor yang terkena sinar matahari, sehingga air tersebut menjadi panas. Air yang sudah dipanaskan kemudian disimpan di dalam tangki water heater untuk digunakan ketika dibutuhkan.

4. Heat Pump Water Heater

Tipe water heater ini menggunakan energi listrik untuk mengambil panas dari udara atau air sekitarnya. Panas yang diambil kemudian digunakan untuk memanaskan air di dalam tangki water heater. Heat pump water heater lebih hemat energi dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar gas.

3 Manfaat Menggunakan Water Heater

Manfaat Menggunakan Water Heater

Water heater sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk mandi saja. Anda bisa menggunakannya untuk keperluan rumah tangga, seperti mencuci piring dan mencuci baju. Kenali manfaat lain dari water heater yang penting Anda ketahui di bawah ini:

1. Air Panas Tersedia Setiap Saat

Adanya water heater memudahkan Anda dalam menyediakan air panas untuk berbagai keperluan, seperti mandi, mencuci pakaian, dan membersihkan peralatan dapur. Anda hanya perlu membuka kran untuk mengalirkan air panas tersebut. Sangat efisien bukan? Pastikan Anda melakukan instalasi water heater terlebih dahulu.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Water heater yang digunakan untuk keperluan mandi bermanfaat untuk meredakan rasa sakit serta melegakan keram pada otot dan sendi. Air panas dapat membantu Anda juga dalam membersihkan pori-pori serta menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit. Mandi dengan air panas dapat memperbaiki kondisi kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

3. Efisiensi Energi

Beberapa jenis water heater seperti heat pump water heater memiliki efisiensi energi yang tinggi, sehingga dapat menghemat biaya operasional dalam jangka panjang. Berlaku juga untuk jenis water heater solar. Penggunaan water heater listrik juga sebenarnya efisien, tergantung bagaimana cara Anda menggunakannya.

Berapa Watt Pemanas Air Listrik Kamar Mandi?

Watt yang diperlukan mesin pemanas air untuk kamar mandi tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran kamar mandi, jumlah orang yang menggunakan kamar mandi, dan jumlah air yang diperlukan. Namun, secara umum, pemanas air listrik untuk kamar mandi yang digunakan di rumah biasanya memiliki daya yang berkisar antara 250 watt hingga 1.200 watt.

250 watt termasuk daya yang cukup untuk kamar mandi yang digunakan oleh 1-2 orang dan memiliki ukuran yang kecil. Sementara itu, jika kamar mandi digunakan oleh 3 orang atau lebih dan memiliki ukuran yang lebih besar, maka dibutuhkan pemanas air listrik dengan daya yang lebih besar juga.

Namun, perlu diingat bahwa ini hanya acuan umum. Kebutuhan daya yang sebenarnya dapat berbeda tergantung pada kondisi dan kebutuhan. Sebaiknya, Anda meminta saran dari Rheem untuk mendapatkan rekomendasi daya yang sesuai dengan kamar mandi Anda.

Apakah Pemanas Air Boros Listrik?

Banyak orang mengira menggunakan pemanas air justru memakan biaya listrik yang cukup besar. Padahal, penggunaan listrik ini tergantung dengan watt pada water heater yang Anda gunakan. Untuk pemakaian 1-2 orang, Anda bisa menggunakan pemanas air dengan kapasitas watt yang rendah, sehingga ideal untuk kebutuhan rumah dan lebih hemat.

Pada dasarnya, pemanas air tidak akan membuat tagihan listrik rumah Anda membengkak jika digunakan dengan bijaksana dan efisien. Untuk memastikan pemanas air listrik di rumah Anda tidak boros, Anda perlu tahu watt dari water heater dan seberapa sering Anda menggunakannya.

Temukan Berbagai Water Heater Berkualitas dengan Rheem!

Water heater atau pemanas air adalah sebuah perangkat penting di rumah yang digunakan untuk memanaskan air pada suhu tertentu agar dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mandi, mencuci, atau memasak. Cara kerja water heater bervariasi tergantung pada jenisnya, namun secara umum, water heater bekerja dengan memanaskan air menggunakan sumber energi tertentu, entah itu listrik, gas, solar, atau heat pump.

Dalam memilih water heater, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis. Dengan memilih water heater yang sesuai, Anda dapat menikmati manfaatnya dalam kegiatan sehari-hari dengan lebih nyaman dan efisien.

Untuk mengetahui lebih jelas apa itu water heater dan spesifikasi yang Anda perlukan, Anda bisa cek official website Rheem sekarang juga. Temukan water heater dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Rasakan manfaat water heater untuk kebutuhan sehari-hari Anda hanya bersama Rheem!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju