Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Ketahui Standar Ideal Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

| Kamis Mei 2, 2024
Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Dalam merenovasi kamar mandi, salah satu hal yang sering kali diabaikan adalah tinggi pemasangan kran shower. Padahal, penempatan kran shower yang tepat tidak hanya penting untuk kenyamanan pengguna, tetapi juga untuk menjaga estetika dan fungsionalitas ruangan. Melalui mengetahui standar ideal jarak tinggi kran shower dari lantai, Anda dapat memastikan bahwa kamar mandi tidak hanya terlihat indah tetapi juga berfungsi secara optimal.

Ketika menentukan tinggi ideal kran shower, beberapa faktor perlu dipertimbangkan, termasuk tinggi rata-rata pengguna, aksesibilitas, dan kebutuhan pribadi. Artikel ini akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang jarak tinggi kran shower dari lantai. Mulai dari pentingnya menentukan ketinggian kran shower hingga panduan lengkap dalam menentukan jarak yang tepat. Oleh karena itu, langsung saja simak di bawah ini!

Berapa Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai?

Kamar mandi adalah salah satu ruangan penting dalam rumah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti membersihkan diri, mandi, dan lain sebagainya. Salah satu komponen penting dalam kamar mandi adalah shower yang berfungsi untuk mengatur aliran air, baik air panas maupun air dingin. Dalam memasang kran shower, penting untuk mengetahui jarak tinggi kran shower dari lantai agar Anda dapat menggunakan kamar mandi dengan nyaman.

Standar umum merekomendasikan agar kran shower dipasang pada ketinggian antara 80 hingga 100 cm dari lantai. Namun, perlu dicatat bahwa tinggi ideal ini dapat bervariasi tergantung pada preferensi pengguna dan kebutuhan individual. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk tinggi rata-rata pengguna, aksesibilitas, serta kebutuhan pribadi seperti ketinggian anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut atau pengguna dengan mobilitas yang terbatas.

Baca juga: Cara Pasang Shower Kamar Mandi yang Benar

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Menentukan jarak tinggi kran shower dari lantai merupakan langkah penting dalam merancang kamar mandi yang nyaman dan fungsional. Berikut ini beberapa faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Tinggi Rata-Rata Pengguna 

Salah satu faktor utama yang memengaruhi penentuan tinggi kran shower adalah tinggi rata-rata pengguna. Penempatan kran shower yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman saat mandi. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan tinggi rata-rata anggota keluarga atau pengguna yang sering menggunakan kamar mandi tersebut.

2. Aksesibilitas 

Faktor kedua yang harus dipertimbangkan adalah aksesibilitas. Penempatan kran shower haruslah mudah dijangkau oleh semua pengguna, termasuk anak-anak dan orang dengan mobilitas terbatas. Memastikan kran shower berada pada ketinggian yang mudah dijangkau dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna.

3. Kebutuhan Pribadi 

Setiap rumah tangga atau individu mungkin memiliki kebutuhan pribadi yang berbeda-beda. Misalnya, keluarga dengan anggota yang tinggi mungkin memilih untuk menempatkan kran shower pada tinggi yang lebih tinggi agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Demikian pula, pengguna dengan mobilitas terbatas mungkin memerlukan ketinggian kran shower yang lebih rendah untuk memudahkan penggunaan.

4. Desain Interior Kamar Mandi

Desain interior kamar mandi juga dapat memengaruhi penempatan kran shower. Sebagai contoh, jika kamar mandi Anda memiliki langit-langit yang rendah atau terbatas, penempatan kran shower mungkin perlu disesuaikan agar tidak terlalu dekat dengan langit-langit dan tetap nyaman digunakan.

Baca juga: Inspirasi Kamar Mandi Sederhana dan Tipsnya di Sini!

5. Desain Kran

Desain kran shower yang dipilih juga memainkan peran penting dalam penentuan jarak tinggi kran shower dari lantai. Kran shower dengan desain yang besar atau panjang mungkin memerlukan penempatan yang lebih tinggi agar tidak mengganggu pengguna ketika mandi. Di sisi lain, kran shower dengan desain yang lebih kompak atau minimalis mungkin lebih cocok dipasang pada ketinggian yang lebih rendah untuk tetap mempertahankan estetika ruangan.

6. Posisi Alat Di Sekelilingnya

Ketika menentukan jarak tinggi kran shower dari lantai, penting juga untuk mempertimbangkan posisi alat-alat lain di sekitarnya. Misalnya, jika ada rak atau tempat penyimpanan di atas atau di sekitar area kran shower, Anda perlu memastikan bahwa kran dipasang pada tinggi yang memungkinkan akses mudah ke alat-alat tersebut tanpa mengganggu penggunaan kran. 

Begitu pula, jika terdapat cermin atau elemen dekoratif lainnya yang berdekatan dengan kran shower, penempatan kran haruslah cukup tinggi agar tidak menghalangi pengguna dalam melihat atau menggunakan cermin.

Optimalkan Pengalaman Mandi: Penetapan Jarak Tinggi Kran Shower yang Tepat

Jadi, dalam menentukan jarak tinggi kran shower dari lantai, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Penting untuk memastikan bahwa kran shower dipasang pada tinggi yang memungkinkan akses mudah, kenyamanan pengguna, dan keselarasan dengan desain interior ruangan. Melalui memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat menentukan jarak tinggi kran shower dari lantai yang ideal untuk menciptakan pengalaman mandi yang optimal di kamar mandi.

Untuk memastikan pengalaman mandi yang lebih nyaman dan memuaskan, pertimbangkan untuk menggunakan water heater listrik dari Rheem ke dalam kamar mandi. Anda dapat menemukan berbagai water heater dengan jenis kapasitas yang berbeda di Rheem. Hubungi Rheem sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang berbagai pilihan water heater yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju