Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

6 Perbedaan Instant Water Heater dengan Water Heater Tangki

| Selasa November 7, 2023
Perbedaan Instant Water Heater Dengan Water Heater Tangki

Water heater telah menjadi kebutuhan untuk setiap kamar mandi. Hal ini tentunya dikarenakan manfaat baik dari mandi air hangat dan penyesuaian suhu terbaik saat mandi. Banyaknya jenis water heater, seperti water heater instant baik electric instant water heater dan gas water heater, akan membuat Anda bingung untuk menentukan mana yang cocok digunakan dan sesuai dengan harga water heater yang Anda inginkan. Mengetahui perbedaan antara instant water heater dengan water heater tangki mungkin mampu mengatasi kebingungan Anda.

Mandi menggunakan air hangat sendiri memang direkomendasikan, terlebih lagi untuk alasan kesehatan. Mandi air hangat memberikan sensasi relax, meregangkan otot dan tentunya membuat tubuh menjadi lebih segar. Untuk memenuhi kebutuhan mandi air hangat ini, kehadiran water heater pun menjadi solusi yang efektif dan efisien. Tentunya, fungsionalnya akan maksimal jika digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi yang ada.

Apa Itu Instant Water Heater?

Konsumsi Listrik Water Heater

Salah satu jenis water heater yang populer digunakan adalah instant water heater. Bagi sebagian orang, jenis ini sering juga disebut sebagai tankless water heater. Berbeda dengan water heater pada umumnya, jenis instant ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan air hangat secara langsung dan cepat. Jadi, tidak perlu menunggu tangki siap dengan suhu yang diinginkan.

Baca Juga: Ketahui 7 Perbedaan Water Heater Gas dan Listrik

Jenis Intant Water Heater

Jenis Intant Water Heater

Ada dua jenis utama instant water heater, ada instant water heater dengan tangki dan tanpa tangki. Berikut penjelasan lengkapnya.

Instant Water Heater Tank

Water heater ini tampak seperti versi yang jauh lebih kecil dari water heater tangki tradisional. Mereka memiliki ukuran yang kompak, sehingga dapat dengan mudah dipasang di dekat saluran air di sekitar rumah, seperti di bawah wastafel dapur. Jenis instant water heater ini menghangatkan sejumlah kecil air dan kemudian menyimpannya untuk digunakan nanti.

Instant Water Heater Tankless

Sebagian besar instant water heater tanpa tangki menghasilkan air panas dengan cara menghangatkan air melalui elemen pemanas di dalam unitnya, yang berarti bahwa selama air mengalir, Anda bisa mendapatkan pasokan air panas yang tak terbatas. Namun, tidak semua instant water heater menggunakan elemen pemanas air.

6 Perbedaan Instant Water Heater Dengan Water Heater Tangki

Instant Water Heater Dengan Water Heater Tangki

Untuk memahami lebih dalam mengenai jenis pemanas air yang umum digunakan, penting untuk menjelaskan perbedaan antara instant water heater dan water heater tangki. Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Apakah Water Heater Harus Dimatikan Saat Tidak Digunakan? Ini Dia Jawabannya!

1. Tekanan Air Panas

Instant water heater dirancang dengan penggunaan flow restrictor untuk membuat air dapat dipanaskan secara perlahan. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan air yang ada. Hal ini tentunya berbeda dengan water heater tangki yang memungkinkan air mengalir ke tangki dengan laju dan tekanan tinggi.

Salah satu kelebihan dari jenis water heater ini terletak pada kemampuan sistem untuk mengurangi tekanan air. Jadi, water heater pun dapat bekerja dengan lebih stabil dan memberikan hasil yang optimal.

2. Suhu

Perbedaan antara instant water heater dengan water heater tangki yang kedua terletak pada stabilitas suhu. Instant water heater setiap komponennya terhubung satu sama lain. Hal ini memungkinkan tekanan air panas memiliki suhu yang lebih konsisten dibanding water heater tangki.

Sedangkan water heater tangki sendiri menawarkan suhu yang lebih stabil. Dalam segi ini, Anda mungkin perlu mempertimbangkan apakah ini cocok untuk memenuhi kebutuhan atau tidak. Konsistensi suhu stabil pada water heater ini sendiri dapat memengaruhi kenyamanan penggunaan dan kinerja water heater lebih mulus.

3. Kesesuaian dengan Tipe Shower

Instant water heater hanya bisa memadukan beberapa tipe shower dengan laju air yang stabil. Hal ini tentunya berbeda dengan water heater tangki yang bisa digunakan untuk semua jenis shower mulai dari hand shower, bathub hingga rain shower. Anda dapat menentukan mana yang terbaik untuk digunakan sesuai dengan jenis shower dan laju air yang dibutuhkan.

4. Estetika

Instant water heater harus dipasang tepat di bawah shower kamar mandi. Tentunya hal ini membuat tampilan kamar mandi menjadi cukup terganggu karena tidak dapat disesuaikan. Sedangkan water heater tangki dapat dipasang diluar rumah yang membuat tampilan estetikanya lebih bisa disesuaikan.

5. Pengalaman Mandi

Kepuasan pengalaman mandi tergantung pada seberapa besar ukuran dari water heater tangki. Apabila ukuran tangkinya kecil, dapat berpengaruh pada suhu air panas yang bersifat tidak tetap. Sedangkan instant water heater menawarkan efisiensi yang tidak bergantung pada ukuran tangki. Anda dapat merasakan pengalaman mandi tanpa perlu memikirkan kehabisan air.

6. Tingkat Harga

Water heater dengan tangki hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari 25 liter hingga 400 liter. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk digunakan di rumah yang memiliki banyak kamar mandi dengan sistem sentral. Ukuran tangkinya yang besar tentu saja berdampak pada harga jualnya. Salah satu keunggulan penggunaan model ini adalah harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli banyak pemanas air instan untuk setiap kamar mandi. Harga pemanas air tenaga surya dengan jenis lainnya mungkin sedikit berbeda karena memang jenisnya berbeda.

Baca juga: 3 Rekomendasi Pemanas Air Mandi Hemat Listrik dari Rheem

Kesimpulan

Water heater telah menjadi kebutuhan penting dalam kamar mandi, terutama untuk penggunaan air hangat yang nyaman dan kesehatan tubuh. Terdapat beragam jenis water heater, termasuk instant water heater seperti electric instant water heater dan gas water heater. Instant water heater menghadirkan kemudahan dengan memberikan akses cepat ke air panas tanpa perlu menunggu pemanasan tangki. Namun, perbedaan utama antara instant water heater dan water heater tangki, seperti tekanan air panas, stabilitas suhu, kesesuaian dengan jenis shower, estetika, pengalaman mandi, dan harga, perlu dipertimbangkan secara bijak sebelum membuat pilihan.

Tips memilih water heater sesuai kebutuhan juga dapat Anda coba terapkan agar tidak salah pilih. Apabila pemasangan water heater cukup menyulitkan untuk Anda, gunakan layanan jasa profesional untuk menanganinya. Hal ini akan meminimalisir terjadinya salah pasang sehingga penggunaan pun lebih nyaman dan aman.

Apabila Anda menginginkan penggunaan instant water heater yang praktis, tankless electric water heater dari Rheem dapat menjadi pilihan yang tepat. Kami juga menyediakan berbagai macam pilihan water heater terbaik yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Hubungi Rheem sekarang juga, solusi terbaik untuk kebutuhan water heater berkualitas.

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju