Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Cara Menggunakan Water Heater Listrik dengan Benar

| Selasa Oktober 31, 2023
cara menggunakan water heater listrik

Mengetahui cara menggunakan water heater listrik dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga efisiensi dan kenyamanan dalam penggunaannya. Sudahkah Anda mengetahui cara menggunakan water heater listrik yang tepat?

Water heater atau pemanas air listrik merupakan alat yang saat ini menjadi pilihan menarik di cuaca dingin karena kemampuannya memanaskan air dengan mudah. Alat ini dilengkapi dengan tangki berisi air dan elemen pemanas yang terpasang di dalamnya. Elemen pemanas ini yang akan memanaskan air dalam tangki hingga mencapai suhu yang diinginkan.

Dibalik kemudahannya, penggunaan water heater listrik yang salah dapat mengakibatkan masalah teknis, konsumsi energi berlebihan, hingga risiko kebakaran. Oleh karena itu, mengenal cara penggunaan water heater listrik dengan benar akan membantu Anda memanfaatkan alat ini secara optimal dan menghindari bahaya yang mungkin timbul.

Cara Kerja Water Heater Listrik

Sebelum mengetahui cara menggunakan water heater listrik yang benar, sebaiknya Anda lebih dahulu mengenal bagaimana cara kerja water heater listrik. Alat ini beroperasi berdasarkan prinsip pemanasan air dengan elemen pemanas listrik. Elemen pemanas yang terdapat di dalam tangki ini akan mengirimkan panas ke air yang mengelilinginya.

Water Heater biasanya juga dilengkapi dengan termostat yang mengawasi suhu di dalam tangki. Ketika suhu air mencapai nilai yang diatur, maka elemen pemanas akan dimatikan untuk mencegah air semakin panas. Maka, jika suhu turun dibawah batas yang ditentukan, termostat akan mengaktifkan elemen pemanas lagi hingga mencapai suhu yang diinginkan.

Selanjutnya, air panas yang telah ada akan naik ke bagian atas tangki dan keluar melalui pipa panas untuk digunakan. Selama proses ini, air dingin akan masuk ke dalam tangki melalui pipa pemasok air dingin untuk menggantikan air panas yang telah digunakan.

Baca Juga: Berapa Konsumsi Listrik Water Heater? Cari Jawabannya di Sini, Yuk!

Cara Menggunakan Water Heater Listrik

Bagi Anda yang telah memiliki atau tertarik menggunakan water heater listrik, simak panduan berikut untuk mengetahui cara menggunakan water heater listrik dengan benar.

1. Pastikan Tangki Telah Terisi Penuh

Cara pertama yang sangat penting dalam penggunaan water heater listrik adalah memastikan bahwa tangki air telah terisi dengan penuh sebelum menghidupkannya. Hal ini akan mencegah elemen pemanas bekerja tanpa air didalamnya karena dapat memungkinkan kerusakan serius pada water heater.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa tangki water heater Anda dalam keadaan bersih sehingga air yang dikeluarkan juga bersih dan tidak tercemar.

2. Hubungkan Kabel Listrik ke Stop Kontak

Setelah memastikan tangki sudah terisi penuh, hubungkan kabel listrik dari water heater ke stop kontak yang tersedia. Namun, jangan lupa untuk memastikan apakah stop kontak tersebut memiliki daya listrik yang dibutuhkan oleh water heater Anda.

Pastikan juga untuk memeriksa apakah instalasi listrik di rumah Anda mendukung daya yang diperlukan. Hal ini akan membantu mencegah pemadaman listrik mendadak atau kerusakan perangkat jika kapasitas daya melewati yang seharusnya.

3. Atur Suhu

Cara berikutnya dalam menggunakan water heater listrik adalah mengatur dan mengecek suhu air yang diinginkan sebelum menghidupkan alat. Pastikan pengaturan suhu pada water heater sesuai dengan keinginan Anda, umumnya berkisar di antara 40 hingga 50 derajat celcius.

Mengatur dan memastikan suhu air akan sangat membantu Anda agar ketika di nyalakan, air panas yang keluar tidak beresiko terlalu panas sehingga Anda dapat menghindari luka bakar atau ketidaknyamanan lainnya.

Baca Juga: Berapa Suhu Normal Water Heater?

4. Nyalakan Saklar Pada Water Heater

Setelah Anda memastikan kabel listrik terhubung dengan benar dan suhu air sudah diatur sesuai kebutuhan, geser atau tekan saklar daya water heater ke posisi “on”. Biasanya, water heater akan mulai memanaskan air secara otomatis setelah saklar dinyalakan.

Pastikan untuk tidak meninggalkan water heater dalam kondisi hidup saat tidak digunakan untuk menghindari risiko konsumsi energi berlebihan atau bahaya lainnya.

5. Tunggu Hingga Air Panas

Setelah Anda menghidupkan water heater, pemanas akan mulai memanaskan air dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu optimal yang diinginkan akan sangat bervariasi. Biasanya, pemanasan memakan waktu beberapa menit tergantung pada kapasitas dan suhu awal tangki.

Pastikan untuk memeriksa air secara berkala dengan mengalirkan sedikit air panas dari keran untuk memastikan bahwa suhu sudah sesuai untuk digunakan. Bersabarlah dan menunggu hingga benar-benar panas agar water heater dapat bekerja secara optimal.

6. Matikan Saklar Water Heater

Langkah terakhir yang sangat penting dalam penggunaan water heater adalah mematikan saklar setelah selesai menggunakannya. Pastikan Anda menggeser atau menekan saklar daya kembali ke posisi “off”. Hal ini sangat penting untuk menghindari penggunaan listrik yang tidak perlu.

Pastikan juga untuk mematikan sumber listrik utama, seperti steker colokan water heater, terutama jika Anda tidak akan menggunakan water heater dalam waktu lama. Dengan melaksanakan langkah terakhir ini, Anda akan menghemat energi dan menjaga kondisi water heater tetap aman.

Baca Juga: Water Heater Listrik Dinyalakan Terus, Apakah Diperbolehkan?

Kesimpulan

Dalam menggunakan water heater listrik dengan benar, keselamatan dan efisiensi merupakan dua hal utama yang harus menjadi perhatian. Dengan mengikuti cara menggunakan water heater listrik dengan cermat, Anda akan dapat menikmati air panas dengan nyaman, menjaga perangkat agar berfungsi dengan baik, dan mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu.

Jika Anda tertarik untuk memiliki water heater listrik di rumah, Xwell Cube Classic Plus Electric Storage Water Heater dari Rheem dapat menjadi pilihan menarik bagi Anda dan keluarga. Alat ini dilapisi dengan kaca enamel dari Rheem Glas yang memberikan perlindungan tambahan untuk menjaga kualitas tangki.

Selain itu, terdapat pengaman pemutusan arus listrik jika terjadi kondisi abnormal untuk mencegah panas berlebih sehingga Xwell Cube menjadi pilihan yang aman bagi Anda. Tak perlu khawatir, karena Anda juga bisa mendapatkan berbagai pilihan water heater lainnya di Rheem.

Namun, jika Anda masih cukup ragu untuk melakukan pemasangan sendiri, Jangan khawatir, Anda bisa menghubungi teknisi resmi Rheem untuk melakukan instalasi sesuai dengan prosedur teknisi. Rheem akan dengan senang hati membantu Anda memastikan water heater terpasang dengan baik dan terhindar dari risiko korsleting listrik

Kunjungi Rheem sekarang dan dapatkan berbagai water heater berkualitas untuk rumah Anda!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju