Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

Ketahui Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Dinding

| Thursday September 1, 2022
Ketahui Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Dinding

Cara pasang water heater listrik tanpa bobok sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Pemasangan water heater listrik sendiri cenderung lebih mudah jika dibandingkan water heater gas. Maka dari itu, Anda dapat melakukan pemasangan water heater listrik tanpa bobok sendiri.

Lantas, bagaimana sih cara pasang water heater listrik tanpa bobok? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apakah Water Heater Listrik Bisa Dipasang Tanpa Bobok?

Water heater listrik ada yang memiliki tangki penyimpanan air maupun yang tidak menggunakan tangki penyimpanan air. Kedua jenis water heater listrik tersebut sama-sama dapat dipasang tanpa perlu membobok tembok terlebih dahulu.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, water heater listrik ini bisa dipasang tanpa bobok tembok. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan pemasangannya. Untuk mengetahui bagaimana caranya, simak artikelnya sampai selesai ya!

Perbedaan Water Heater Listrik Bertangki dan Tanpa Tangki

Pada water heater listrik yang menggunakan tangki, proses pemanasan air akan dilakukan di tangki penyimpanan air tersebut. Di sisi lain, water heater listrik yang tidak menggunakan tangki, proses pemanasan air akan berlangsung pada pipa logam yang terpasang pada unit water heater listrik tersebut.

Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok

Cara pasang water heater listrik tanpa bobok sebenarnya bisa dilakukan mengikuti arahan yang benar. Walaupun begitu, proses pemasangan water heater listrik ini hanya boleh dilakukan oleh tenaga ahlinya agar tidak ada masalah yang terjadi. Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan water heater listrik tanpa bobok yang bisa menjadi informasi Anda.

  • Matikan listrik di rumah sebelum melakukan pemasangan water heater listrik tanpa bobok.
  • Pembuatan lubang di dinding menggunakan bor tangan listrik untuk memasang unit water heater listrik.
  • Pasang pipa air panas dan pipa air dingin serta katup pengaman atau safety valve.
  • Pasang keran campuran (keran air panas dan air dingin), kemudian sambungkan ke pipa air panas dan pipa air dingin.
  • Pasang stopkontak untuk menghubungkan water heater ke sumber listrik di rumah.
  • Pastikan posisi stopkontak dekat dengan water heater sehingga dapat dijangkau oleh kabel dari unit tersebut.

Pastikan tidak ada hal yang terlewatkan agar penggunaan water heater bisa tetap aman.

5 Kesalahan Umum Pemasangan Water Heater Listrik yang Perlu Dihindari

Kesalahan Umum Pemasangan Water Heater Listrik yang Perlu Dihindari

Ketika melakukan pemasangan water heater listrik tanpa bobok, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pemasangan water heater listrik tanpa bobok.

1. Beri Jarak Kurang Lebih 15 cm Antar Pipa Air Panas dan Pipa Air Dingin

Pemasangan pipa air panas dan pipa air dingin pada setiap water heater membutuhkan pipa dengan ukuran yang sama. Selain itu, kedua pipa tersebut juga harus terpisah setidaknya dengan jarak kurang lebih 15 cm. Pastikan juga pipa yang digunakan dapat tahan terhadap temperatur panas maupun temperatur yang dingin.

Umumnya, pipa yang digunakan untuk aliran air panas dan aliran air dingin pada water heater adalah yang terbuat dari material polypropylene. Pipa yang terbuat dari bahan tersebut memiliki sifat yang anti karat sehingga dapat meminimalkan risiko kebocoran pipa.

2. Perhatikan Pemasangan Keran Campuran

Seperti namanya, keran campuran ini memiliki dua saluran air yang dapat dinyalakan, yaitu saluran air panas dan saluran air dingin. Biasanya, keran campuran akan memiliki tanda berwarna merah (untuk menandakan saluran air panas) dan biru (untuk menandakan saluran air dingin).

Ketika memasang keran campuran ini, pastikan dilakukan dengan benar. Jangan sampai ketika keran saluran air dingin dinyalakan, yang keluar malah air panas karena terjadi kekeliruan dalam pemasangannya.

3. Nyalakan ELCB

ELCB, atau Earth-Leakage Circuit Breaker, adalah pemutus daya aliran listrik yang pasti ada di setiap perangkat elektronik. Fungsi dari komponen ini adalah untuk memutus aliran listrik jika terjadi kebocoran arus listrik menuju tanah.

Ketika memasang water heater listrik, pastikan teknisi sudah menyalakan ELCB ini untuk menghindari berbagai kecelakaan yang tidak diinginkan. Cara menyalakan ELCB pada water heater listrik adalah dengan menekan tombol reset. Selanjutnya, tekan tombol indikator ELCB sampai lampu indikatornya hidup.

4. Perhatikan Pemasangan Katup Pengaman

Katup pengaman, atau safety valve, berfungsi untuk aliran air yang ada di dalam water heater dengan cara menutup dan membuka katupnya. Pastikan katup pengaman ini terpasang dengan benar agar aliran air yang keluar bisa lancar.

5. Colok Stopkontak Setelah Water Heater Terisi

Jika Anda menggunakan water heater dengan tangki di rumah, pastikan Anda melakukan pengisian air terhadap tangkinya sampai penuh terlebih dahulu mencolokkan water heater ke stopkontak. Jika water heater menyala sebelum tangki air penuh, maka elemen pemanas yang terdapat di water heater bisa mengalami kerusakan.

Pilih Water Heater Terbaik untuk Kebutuhan Anda!

Jika Anda sedang mencari water heater untuk di rumah, atau ingin menambahkan water heater di dalam bangunan komersial tempat Anda bekerja, Anda dapat menemukannya di Rheem. Ada banyak pilihan produk water heater yang bisa dipilih untuk digunakan pada bangunan pribadi  maupun bangunan komersial.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan water heater dari Rheem? Anda dapat langsung menghubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai seluruh produk kami. Semoga penjelasan mengenai cara pasang water heater listrik tanpa bobok ini dapat membantu Anda ya!

By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK