Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Apa itu Water Heater dan Apa Gunanya?

| Selasa April 4, 2023
apa itu water heater

Apakah Anda menggunakan water heater di rumah? Bila Anda ingin mandi menggunakan air panas dengan praktis, Anda bisa menggunakan water heater. Anda dapat memilih water heater sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisa mengenal lebih dalam apa itu water heater dan cara kerja serta tipe-tipenya, mari simak uraian lengkap di bawah ini.

Mengenal Water Heater?

Instant dan Storage Water Heater

Water heater atau pemanas air merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memanaskan air pada suhu tertentu agar bisa digunakan untuk kebutuhan seperti mandi, mencuci, atau memasak. 

Biasanya, water heater terdiri dari sebuah tangki atau pipa berisi elemen pemanas yang menggunakan listrik atau bahan bakar gas untuk memanaskan air di dalamnya. Beberapa jenis water heater juga dilengkapi dengan pengatur suhu atau thermostat untuk mengontrol suhu air yang dihasilkan.

Baca juga: Mengenal Water Heater Yang Paling Aman

Bagaimana Cara Kerja Water Heater?

Cara kerja water heater bervariasi tergantung pada jenis water heater yang digunakan. Namun, secara umum, water heater bekerja dengan memanaskan air di dalamnya menggunakan sumber energi tertentu.

Pada water heater yang menggunakan listrik, elemen pemanas di dalamnya akan dinyalakan ketika tombol sakelar ditekan, sehingga elemen tersebut mulai memanaskan air di dalam tangki atau pipa water heater. Ketika air sudah mencapai suhu yang diinginkan, thermostat yang terpasang akan mematikan elemen pemanas agar air tidak terlalu panas dan aman digunakan.

Sedangkan pada water heater yang menggunakan gas, bahan bakar gas akan mengalir ke dalam burner yang terpasang di dalam water heater. Ketika tombol sakelar ditekan, api akan menyala dan memanaskan air di dalam tangki atau pipa water heater. 

Baca juga: Berbahaya! Ini 4 Penyebab Water Heater Nyetrum

4 Tipe Water Heater

Jenis Water Heater

Rheem memiliki berbagai jenis water heater yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari water heater yang menggunakan tenaga listrik dan gas, hingga water heater yang menggunakan energi solar. Supaya Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan, mari simak 4 tipe water heater tersebut di bawah ini.

1. Water Heater Listrik

Water heater listrik termasuk tipe water heater yang paling umum digunakan di rumah-rumah. Cara kerjanya dengan menggunakan elemen pemanas yang dipasang di dalam tangki atau pipa water heater. Water heater listrik biasanya lebih mudah dipasang dan memerlukan perawatan yang minim. Water heater listrik ini terdiri dari 2 jenis, yaitu pemanas air listrik instan dan pemanas air yang menggunakan tangki. 

2. Water Heater Gas

Water heater gas menggunakan bahan bakar gas alam atau LPG untuk memanaskan air di dalamnya. Gas yang masuk ke dalam burner akan menyala dan memanaskan air yang mengalir di dalam water heater. Salah satu kelebihan water heater gas yaitu biaya operasional yang lebih rendah daripada water heater listrik. Namun, Anda harus melakukan perawatan yang lebih sering agar water heater selalu dalam keadaan optimal. 

3. Water Heater Solar

Bila Anda tertarik menggunakan water heater dengan konsep ramah lingkungan, Anda bisa menggunakan water heater solar. Jenis water heater ini menggunakan energi matahari sebagai sumber energinya. Air akan dialirkan ke dalam tabung kolektor yang terkena sinar matahari, sehingga air tersebut menjadi panas. Air yang sudah dipanaskan kemudian disimpan di dalam tangki water heater untuk digunakan ketika dibutuhkan.

Baca juga: 6 Perbedaan Instant dan Storage Water Heater yang Utama

4. Heat Pump Water Heater

Tipe water heater ini menggunakan energi listrik untuk mengambil panas dari udara atau air sekitarnya. Panas yang diambil kemudian digunakan untuk memanaskan air di dalam tangki water heater. Heat pump water heater lebih hemat energi dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar gas.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Water Heater

Setelah memahami apa itu water heater, penting untuk kamu tahu juga apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih water heater. Tentu untuk menyesuaikan kebutuhan dan spesifikasi yang tersedia. Kalau begitu, mari simak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih water heater berikut ini. 

1. Kapasitas

Kapasitas water heater harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan air panas di rumah. Jika penggunaan air panas ini cukup sering, maka disarankan untuk memilih water heater dengan kapasitas yang besar. Apabila sebaliknya, water heater dengan kapasitas kecil sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda di rumah. 

2. Sumber Energi

Water heater tersedia dalam berbagai jenis sumber energi, seperti listrik, gas, solar, atau heat pump. Anda dapat memilih sumber energi yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan tempat tinggal. Misalnya, jika daerah tempat tinggal sering mendapat sinar matahari yang cukup banyak, maka water heater solar bisa menjadi pilihan terbaik. 

Baca juga: Water Heater Listrik Vs Gas: Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?

3. Kemudahan Penggunaan

Sebaiknya pilih water heater yang mudah digunakan dan dipasang. Jika perlu, Anda bisa memilih water heater yang dilengkapi dengan kontrol suhu yang mudah diatur dan perangkat keselamatan yang memadai. Hal ini tentu akan menjadi nilai tambah untuk water heater yang akan Anda pasang dan gunakan di rumah.  

4. Harga

Harga juga menjadi faktor penting dalam memilih water heater. Sesuaikan harga water heater dengan anggaran yang Anda miliki. Namun, jangan terlalu fokus pada harga yang terjangkau saja, perhatikan juga kualitas dan keamanan water heater yang akan dibeli. Perhatikan spesifikasinya dengan detail agar water heater yang dibeli sesuai dengan harga yang ditawarkan. 

5. Garansi

Pastikan juga water heater yang akan Anda beli dilengkapi dengan garansi yang memadai. Garansi akan memberikan perlindungan dan jaminan bagi Anda jika terjadi kerusakan atau masalah pada water heater dalam jangka waktu tertentu.

Tipe water heater mana yang akan Anda gunakan saat ini? Untuk mengetahui lebih jelas apa itu water heater dan spesifikasi yang Anda perlukan, Anda bisa cek official website Rheem sekarang juga. 

Temukan water heater dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Rasakan manfaat water heater untuk kebutuhan sehari-hari Anda hanya bersama Rheem!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju