Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Bisa Membuat Rambut Berkilau, Ini Berbagai Manfaat Keramas dengan Air Hangat!

| Selasa Januari 9, 2024
keramas dengan air hangat

Perawatan rambut tidak hanya bergantung pada produk yang Anda gunakan. Suhu air yang digunakan ketika keramas juga bisa memengaruhi kebersihan dan kesehatan rambut. Ketika mencuci rambut, ada juga orang yang menggunakan air hangat, apalagi jika keramasnya sambil mandi. Nyatanya, keramas dengan air hangat ternyata membawa manfaat tersendiri untuk kebersihan dan pertumbuhan rambut Anda.

Keramas Pakai Air Hangat, Bolehkah?

Tidak jarang pertanyaan di atas terlintas di benak Anda sehingga mengurungkan niat untuk mencuci rambut dengan air hangat. Jawabannya tentu saja boleh, bahkan efek keramas pakai air hangat membawa manfaat untuk rambut dan kulit kepala. Hanya saja, Anda perlu menjaga suhu air hangat supaya tidak terlalu tinggi karena bisa menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

Intinya, keramas dengan air hangat bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat dari rutinitas perawatan rambut Anda, asalkan dilakukan dengan bijak dan memperhatikan suhu air yang digunakan.

Baca Juga: Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Bruntusan di Wajah dan Tubuh?

Manfaat Keramas dengan Air Hangat untuk Rambut

Manfaat Keramas dengan Air Hangat untuk Rambut

Lantas, apa saja manfaat air hangat untuk rambut yang bisa Anda rasakan? Yuk, lihat pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Manfaat Berendam Air Panas untuk Kesehatan

1. Membuka Kutikula dan Pori-Pori Kulit Kepala

Inilah manfaat keramas menggunakan air hangat yang jarang dirasakan. Uap dari air hangat bisa membuka pori-pori dan kutikula pada rambut dan kulit kepala. Struktur rambut pun lebih responsif terhadap perawatan sehingga sampo atau kondisioner bisa meresap dengan maksimal.

2. Menghilangkan Sel Kulit Mati, Ketombe, dan Kotoran

Kutikula dan pori-pori yang membuka karena air hangat membuat kulit kepala lebih bersih. Air hangat menyapu bersih sel kulit mati, ketombe, dan kotoran yang menumpuk di kepala. Kesehatan kulit kepala tetap terjaga dan terawat sehingga Anda merasa lebih segar. Anda pun dapat mencegah masalah kulit kepala seperti ketombe serta menjaga kelembaban kulit kepala setelah keramas menggunakan air hangat.

3. Mempercepat Penyerapan Sampo atau Kondisioner

Selain membersihkan kotoran, kutikula dan kulit kepala yang membuka dapat mempercepat sampo, kondisioner, serta produk pembersih rambut lainnya dapat meresap ke dalamnya. Hasilnya, rambut lebih mudah diatur, lebih halus, dan tampak lebih sehat sehingga meningkatkan kepercayaan diri Anda.

4. Mengangkat Minyak Berlebih di Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat ini tentunya dirasakan oleh pemilik rambut yang cenderung berminyak. Air hangat dapat mengangkat minyak berlebih tanpa membuat rambut dan kulit kepala terasa kering. Namun, jangan terlalu lama mandi dengan air hangat karena bisa menghilangkan minyak alami pada rambut.

5. Memberikan Efek Menenangkan

Keramas menggunakan air hangat juga bisa menjadi momen relaksasi. Suhu air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh dan pikiran sehingga memberikan pengalaman mandi bisa lebih nyaman.

6. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Air hangat merangsang sirkulasi darah di kulit kepala sehingga keramas menggunakan air hangat dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Manfaat keramas yang satu ini bisa membuat rambut lebih tebal dan sehat mulai dari akar hingga ujungnya.

7. Meningkatkan Tekstur dan Volume Rambut

Rutin keramas dengan air hangat dapat memberikan manfaat berupa peningkatan tekstur dan volume rambut. Rambut Anda pun terasa lembut dan tampak lebih bervolume sehingga memberikan tampilan yang lebih berkilau dan sehat ketika dilihat.

Cara Keramas dengan Air Hangat yang Benar Supaya Rambut Tetap Sehat

Cara Keramas dengan Air Hangat yang Benar Supaya Rambut Tetap Sehat

Walaupun terdapat manfaat dari keramas dengan air hangat, ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya kesehatan rambut dan kulit kepala tetap terjaga. Apa saja? Lihat tips di bawah ini!

Baca Juga: 12 Cara Berendam Air Hangat agar Lebih Nyaman

1. Jaga Suhu Air Hangat Hanya Sampai 38 Derajat Celsius

Suhu air hangat yang digunakan tidak boleh terlalu tinggi karena bisa menyebabkan kerusakan pada serat rambut maupun kulit kepala. Selain itu, keramas dengan suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan rambut kering. Maka dari itu, pastikan Anda menjaga suhu air hangat sehingga tidak melebihi 38 derajat Celsius.

2. Gunakan Air Hangat sebelum Mengaplikasikan Sampo

Sebelum mengaplikasikan sampo, basahi rambut dengan air hangat. Langkah ini dapat membuka kutikula rambut dan pori-pori kulit kepala sehingga rambut lebih siap untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sampo maupun produk perawatan rambut lainnya yang akan Anda gunakan. Pastikan air hangat merata di seluruh rambut dan kulit kepala supaya seluruh pori-porinya terbuka dan kulit kepala pun bersih dengan maksimal dari kotoran.

3. Akhiri Keramas dengan Air Dingin

Kalau sudah selesai mengaplikasikan sampo dan kondisioner, akhiri proses keramas dengan menggunakan air dingin. Air dingin dapat menutup kembali kutikula dan pori-pori kepala yang telah terbuka. Langkah ini tidak boleh diabaikan supaya tampak lebih berkilau dan lebih mudah diatur.

4. Tidak Terlalu Sering Keramas Menggunakan Air Hangat

Frekuensi yang tepat untuk keramas pakai air hangat sebenarnya tergantung pada jenis rambut dan kondisi kulit kepala. Namun, disarankan supaya Anda tetap menjaga frekuensinya hanya selama dua hingga tiga kali seminggu supaya rambut tidak terlalu kering.

5. Tips Tambahan Keramas dengan Air Hangat

Lakukan juga langkah tambahan ketika keramas dengan air hangat, seperti memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut dan tidak menggunakan air panas untuk jangka waktu yang lama, karena dapat merusak struktur rambut. Selain itu, Anda juga harus menggunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Yang tidak kalah penting penting, lakukan perawatan tambahan seperti masker rambut atau minyak rambut secara teratur supaya rambut tetap sehat.

Tingkatkan Kenyamanan Mandi Anda dengan Electric Water Heater dari Rheem!

Kesimpulannya, bolehkah keramas dengan air hangat? Tentu saja boleh karena bisa memberikan manfaat untuk kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala Anda. Agar keramas menggunakan air hangat lebih nyaman, Anda bisa memasang water heater electric dari Rheem sehingga tidak perlu menunggu air hangat dalam waktu yang lama.

Xwell Slim Classic Plus Electric Storage Water Heater bisa menjadi pilihan yang pas untuk dipasang di kamar mandi Anda karena bentuknya yang ramping dan modern sehingga memberikan kesan eksklusif dan elegan. 

Tidak perlu khawatir mengenai pemasangannya karena teknisi Rheem siap turun tangan memasang water heater di kamar mandi Anda sehingga lebih aman. Ayo, hubungi kami untuk mendapatkan water heater unggulan dari Rheem supaya anda bisa merasakan manfaat keramas dengan air hangat yang sudah dibahas di artikel ini!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju