Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

5 Cara Membersihkan Water Heater

| Jumat November 17, 2023
cara membersihkan water heater

Water heater menjadi salah satu komponen penting dalam meningkatkan kenyamanan hidup sehari-hari. Mungkin Anda sudah terbiasa dengan air hangat yang nyaman saat mandi atau mencuci piring. Namun, seringkali Anda lupa bahwa perangkat ini memerlukan perawatan agar tetap berfungsi dengan baik. Bagaimana cara membersihkan water heater dengan benar?

Supaya Anda tidak melakukan kesalahan saat membersihkan water heater di rumah, Anda bisa simak langkah-langkah membersihkan water heater tersebut di bawah ini agar bisa berfungsi dengan optimal. Kalau begitu, yuk langsung simak penjelasannya dengan saksama.

Dampak Water Heater yang Kotor

Sebelum membahas langkah-langkah membersihkan water heater, ada baiknya Anda memahami dampak dari water heater yang kotor terlebih dahulu. Mengapa? Agar Anda bisa lebih sadar bahwa membersihkan water heater itu sangat penting. Terdapat beberapa dampak yang bisa timbul jika Anda mengabaikan perawatan pada water heater, yang dapat Anda simak berikut ini.

Baca Juga:3 Penyebab Water Heater Nyala Sebentar Terus Mati

1. Penurunan Efisiensi

Ketika lapisan kotoran menumpuk di dalam tangki water heater, efisiensi pemanasan air akan menurun secara signifikan. Dalam hal ini, kotoran berfungsi sebagai isolator, sehingga perangkat harus bekerja lebih keras dan lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Akibatnya, konsumsi energi meningkat dan ini akan tercermin pada tagihan listrik Anda. Kondisi ini sebagian besar terjadi pada water heater berbahan bakar gas atau listrik. Membersihkan tangki secara teratur akan membantu menjaga efisiensi pemanasan dan mengurangi pengeluaran energi yang tidak perlu.

2. Kualitas Air Menurun

Kotoran dan kerak yang menumpuk di dalam water heater juga memiliki dampak langsung pada kualitas air yang Anda gunakan. Partikel-partikel ini dapat mencemari air panas, menyebabkan air yang tidak hanya tidak sehat, tetapi juga berbau tidak sedap. Ini tentu saja akan sangat mengganggu pengalaman mandi atau mencuci piring Anda di rumah.

Kualitas air yang buruk juga dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda, terutama jika air tersebut digunakan untuk keperluan minum atau memasak. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangki water heater adalah langkah penting untuk memastikan air yang Anda gunakan tetap bersih dan aman.

3. Risiko Korosi

Risiko korosi juga bisa terjadi akibat kotoran dan kerak yang menumpuk di dalam tangki water heater. Korosi adalah proses oksidasi yang dapat merusak material tangki dan bahkan bagian-bagian vital lainnya.

Korosi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan serius pada water heater, dan yang lebih buruk lagi, dapat menyebabkan kebocoran yang berpotensi merusak beberapa komponen pada water heater.

Melihat dampak-dampak yang mungkin terjadi akibat water heater yang tidak bersih, sudah sepatutnya menjadikan perawatan rutin sebagai prioritas. Jika Anda membersihkan perangkat secara teratur, Anda dapat mempertahankan efisiensi, kualitas air, dan integritas fisik water heater Anda.

5 Cara Membersihkan Water Heater

Membersihkan water heater tidak selalu mudah, tetapi ini adalah tugas yang sangat penting. Tujuannya agar water heater yang Anda miliki bisa digunakan dengan aman. Kalau begitu, yuk langsung simak cara beberapa cara membersihkan water heater berikut ini.

1. Matikan Daya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mematikan daya pada water heater Anda. Tindakan ini penting untuk menjaga keselamatan Anda dan mencegah potensi kecelakaan. Pastikan Anda mematikan pasokan listrik pada water heater listrikatau mematikan aliran gas pada water heater berbahan bakar gas. Ini akan memastikan perangkat dalam kondisi mati total sebelum Anda melanjutkan proses pembersihan.

2. Kuras Tangki

Setelah daya dimatikan, langkah selanjutnya membuka katup pelepasan pada tangki water heater. Pada proses ini, Anda perlu mengeluarkan air dan kotoran yang mungkin telah menumpuk di bagian bawah tangki.

Ketika Anda membuka katup ini, pastikan Anda memiliki wadah atau saluran yang sesuai untuk mengalirkan air kotor yang keluar dari tangki. Melalui cara ini, Anda akan mencegah ceceran air kotor ke area sekitarnya.

Baca Juga:Lapisan Enamel untuk Tangki Pemanas Air: Apa itu?

3. Isi Ulang Tanki

Jika Anda berhasil mengosongkan tangki, langkah berikutnya adalah memasukkan kembali air bersih ke dalamnya. Pastikan air yang Anda gunakan adalah air yang bersih dan aman. Setelah tangki terisi penuh, tutup katup pelepasan dengan hati-hati. Pada proses ini, Anda akan mengisi ulang perangkat dan mempersiapkan tangki untuk langkah pembersihan selanjutnya.

4. Bilas Tanki

Gunakan sikat halus untuk membersihkan bagian dalam tangki. Pastikan untuk membersihkan tangki dengan teliti menggunakan air bersih. Tujuannya untuk memastikan tidak ada sisa-sisa kotoran yang masih terdapat di dalam tangki, karena hal ini dapat memiliki dampak negatif pada kualitas air dan efisiensi water heater.

5. Nyalakan Kembali

Setelah Anda yakin tangki sudah bersih dan tidak ada sisa cuka atau kotoran, saatnya untuk menyalakan kembali daya water heater Anda. Pastikan semua pengaturan berfungsi dengan baik dan perangkat beroperasi dengan lancar.

Perhatikan mungkin ada suara atau bau aneh yang muncul selama beberapa saat setelah Anda menyalakan kembali water heater. Ini adalah hal yang wajar karena air dan gas mungkin perlu mengalir beberapa saat sebelum perangkat berfungsi dengan optimal.

Kesimpulan

Membersihkan water heater dengan rutin menjadi langkah penting yang harus Anda lakukan. Namun ada baiknya pembersihan unit sebaiknya dilakukan oleh teknisi resmi Rheem untuk menghindari kesalahan dan bisa dilakukan sesuai prosedur. Kesalahan teknis bisa menyebabkan kerusakan unit atau korslet yang menyebabkan kecelakaan.

Setidaknya bersihkan water heater setiap 6 bulan sekali agar performanya selalu dalam keadaan optimal. Anda pun bisa menggunakan water heater lebih lama, karena komponen di dalamnya terawat dengan baik.

Water heater yang terawat dengan baik juga akan mengalirkan air panas yang bersih dan aman saat Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Anda pun bisa merasakan air hangat dengan nyaman ketika mandi di pagi dan malam hari.

Baca Juga:15 Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda sedang mencari water heater berkualitas tinggi untuk digunakan di rumah? Anda dapat mencarinya di Rheem. Di sini, tersedia berbagai jenis water heater, seperti water heater listrik, water heater gas, dan water heater tenaga surya yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jangan ragu untuk menjelajahi produk-produk berkualitas dari Rheem untuk memastikan kenyamanan hidup Anda. Yuk, kunjungi Rheem sekarang juga!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju