Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Waktu Terbaik Mandi Air Hangat: Tips dan Manfaat yang Perlu Anda Ketahui

| Rabu Maret 27, 2024
waktu terbaik mandi air hangat


Bagi sebagian banyak orang, mandi dilakukan sebelum mengawali Hari saat akan beraktivitas di pagi hari dan akan Mandi lagi setelah selesai melakukan aktivitas seharian yang panjang dan melelahkan. Namun,kapan waktu terbaik untuk mandi air hangat? Apakah sebaiknya dilakukan pagi atau mandi? Jawabannya adalah keduanya.


Manfaat Mandi Air Hangat di Pagi Hari


Manfaat Mandi Air Hangat di Pagi Hari


Mandi air hangat di pagi hari memiliki beberapa manfaat, begitu pula dengan mandi di malam hari. Menurut sebuah studi yang direview dan diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kedokteran Amerika Utara, terdapat sejumlah manfaat positif dari berendam dan mandi air hangat di pagi hari.


Sebagai permulaan, para peneliti menemukan bahwa mandi air hangat di pagi hari dapat membantu meningkatkan suhu tubuh kita dan membuka pembuluh darah kita untuk merangsang aliran darah ke seluruh tubuh kita


Ini berarti bahwa mandi air hangat di pagi hari dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh terutama pada jantung, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah kita. Memiliki sirkulasi darah yang baik di pagi hari juga merupakan cara yang efektif untuk mempersiapkan diri kita untuk melalui hari yang panjang setiap harinya.


Setelah malam yang santai, tubuh kita biasanya kaku dan sakit ketika kita bangun dari tempat tidur di pagi hari. Maka, ini adalah waktu yang tepat untuk mandi air hangat, karena itu dapat membantu tubuh kita untuk mengaktifkan otot-otot kita dan melonggarkan sendi dan tendon saat kita bersiap untuk memulai hari.


Baca Juga: 15 Bahaya Mandi Malam yang Perlu Dihindari


Selain itu, kita disarankan untuk mandi kontras di pagi hari. Seperti namanya, kontras shower adalah bentuk metode mandi di mana pengguna memadukan mandi dengan menggunakan air panas dan dingin.


Setelah merangsang sirkulasi darah dengan air hangat, mandi air dingin akan membantu mengarahkan aliran darah ke dalam tubuh kita untuk menghangatkan organ dalam kita. Terakhir, kita harus mengakhiri mandi kontras kita dengan air hangat untuk membuat darah mengalir lagi ke bagian lain dari tubuh kita.


Masih perlu alasan lain mengapa kita harus mandi air hangat di pagi hari? Ini satu lagi alasan untuk Anda: Peneliti Jepang mengeksplorasi manfaat kesehatan mental dari mandi air hangat. Mereka mengikuti 38 peserta yang mandi air hangat selama periode dua minggu. Setelah periode pengamatan, para peserta melaporkan peningkatan kemampuan bersosialisasi, mengurangi kerentanan terhadap kemarahan atau permusuhan, dan menurunkan tingkat stres dan ketegangan yang dirasakan.


Oleh karena itu, mandi air hangat di pagi hari sangat membantu dalam mengatur suasana hati kita untuk hari yang akan datang.


Manfaat Mandi Air Hangat Malam Hari


Manfaat Mandi Air Hangat Malam Hari


Sekarang kita tahu bahwa mandi dengan suhu air hangat di pagi hari dapat mengaktifkan tubuh kita dengan meningkatkan suhu inti kita dan merangsang sirkulasi darah kita. Tetapi bagaimana mandi air hangat bermanfaat bagi kita di malam hari? Bisakah mandi air hangat sebelum tidur meningkatkan kenyamanan tidur kita di malam hari?


Baca Juga: 12 Cara Berendam Air Hangat agar Lebih Nyaman


Mungkin penjelasan terbaik untuk ini berasal dari Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi. Menurut mereka, mandi air hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh kita, ketika selesai dan saat keluar dari kamar mandi untuk mendinginkan tubuh kita maka akan ada tetesan air di kulit kita menguap dengan cepat. Selama proses ini, perubahan cepat dalam suhu tubuh kita yang mengirimkan sinyal ke otak untuk memberitahu kita bahwa sudah waktunya untuk tidur.


Dan tentu saja, bukan rahasia tersembunyi bahwa semakin awal dan lebih cepat kita tidur, semakin banyak waktu yang kita miliki untuk beristirahat, mengisi tubuh kita untuk mempersiapkan hari esok yang lebih produktif. Jadi, jika Anda membutuhkan kualitas tidur untuk mempersiapkan diri untuk hari berikutnya, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk menghapus semua gangguan di jam sebelum tidur dan mandi air hangat sebagai gantinya!


Tapi itu belum semuanya. Mandi air hangat di malam hari juga bisa menjaga kulit kita tetap sehat. Menurut ahli kulit,menggunakan air hangat sebagai pembersih kulit tubuh adalah hal yang paling efisien dan alami yang bisa dilakukan dengan cara mencuci wajah Anda, terutama setelah beraktifitas seharian yang penuh dengan debu,kotoran,minyak berlebih,dan polusi yang telah berkumpul di kulit tubuh kita.


Baca Juga: Fakta di Balik Mitos Demam Tidak Boleh Mandi dan Tips Aman Mandinya


Betapa Nyamannya Pemanas Air Bagi Kami Tidak pernah ada waktu yang salah untuk mandi air hangat. Mandi air hangat di pagi hari dapat mengatur pikiran dan tubuh kita untuk hari-hari cerah setiap hari,sementara mandi air hangat di malam hari dapat membantu kita mengakhiri hari dengan baik.Kesimpulannya,mandi air hangat harus menjadi bagian dari rutinitas harian kita karena mereka dapat membantu mengatasi tuntutan fisik dan mental dari kehidupan kita setiap hari.


Tingkatkan Kenyamanan Mandi Anda dengan Water Heater RC Plus dari Rheem!


Mandi air hangat memiliki manfaat yang signifikan baik saat pagi maupun malam hari. Di pagi hari, mandi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, merangsang sirkulasi darah, dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, mandi pagi juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Di sisi lain, mandi air hangat di malam hari membantu menenangkan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur dengan menurunkan suhu tubuh dan membersihkan kulit dari debu dan kotoran. Oleh sebab itu, mandi air hangat harus dijadikan bagian penting dari rutinitas harian untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.


Baca Juga: 5 Manfaat Berendam Air Panas untuk Kesehatan


Jadi, apakah Anda lebih suka mandi air hangat di pagi hari atau di malam hari? Tingkatkan pengalaman mandi Anda dengan Rheem pemanas air. Dengan lebih dari satu juta pemanas air telah terpasang di ASEAN, Rheem bangga dapat menyediakan produk pemanas air yang menawarkan kenyamanan dan pengalaman canggih bagi para pelanggannya.


Pilihlah pemanas air yang tepat, berkualitas dan mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi keluarga Anda di Rumah. Pemanas Air Rheem RC Plus adalah Pemanas air yang dirancang yang sesuai untuk di rumah Anda. Rheem didukung dengan berbagai pengalamannya dalam memberikan solusi pemanas air untuk semua pelanggan kami dimanapun di dunia.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pemanas Air Rheem RC Plus, kunjungi situs web kami disini.


Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju