Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

4 Fungsi Water Heater yang Harus Anda Ketahui

| Rabu Maret 27, 2024
Fungsi Water Heater

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan water heater, tetapi apakah Anda sudah mengenal berbagai fungsi water heater? Saat ini banyak inovasi pada industri peralatan rumah tangga yang tentunya memudahkan penggunanya. Jika dahulu Anda harus repot merebus air untuk menikmati mandi air hangat, sekarang sudah ada water heater dengan berbagai ukuran. 

Alat pemanas air ini menjadi salah satu jalan keluar terbaik untuk memenuhi kebutuhan air hangat bukan hanya di bangunan komersial saja, tetapi Anda juga bisa memasangnya di rumah. Dalam artikel kali ini, Anda akan mengenal lebih lanjut tentang pengertian, tips penggunaan, dan fungsi water heater. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Water Heater?

Apa Itu Water Heater?

Water heater adalah perangkat yang digunakan untuk menaikkan suhu air sehingga menjadi lebih panas. Ada beberapa jenis water heater yang umum tersedia dan biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, di antaranya adalah water heater elektrik, gas, dan solar.

Water heater elektrik menggunakan listrik sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Pada jenis water heater ini, air dingin akan melewati elemen pemanas yang terdapat di dalamnya untuk dipanaskan. Water heater listrik memiliki keunggulan seperti heat loss yang rendah, ramah lingkungan, dan tidak menghasilkan suara bising saat proses pemanasan. Namun, biayanya cukup tinggi dan pengguna harus memastikan bahwa daya listrik rumah cukup untuk mengoperasikannya. 

Di sisi lain, water heater gas memanfaatkan gas sebagai sumber energi. Cara kerjanya, air akan melewati pipa pemanas dan dipanaskan dengan api yang dihasilkan dari pembakaran gas. Water heater gas cocok untuk area dengan listrik yang tidak besar, karena pemanasannya lebih cepat dan secara biaya operasional juga lebih murah. Meskipun demikian, pengguna harus melewati instalasi yang cukup rumit dan memerlukan koneksi gas yang stabil. Dari segi estetika, water heater listrik lebih menarik, namun water heater gas cukup efisien dan mudah digunakan.

Jenis lainnya adalah water heater solar yang memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Pada water heater solar, air akan melewati panel surya yang terdapat di luar rumah dan dipanaskan oleh cahaya matahari.

Water heater solar ini cukup menguntungkan dari segi biaya, ditambah lagi sifatnya yang ramah lingkungan. Jika memilih jenis ini, Anda bergantung pada kondisi cuaca sebab sumber energinya berasal dari alam. Namun biasanya, water heater solar sudah dilengkapi dengan teknologi yang menyimpan panas. 

Semua jenis water heater memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pemilihan water heater harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi setiap rumah.

Baca Juga: Tangki Penyimpanan Pemanas Air Water Heater: Prinsip Kerja serta Kelebihan yang Dimiliki

4 Fungsi Water Heater

4 Fungsi Water Heater

Jika Anda berpikir bahwa water heater hanya berfungsi untuk memanaskan air saja, pemikiran tersebut sayangnya kurang tepat. Pada faktanya, ada 4 fungsi water heater yang bisa Anda dapatkan ketika memasang water heater. Berikut adalah ulasan selengkapnya:

1. Sebagai Pemanas Air

Anda tidak perlu lagi memasak air untuk keperluan mandi atau aktivitas lainnya, karena Water heater hadir sebagai alat rumah tangga yang berfungsi sebagai pemanas air dengan cara memanfaatkan energi listrik, gas, atau solar. Fungsi utama dari water heater ini adalah untuk menyediakan air panas yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti mandi, cuci piring, cuci baju, dan lain sebagainya.

2. Alat Penyimpanan Air

Water heater juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan air panas. Beberapa jenis water heater memiliki tangki penyimpanan air yang dapat menyimpan air panas sampai dengan 50 liter atau lebih. Melalui ketersediaan fungsi ini, air panas dapat digunakan secara bersamaan dalam jumlah yang cukup besar sehingga dapat menghemat waktu dan energi.

3. Pengatur Suhu

Fungsi lain dari water heater adalah sebagai alat pengatur suhu air. Pada umumnya, water heater dilengkapi dengan pengatur suhu yang berfungsi untuk mengatur suhu air panas sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Anda dapat mengatur suhu air panas sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menghemat energi dan menghindari risiko terbakar atau kepanasan.

4. Dapat Membantu Membersihkan Air

Beberapa jenis water heater juga dilengkapi dengan fungsi pembersihan. Fungsi ini dapat digunakan untuk membersihkan tangki penyimpanan air dari kotoran atau kerak yang menempel. Hal ini membuat water heater dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama karena tidak terjadi kerusakan pada tangki penyimpanan air.

Baca Juga: Fungsi Magnesium Anoda Pada Water Heater Tenaga Surya

3 Tips Menggunakan Water Heater

3 Tips Menggunakan Water Heater

Saat menggunakan water heater, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak salah terutama dalam hal pengaturan suhu. Sedikitnya ada 3 tips yang bisa kamu terapkan agar dapat menggunakan water heater dengan nyaman:

1. Memilih Water Heater yang Tepat sesuai Kebutuhan

Pemilihan jenis water heater yang sesuai sangat penting untuk menjamin kinerja water heater yang optimal dan efisiensi biaya. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan jenis water heater antara lain jumlah pengguna, lokasi, dan biaya operasional termasuk biaya perawatan water heater.

Setelah memilih yang cocok untuk kebutuhan rumah Anda, pastikan instalasi water heater dilakukan dengan tepat sebab hal ini berpengaruh pada kinerja water heater dan mengurangi risiko permasalahan seperti korsleting, kebakaran, dan lain sebagainya. Proses instalasi ini hanya boleh dilakukan oleh teknisi ahli agar memenuhi semua standar keamanan yang berlaku.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pemanas Air yang Sesuai Kebutuhan

2. Lakukan Perawatan Rutin

Perawatan rutin water heater sangat penting untuk menjaga kondisi water heater dan memastikan bahwa alat ini dapat selalu bekerja dengan optimal serta mengurangi risiko kerusakan. Jangan lupa juga untuk membersihkan water heater secara berkala, mengecek koneksi pipa dan elemen pemanas, serta mengecek tekanan air secara berkala.

3. Memastikan Pengaturan Suhunya Tepat

Pengaturan suhu yang tepat sangat penting untuk menjamin kenyamanan Anda saat mandi, mencuci, dan kegiatan rumah tangga lainnya, serta membantu menciptakan biaya pengeluaran yang lebih efisien terkait sumber energinya seperti listrik, gas, solar, dan lain-lain.

Pastikan untuk mengatur suhu air sesuai dengan kebutuhan dan mengurangi suhu air saat tidak digunakan. Apalagi, suhu yang terlalu panas dapat berbahaya untuk tubuh sebab bisa membuat kulit menjadi kering bahkan mengelupas, tekanan darah turun, hingga timbul rasa mual.

Baca Juga: Mengenal Persiapan dan Cara Pasang Water Heater Listrik Agar Aman

Sempurnakan Kebutuhan Air Panas Anda dengan Rheem Water Heater!

Water heater memiliki peran penting dalam menyediakan air panas di rumah dan memiliki berbagai fungsi yang lebih dari sekadar memanaskan air. Water heater hadir dalam beberapa jenis, termasuk water heater listrik, gas, dan solar, masing-masing dengan kelebihannya. Terdapat beberapa fungsi water heater, yakni sebagai pemanas air, alat penyimpanan air, pengatur suhu, dan alat pembersih air. Terdapat tiga tips penting dalam penggunaan water heater, yang pertama adalah memilih water heater yang sesuai kebutuhan Anda, lalu melakukan perawatan rutin, dan memastikan pengaturan suhu yang tepat untuk kenyamanan dan keamanan penggunaan.

Pada dasarnya, memasang water heater memang menjadi keputusan yang tepat mengingat fungsi water heater yang begitu banyak. Jika Anda memilih yang tepat, water heater bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Sebab itu, memilih water heater harus yang berkualitas dengan komponen penyusun yang unggulan. Dalam hal ini, Rheem adalah solusi terbaik untuk kebutuhan water heater rumah Anda. Rheem menyediakan dua jenis water heater yaitu elektrik dan solar yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Setiap produk Rheem dapat dipastikan memiliki material yang tahan panas dan anti karat, Ciptakan hunian yang nyaman dengan kelengkapan kebutuhan air panas seperti hotel bintang lima dengan produk Rheem sekarang juga!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju