Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Dinding

| Kamis Oktober 19, 2023
Ketahui Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Dinding

Cara pasang water heater listrik tanpa bobok sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Pemasangan water heater listrik sendiri cenderung lebih mudah jika dibandingkan water heater gas. Maka dari itu, Anda dapat melakukan pemasangan water heater listrik tanpa bobok sendiri.

Lantas, bagaimana sih cara pasang water heater listrik tanpa bobok? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apakah Water Heater Listrik Bisa Dipasang Tanpa Bobok?

Water heater listrik ada yang memiliki tangki penyimpanan air maupun yang tidak menggunakan tangki penyimpanan air. Kedua jenis water heater listrik tersebut sama-sama dapat dipasang tanpa perlu membobok tembok terlebih dahulu.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, water heater listrik ini bisa dipasang tanpa bobok tembok. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan pemasangannya. Untuk mengetahui bagaimana caranya, simak artikelnya sampai selesai ya!

6 Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok

Cara pasang water heater listrik tanpa bobok sebenarnya bisa dilakukan mengikuti arahan yang benar. Walaupun begitu, proses pemasangan water heater listrik ini hanya boleh dilakukan oleh tenaga ahlinya agar tidak ada masalah yang terjadi. Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan water heater listrik tanpa bobok yang bisa menjadi informasi Anda.

1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum pasang water heater listrik, persiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan yang perlu disiapkan meliputi obeng plus, obeng segitiga, selotip teflon, dan kunci pas.

Pastikan juga untuk menyiapkan tangga lipat jika water heater akan dipasang di tempat yang tinggi. Anda akan memerlukan bor listrik untuk membantu mengamankan water heater. Sediakan palu kecil, gunting pipa, dan pengukur panjang 5 meter.

Siapkan shower dan kran T berukuran ½ beserta klem pipa ½ yang cukup. Jangan lupa untuk menyiapkan katup penghenti air panas agar Anda dapat mengendalikan aliran air.

2. Matikan Listrik

Matikan listrik di rumah sebelum melakukan pemasangan water heater listrik tanpa bobok. Dengan mematikan dalam proses pemasangan water heater tanpa bobok dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kesetrum, listrik korslet, dan listrik padam.

3. Membuat Lubang di Dinding

Pembuatan lubang di dinding menggunakan bor tangan listrik untuk memasang unit water heater listrik. Membuat lubang di dinding di tujukan agar saat sudah selesai proses pemasangan water heater tidak akan bergerak dan tidak akan jatuh.

4. Pasang Pipa Air

Pasang pipa air panas dan pipa air dingin serta katup pengaman atau safety valve. Pemasangan pipa air dan katup pengaman dapat mencegah keluarnya air secara drastis dan mencegah pengeluaran air yang sia-sia.

5. Pasang Keran Campuran

Pasang keran campuran (keran air panas dan air dingin), kemudian sambungkan ke pipa air panas dan pipa air dingin. Dengan memasang pipa campuran Anda dapat memisahkan air yang akan Anda gunakan, apakah air panas atau air dingin.

6. Pasang Stopkontak

Pasang stopkontak untuk menghubungkan water heater ke sumber listrik di rumah.

Pastikan posisi stopkontak dekat dengan water heater sehingga dapat dijangkau oleh kabel dari unit tersebut.

Pastikan tidak ada hal yang terlewatkan agar penggunaan water heater bisa tetap aman.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Instalasi Water Heater

Pada dasarnya, proses pemasangan water heater listrik adalah langkah yang relatif mudah dan dapat dijalankan secara mandiri. Walaupun begitu, saat melakukan instalasi water heater listrik, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan.

1. Perhatikan Jarak Antara Pipa Air Panas dan Pipa Air Dingin

Proses pemasangan pipa air panas dan dingin mengharuskan penggunaan pipa dengan diameter yang serupa dan dipasang terpisah dengan minimal jarak 15 cm. Selain itu, pipa air panas harus menggunakan material khusus yang tahan terhadap suhu tinggi.

Umumnya, pipa yang digunakan terbuat dari polypropylene yang memiliki sifat tahan karat, sehingga mengurangi risiko kebocoran pipa.

2. Perhatikan Pemasangan Keran Mixing

Kran mixing atau kran air panas-dingin memiliki dua saluran input air, yaitu saluran air panas dan saluran air dingin.

Terdapat penanda berupa warna merah yang menunjukkan air panas dan warna biru yang menandakan air dingin. Penting untuk memerhatikan pemasangannya agar tidak terjadi kesalahan persepsi yang dapat membingungkan pengguna.

Anda dapat menguji kinerja pipa dengan membuka kran. Jika tidak terjadi tetesan air, maka itu dianggap sebagai tanda bahwa tidak ada kebocoran. Berikutnya, coba nyalakan kran air panas untuk memastikan bahwa air yang mengalir sesuai dengan suhu yang diinginkan.

3. Perhatikan Ketinggian

Posisi yang disarankan untuk pemasangan water heater listrik adalah minimal 1.5 meter di atas lantai. Penempatan yang tinggi ini bertujuan untuk mencegah komponen water heater terkena percikan air.

Namun, pemasangan lebih tinggi juga dapat diperbolehkan selama masih memungkinkan untuk dijangkau dengan mudah saat perlu melakukan pengaturan atau perbaikan. Pastikan juga agar terdapat jarak minimal 15 cm antara water heater dan plafon.

4. Nyalakan ELCB

ELCB atau EarthLeakage Circuit Breaker, berperan dalam melindungi sistem listrik dari risiko potensial terjadinya kebocoran arus. Umumnya, perangkat ini terdapat dalam panel listrik di rumah Anda. Untuk mengaktifkan ELCB, langkah pertama adalah menekan tombol reset. Setelah itu, tekan tombol berwarna merah hingga lampu indikator ELCB menyala.

Tindakan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kejadian kejut listrik akibat kontak antara air dan aliran listrik saat melakukan pemasangan water heater.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara memasang water heater listrik serta hal-hal yang harus diperhatikan saat instalasinya. Bingung memilih water heater yang tepat? Jika Anda sedang mencari water heater untuk di rumah, atau ingin menambahkan water heater di dalam bangunan komersial tempat Anda bekerja, Anda dapat menemukannya di Rheem. Ada banyak pilihan produk water heater yang bisa dipilih untuk digunakan pada bangunan pribadi maupun bangunan komersial.

Anda dapat langsung menghubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai seluruh produk kami. Semoga penjelasan mengenai cara pasang water heater listrik tanpa bobok ini dapat membantu Anda ya!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju