Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Cara Pemasangan Pemanas Air Tenaga Surya atau Solar Water Heater

| Rabu Januari 17, 2024
instalasi air panas tenaga surya

Air panas memiliki banyak sekali manfaat. Apalagi ketika musim hujan datang, Anda dapat menghangatkan tubuh dengan mandi air panas. Selain itu, saat lelah beraktivitas, air panas juga membantu menghilangkan rasa pegal di badan.

Oleh karenanya, akan sangat menguntungkan jika memasang water heater untuk menyediakan kebutuhan air panas. Saat ini Anda dapat memilih beragam sumber energi water heater selain listrik. Ingin lebih ramah lingkungan? Water heater tenaga surya adalah jawabannya. Simak artikel berikut ini untuk mengenal lebih dalam tentang jenis water heater tersebut.

Apa itu Pemanas Air Tenaga Surya atau Solar Water Heater?

Apa itu Pemanas Air Tenaga Surya atau Solar Water Heater?

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa penggunaan water heater tidak hanya mengandalkan listrik sebab saat ini telah banyak pilihan sumber energi untuk penggunaan water heater, salah satunya tenaga surya.

Water heater tenaga surya atau pemanas air tenaga matahari adalah teknologi pemanas air yang memanfaatkan energi sinar matahari untuk memanaskan air. Pada praktiknya, panel surya yang tersedia pada water heater akan menyerap panas baru kemudian dialihkan ke tangki penyimpanan air. Sehingga tangki dapat menghasilkan air panas yang bisa digunakan sehari-hari.

Water heater tenaga surya kerap disebut dengan solar water heater. Cara kerjanya menerapkan prinsip Thermosiphon yang membuat air panas bergerak ke dalam tangki kemudian mendorong air dingin untuk masuk ke panel kolektor. Proses ini akan terjadi secara terus-menerus sampai seluruh pasokan air dalam tangki berubah menjadi panas. 

Cara Pemasangan Pemanas Air Tenaga Surya atau Solar Water Heater

Cara Pemasangan Pemanas Air Tenaga Surya atau Solar Water Heater

Mandi dengan air hangat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Jadi keputusan untuk memasang water heater tenaga surya bukan ide yang buruk. Bagaimana proses instalasi pemanas air tenaga surya? Perlu diingat bahwa segala bentuk instalasi water heater dengan sumber energi apa pun harus dilakukan oleh teknisi ahli. 

Akan muncul berbagai risiko berbahaya jika Anda berinisiatif melakukan instalasi sendiri. Tetapi jika Anda ingin mengetahui bagaimana proses water heater terpasang, simak informasinya berikut ini:

Baca Juga: Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Dinding

1. Menentukan Lokasi Pemasangan

Pada proses awal, Anda tentu akan ikut andil dalam beberapa penentuan instalasi. Salah satunya saat menentukan lokasi pemasangan. Dalam proses ini, Anda hanya perlu menunjukkan bagian mana yang akan dijangkau oleh pipa instalasi. Kemudian, teknisi ahli akan mulai mengecek area yang tepat untuk memasang alat pemanas di bagian atap.

Proses ini membutuhkan ketelitian agar dapat mengukur panjang pipa, jalur yang akan digunakan, dan jarak terpendek water heater dengan keran air yang tepat. Kriteria yang cocok untuk lokasi tangki air adalah bagian atap yang mendapat sinar matahari langsung tanpa terhalang objek apa pun. 

2. Menentukan Model yang Akan Digunakan

Selanjutnya, mulai tentukan model water heater yang cocok dan sesuai dengan kriteria Anda. Rheem menyediakan dua pilihan water heater solar dengan spesifikasi yang berbeda namun tetap berkualitas unggulan. Pastikan Anda menentukan kapasitas water heater yang sesuai dengan kebutuhan air panas seluruh anggota keluarga dalam 1 rumah. 

3. Memilih Material Pipa yang Berkualitas

Selain memperhatikan kualitas water heater, pemilihan material pipa instalasi juga penting untuk diutamakan. Sebab pipa instalasi nantinya akan bekerja untuk mengalirkan air panas yang diterima dari tangki air. Namun, dengan bantuan teknisi ahli, Anda tidak perlu lagi khawatir perihal pipa. Biasanya teknisi sudah mempertimbangkan jenis pipa yang aman, tahan panas, dan awet. 

Baca Juga: Ukuran Pipa Water Heater dan Tips Instalasinya

4. Menyesuaikan Kemiringan dan Arah Panel Surya

Di antara ketiga proses sebelumnya, langkah ini merupakan proses yang tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Proses pemasangan alat pemanas diawali dengan menentukan arah dan kemiringan alat pemanas ke posisi yang mendapatkan banyak energi sinar matahari.Hal ini dapat membantu memaksimalkan pemanfaatan energi matahari.

5. Proses Pemasangan Alat Pemanas dan Instalasi Pipa

Setelah menentukan menyesuaikan kemiringan, dilanjutkan dengan pemasangan pipa air panas dan air dingin untuk mengalirkan air ke setiap keran yang telah ditentukan sebelumnya. Lalu, teknisi ahli akan memasang pompa dorong untuk memasok air ke dalam tangki dengan maksimal. Setelah bagian perairan telah selesai, rangka dudukan dan tangki air akan mulai dipasang. 

Langkah berikut yang akan dilakukan oleh teknisi ahli adalah menghubungkan water heater dengan instalasi pipa baik dingin maupun panas. Barulah setelah itu water heater dapat Anda gunakan untuk mandi, cuci muka, dan aktivitas yang membutuhkan air panas lainnya. 

Jadikan Langkah Memulai Ramah Lingkungan dengan Solar Water Heater Rheem!

Di tengah banyaknya permasalahan global yang berkaitan dengan penggunaan energi terbarukan, penggunaan water heater tenaga surya dapat menjadi pilihan yang efektif. Meskipun memang, beberapa jenis water heater tetap membutuhkan instalasi listrik sebagai energi pengganti apabila dibutuhkan alternatif pemanasan lewat energi listrik. 

Baca Juga: Mengenal Persiapan dan Cara Pasang Water Heater Listrik Agar Aman

Tertarik untuk menggunakan teknologi ini? Produk water heater solar dari Rheem dapat menjadi pilihan yang tepat. Hadir dengan kapasitas 180 liter, penuhi kebutuhan air panas rumah Anda dengan Rheem SS Indirect Solar Water Heater.

Seluruh produk Rheem dapat Anda coba tanpa khawatir kualitas yang diberikan sebab telah melalui quality control yang ketat dan dilengkapi dengan komponen water heater berstandar internasional. 

Kunjungi Rheem sekarang juga dan temukan toko resmi terdekat untuk pemasangan water heater terbaik di rumah.

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju