Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Bruntusan di Wajah dan Tubuh?

| Selasa April 4, 2023
apakah air hangat bisa menghilangkan bruntusan

Apakah air hangat bisa menghilangkan bruntusan di wajah atau tubuh? Sejak dahulu, banyak orang yang melakukan metode kompres area bruntusan dengan kain yang telah direndam pada air hangat. Hal ini dilakukan sebab air hangat dapat menghilangkan efek gatal atau perih pada bruntusan. 

Namun, tak sedikit orang yang justru bertanya mengenai apakah sebenarnya air hangat memang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan? Dalam artikel kali ini, Rheem akan membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut melalui informasi berikut. Jadi, pastikan Anda membaca ulasan di bawah ini hingga akhir. 

Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Bruntusan?

tips menghilangkan gatal

Bruntusan adalah masalah kulit yang dapat membuat kulit terlihat kurang sehat dan berminyak. Hal ini tentu menjadi masalah yang sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri. Meskipun bukan kondisi serius, tetapi banyak orang yang ingin menghilangkan bruntusan agar kulit wajahnya terlihat lebih bersih dan sehat. 

Salah satu metode yang dipercaya dapat menghilangkan bruntusan adalah dengan menggunakan air hangat. Namun, benarkah air hangat dapat menghilangkan bruntusan? Sebelum membahas lebih jauh tentang pengaruh air hangat terhadap bruntusan, kita perlu memahami penyebab terjadinya bruntusan pada kulit. 

Baca juga: Apakah Air Panas Bisa Menghilangkan Gatal? Ini Dia Jawabannya!

Bruntusan terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Kotoran yang berada di dalam pori-pori ini kemudian menyebabkan kulit terlihat kusam dan memproduksi minyak yang lebih banyak. Salah satu cara untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan membuka pori-pori kulit sehingga kotoran dan minyak dapat keluar.

Untuk mengeluarkannya, Anda tentu perlu membuka pori-pori agar seluruhnya dapat bersih sempurna. Cara yang populer untuk membuka pori-pori kulit adalah dengan menggunakan air hangat. 

Sayangnya, belum ada penelitian dan bukti ilmiah yang mendukung pernyataan bahwa air hangat dapat menghilangkan bruntusan. Namun memang, air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit sebelum dibersihkan dengan produk skincare seperti sabun cuci muka dan lain sebagainya, tetapi hal ini hanya sementara. 

Setelah kulit kembali dingin, pori-pori kulit akan menutup kembali dan kotoran serta minyak masih tetap dapat terperangkap di dalamnya. Oleh karena itu, hanya menggunakan air hangat tidak cukup untuk menghilangkan bruntusan.

Anda perlu melakukan perawatan kulit yang lebih intensif dengan beberapa cara seperti membersihkan wajah secara teratur, menggunakan produk exfoliating, menggunakan toner,  dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Seluruh cara di atas perlu dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Hanya saja, pada metode eksfoliasi, disarankan untuk melakukannya 1-2 kali saja dalam seminggu untuk menghindari iritasi akibat terlalu sering melakukan pengelupasan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

Dalam prosesnya, hindari menggunakan terlalu banyak rangkaian produk perawatan kulit karena hal ini dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Pastikan produk yang digunakan mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi bruntusan seperti salicylic acid, retinol, benzoyl peroxide, dan lain-lain.

Selain itu, perlu diingat bahwa menghilangkan bruntusan tidak bisa dilakukan dengan cepat. Dibutuhkan waktu dan konsistensi untuk melakukan perawatan kulit dan menghilangkan bruntusan secara efektif. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter kulit jika bruntusan Anda tidak kunjung hilang meskipun sudah melakukan perawatan kulit yang tepat.

Baca juga: 7 Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

3 Manfaat Air Hangat Lainnya untuk Kecantikan

manfaat mandi air hangat dicampur garam

Meski belum bisa secara keseluruhan menghilangkan bruntusan, air hangat ternyata memiliki beberapa manfaat lain untuk kecantikan. Berikut adalah 3 manfaat lain air hangat untuk kecantikan:

1. Membantu Menghilangkan Stres dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Air hangat dapat membantu mengurangi stres pada tubuh yang nantinya dapat berdampak pada kesehatan kulit. Pada faktanya, kondisi stres dapat membuat kulit terlihat lebih kusam dan tidak sehat. 

Jadi untuk memiliki kulit sehat yang cerah dan halus, Anda dapat mulai mengurangi stres dengan mandi air hangat. Karena, air hangat ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi otot serta otak yang kemudian dapat membantu tubuh meregenerasi sel-sel kulit yang rusak dan memperbaiki kerusakan pada kulit.

2. Membantu Meningkatkan Kesehatan Kulit

Air hangat dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel pada kulit, melancarkan sirkulasi darah, serta meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, air hangat juga dapat membantu membuka pori-pori kulit, sehingga produk perawatan kulit dapat menyerap dengan lebih baik.

3. Membantu Meredakan Jerawat

Jerawat yang umumnya muncul akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan minyak. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit, sehingga kotoran dan minyak dapat keluar dengan lebih mudah. Selain itu, air hangat juga dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, sehingga dapat membantu meredakan dan mengurangi pertumbuhan jerawat.

Baca juga: 7 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah

4 Tips Menggunakan Air Hangat untuk Kecantikan

Dilihat dari penjelasan di atas, air hangat nyatanya memiliki berbagai manfaat baik untuk kecantikan maupun tubuh. Namun, hal ini juga bisa menjadi hal yang merugikan Anda jika penggunaannya tidak tepat. Berikut adalah 4 tips menggunakan air hangat untuk kecantikan yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat

Mandi air hangat terlalu sering dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Sebaiknya mandi air hangat tidak lebih dari 15 menit dan tidak terlalu sering, yaitu tidak lebih dari dua kali sehari. Pastikan suhu yang digunakan juga tepat dan tidak terlalu panas untuk menghindari sensasi terbakar serta kulit mengelupas. 

2. Gunakan Sabun yang Lembut

Gunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras. Hindari menggosok kulit terlalu keras karena hal ini dapat merusak kulit. Pasalnya, air hangat dapat sedikit mengurangi minyak di kulit. Jika menggosok terlalu keras dengan sabun yang kasar, maka kulit akan menjadi lebih kering.

3. Gunakan Lotion Setelah Mandi

Setelah mandi air hangat, gunakan lotion untuk menjaga kelembapan kulit. Pastikan lotion yang digunakan sesuai dengan jenis kulit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kulit akan semakin kering atau mengelupas. 

4. Gunakan Air Hangat untuk Facial Steam

Facial steam dengan air hangat dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Caranya, ambil air panas dan letakkan pada mangkuk. Selanjutnya, tempatkan wajah di atas mangkuk dan tutup kepala dengan handuk. Lakukan facial steam selama 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori.

Dalam menggunakan air hangat untuk kecantikan, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada beberapa jenis kulit yang sensitif terhadap air hangat dan dapat mengalami iritasi atau reaksi alergi. 

Jika Anda salah satunya, sebaiknya hindari menggunakan air hangat atau gunakan air hangat dalam jangka waktu tertentu dan kurangi frekuensi penggunaannya agar kulit tetap dapat terjaga dan terawat tanpa menimbulkan masalah baru. 

Secara keseluruhan, jawaban atas pertanyaan apakah air hangat bisa menghilangkan bruntusan adalah tidak. Namun, air hangat dapat dimanfaatkan untuk meredakan jerawat yang muncul dan membersihkan pori-pori. Jadi, memang tidak secara langsung, tetapi air hangat dapat memaksimalkan proses penyembuhan bruntusan.

Jika Anda membutuhkan penyediaan air hangat untuk berbagai keperluan rumah tangga, gunakan RC Plus Classic Plus Electric Storage Water Heaters. Produk water heater listrik unggulan dari Rheem ini memiliki tangki penyimpanan air panas yang tahan karat. Jadi, jauh lebih awet dan penyediaan air panasnya pun maksimal. 

Tunggu apalagi? Kunjungi Rheem segera dan wujudkan kulit yang sehat serta terhindar dari bruntusan dengan memenuhi kebutuhan air panas yang berkualitas sekarang juga. 

 

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju