Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

Berapa Estimasi Biaya Pasang Water Heater?

| Tuesday November 8, 2022
biaya pasang water heater

Cuaca yang makin tidak menentu membuat Anda dan keluarga jadi lebih mudah jatuh sakit. Belum lagi kalau di musim hujan yang membuat suhu udara lebih dingin dari biasanya. Mandi dengan air panas sudah jadi kebiasaan baru yang wajib dilakukan agar tidak masuk angin. 

Apakah Anda jadi ingin memasang water heater supaya tidak perlu selalu masak air panas? Sebelum memutuskannya, coba ketahui dahulu berapa biaya pasang water heater di rumah supaya Anda bisa menyediakan budget sesuai yang dibutuhkan. 

Pasalnya memasang water heater memang tidak bisa dilakukan secara mandiri. Apabila tidak berhati-hati maka risiko kebocoran tangki menjadi sangat besar. Tentu Anda tidak mau water heater yang baru saja dibeli jadi bocor lalu rusak, bukan? 

Itu sebabnya pemasangan langsung oleh teknisi ahli sangat penting. Kalau begitu langsung saja temukan estimasi biaya pasang water heater di bawah ini! 

Fungsi Water Heater

Fungsi dari water heater sebenarnya sudah jelas tertera dari namanya sendiri. Water heater merupakan Bahasa Inggris yang memiliki arti pemanas air. Itu berarti kegunaannya ialah untuk memanaskan air dari keran rumah Anda sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Jadi air keran yang memiliki suhu normal akan masuk ke dalam water heater untuk dipanaskan sampai derajat tertentu. Kemudian hasil dari pemanasan tersebut bisa langsung Anda gunakan untuk kebutuhan mandi sehari-hari 

4 Jenis Water Heater

Keberadaan water heater sejak tahun 1889 merupakan terobosan baru dalam sejarah kehidupan manusia karena pemanasan air jadi jauh lebih efisien dan tidak lagi membuang-buang gas. 

Dahulu water heater tentu tidak memiliki teknologi yang secanggih sekarang. Seiring berjalannya waktu, makin banyak teknologi yang ditemukan dan akhirnya membuat water heater memiliki beragam jenis yang bisa dipilih. Coba perhatikan beberapa jenis water heater berikut ini supaya Anda tidak kebingungan ketika ingin membelinya. 

1. Heat Pump Water Heater 

Selanjutnya ada heat pump water heater yang juga memanfaatkan suhu panas di sekitarnya. Jadi ketika water heater diletakkan di atas rumah maka suhu panas dari matahari bisa diserap dan diubah menjadi pemanas air. 

Meski demikian, jenis water heater satu ini masih dibantu dengan kompresor dan freon untuk membuat suhu air menjadi lebih tinggi. Penggunaan jenis satu ini banyak ditemukan di rumah sakit, hotel, maupun apartemen. 

2. Solar Water Heater

Seperti namanya, solar water heater mengacu kepada jenis pemanas air yang memanfaatkan panas matahari. Mungkin akan terdengar sama dengan heat pump water heater karena sama-sama bisa menyerap suhu panas. 

Perbedaannya berada di sumber utama yang digunakan untuk memanaskan air. Solar water heater tidak lagi membutuhkan bantuan freon atau kompresor untuk membuat suhu air menjadi tinggi. Penggunaannya sangat efisien dan hemat biaya, bukan? 

Bahkan Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian alatnya saja. Setelah itu tidak ada listrik atau gas yang perlu digunakan untuk memanaskan air. Sinar matahari yang ditampung dalam solar water heater bisa Anda dapatkan secara gratis setiap harinya.  

3. Gas Water Heater

Dari semua jenis yang ada, solar water heater memiliki harga yang jauh lebih mahal karena teknologi untuk menyerap panas matahari memang tidak murah. Tetapi ada alternatif lain yang jauh lebih terjangkau yaitu gas water heater yang menggunakan tabung gas untuk memanaskan air. 

Penggunaannya termasuk hemat karena ketika pemanas air tidak digunakan maka gas tidak terbuang percuma. Jadi gas hanya akan dipakai ketika Anda menyalakan water heater. 

4. Electric Water Heater

Terakhir ada electric water heater yang secara umum paling banyak dimiliki oleh masyarakat di hampir seluruh dunia. Teknologinya yang sudah bisa langsung memanfaatkan listrik membuat Anda tidak perlu repot mengganti tabung gas ketika habis. Anda bisa langsung mematikan atau menyalakannya dengan mudah sesuai kebutuhan. 

Mengapa Anda Membutuhkan Jasa Profesional dan Berapa Biaya Pasang Water Heater?

Pada bagian awal sudah disebutkan bahwa pemasangan water heater tidak boleh sembarangan. Apabila ada yang kelupaan atau salah pemasangan maka water heater tidak bisa berfungsi dengan baik. Faktanya Anda memang bukan teknisi ahli yang memahami berbagai komponen water heater secara menyeluruh. 

Itu sebabnya Anda memerlukan jasa profesional untuk memastikan bahwa water heater sudah terpasang dengan baik dan bisa berfungsi secara normal. Pemilihan jasa pemasangan water heater bahkan tidak bisa sembarangan. 

Mereka yang menyebut dirinya profesional dalam memasang water heater belum tentu memiliki pemahaman yang benar. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk memanggil teknisi resmi dari tempat pembelian water heater tersebut

Selain pemasangannya jadi lebih terjamin, biasanya teknisi resmi tersebut tidak perlu dibayar karena sudah termasuk ke dalam pembelian water heater. Bagaimana? Anda jadi tidak perlu pusing lagi, bukan? 

Apabila Anda jadi tertarik untuk melakukan pembelian water heater maka produk-produk dari Rheem bisa menjadi pilihan tepat. Rheem sebagai perusahaan water heater yang sudah beroperasi lebih dari 100 tahun hanya menyediakan produk berkualitas terbaik dengan inovasi unggulan yang selalu berkembang. 

Ada begitu banyak jenis, tipe, dan kapasitas berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin memiliki electric storage water heater maka Xwell Club Classic Plus bisa dicoba. Namun apabila menginginkan solar water heater maka VE Direct Solar Water Heater dapat menjadi pilihan tepat. 

Ingin melihat deretan produk water heater sekaligus spesifikasi lengkapnya? Langsung saja kunjungi website Rheem sekarang juga! Jangan ragu untuk menghubungi tim Rheem apabila Anda ingin bertanya mengenai biaya pasang water heater dan berkonsultasi untuk produk terbaik.

By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK