Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

7 Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

| Tuesday August 30, 2022
Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah lelah beraktivitas seharian, paling nikmat memang mandi atau berendam air hangat. Hal ini karena khasiat air hangat yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

Biasanya, orang-orang mandi air hangat ketika cuaca sedang dingin. Padahal, Anda dapat melakukannya kapan saja, baik itu pagi hari, sore, hingga malam hari tanpa terpaku pada kondisi cuaca.

Seperti yang Anda ketahui, mandi air hangat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan sirkulasi darah hingga membakar kalori tubuh. Nah, untuk mengetahui khasiat dan manfaat mandi air hangat secara lebih dalam, simak ulasannya di bawah ini.

7 Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Diketahui, mandi air hangat cukup baik untuk kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang panjang. Lalu, apa saja khasiat tersebut? Mari simak sederet khasiat mandi air hangat bagi kesehatan di bawah ini.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mandi air hangat dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh Anda. Apabila sirkulasi darah ini lancar, maka Anda akan terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti gagal jantung dan stroke. Pasalnya kedua penyakit ini kerap terjadi disebabkan adanya pembuluh darah yang menyempit.

Untuk menjaga sirkulasi darah ini tetap lancar, selain mandi air hangat Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas lainnya. Mulai dari olahraga rutin, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mengonsumsi makanan dan minuman sehat, hingga menghindari stres berlebihan.

2. Mengobati Nyeri Sendi dan Otot

Tubuh Anda yang mengalami pegal-pegal biasanya karena terjadi sesuatu pada sendi dan otot Anda. Jika itu terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan mandi atau berendam air hangat secara berkala.

Adapun manfaat ini dapat mengatasi sejumlah kondisi seperti mencegah keram pada otot yang berlebihan, mengurangi nyeri akibat robekan pada otot, mengobati nyeri pada sendi, dan menghilangkan pegal-pegal.

Sensasi hangat ini dapat merangsang sirkulasi dan aliran darah yang sekaligus melonggarkan persendian yang tegang. Juga, dapat memberi sensasi rileks pada tubuh Anda secara keseluruhan.

3. Membuka Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit di area tubuh dan wajah Anda akan terbuka saat terkena air hangat. Pori-pori yang tersumbat ini menjadi penyebab munculnya noda dan penumpukan racun di kulit. Dalam hal ini, air hangat akan mengangkat kotoran tersebut hingga ke permukaan kulit.

Saat kotoran naik ke permukaan, artinya akan membuat kulit lebih mudah untuk dibersihkan. Langsung bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori di seluruh tubuh Anda.

4. Mengobati Sakit Leher dan Bahu

Mengobati Sakit Leher dan Bahu

Selain pijat, mengobati leher yang sakit dan bahu yang kaku dapat Anda lakukan dengan mandi air hangat. Biarkan air hangat mengalir di kedua area ini selama 10 menit untuk mengendurkan otot.

Saat mandi, sebaiknya Anda menggerakan otot dan bahu juga agar otot makin mengendur dan tidak kaku lagi. Meskipun mungkin cara ini tidak akan menyembuhkan sakit secara maksimal, setidaknya dapat merangsang penyembuhan dan mengurangi peradangan.

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Sebuah studi menemukan bahwa khasiat mandi air hangat dapat meredakan kekakuan pada pembuluh nadi. Jika pembuluh nadi kaku, maka kinerja organ-organ tubuh lainnya pun terganggu. Akibat yang paling serius dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Sebab itulah terapi air hangat ini dapat membantu melancarkan pembuluh darah. Juga dapat mencegah Anda mengalami risiko tekanan darah yang tinggi. Selain itu, mandi air hangat tentunya akan memberi sensasi segar pada tubuh.

6. Menjaga Mood Tetap Stabil

Sejumlah orang dapat merasakan mood yang lebih stabil setelah mandi dengan air hangat. Khasiat ini dapat dirasakan karena terjadi penurunan suhu tubuh yang membuat tubuh Anda lebih rileks dan tenang.

Namun, jangan mandi air hangat terlalu lama, karena dapat mengeringkan kulit. Saat mandi, pastikan air hangat mengaliri area-area penting seperti ketiak, pangkal paha, dan kaki untuk mencegah kekeringan.

7. Membakar Kalori Tubuh

Studi yang dilakukan para ilmuwan Loughborough University, menemukan bahwa efek mandi air hangat dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kalori yang ada dalam tubuh Anda akan terbakar.

Kalori yang terbakar setara dengan sekitar 140 kalori atau berjalan kaki selama setengah jam. Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

Kapan Sebaiknya Mandi Air Hangat?

Untuk menemukan waktu terbaik mandi air hangat, para peneliti mencari jawabannya dalam lebih dari 5.000 studi. Hasilnya, waktu terbaik untuk mandi air hangat adalah malam hari, tepatnya 1-2 jam sebelum tidur.

Meskipun sebenarnya mandi air hangat dapat dilakukan kapan saja. Tetapi, mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur serta mencegah insomnia.

Walau memberi khasiat yang bermanfaat, perlu diingat agar tidak berlama-lama saat mandi air hangat. Idealnya, Anda dapat mandi 10 menit saja.

Bolehkah Sering Mandi Air Hangat?

Mandi air hangat sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, karena berpotensi memperburuk kondisi lain. Kondisi yang dimaksud seperti mengiritasi kulit, memperparah eksem, dan berisiko menimbulkan rasa gatal.

Suhu yang terlalu panas pada air hangat dapat meningkatkan risiko kerusakan pada sel keratin di lapisan kulit terluar. Hal ini menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembapan dan berakhir menjadi kulit kering, bahkan dapat merangsang eksem di tubuh Anda kambuh.

Tidak hanya itu, suhu yang terlalu panas juga membuat kadar histamin pada kulit lepas atau luruh. Kondisi inilah yang kemudian akan menimbulkan rasa gatal pada tubuh. Jadi, mandi air hangat itu boleh, tetapi tidak terlalu sering dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4 Tips Mandi Air Hangat Agar Khasiatnya Maksimal

 

Tips Mandi Air Hangat Agar Khasiatnya Maksimal

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda praktekkan agar mandi air hangat ini khasiatnya maksimal. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

1. Pastikan Suhu Air Tidak Terlalu Panas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, suhu air yang terlalu panas dapat berdampak buruk terhadap kulit Anda. Maka dari itulah, pakar kesehatan kulit dari Amerika menyarankan sebaiknya suhu air hangat tersebut di bawah 40 derajat Celcius.

2. Tambahkan Minyak Esensial

Ketika Anda ingin berendam air hangat, sangat dianjurkan menambahkan beberapa tetes minyak esensial. Ada minyak zaitun, minyak kelapa murni, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk memberikan sensasi rileks dan segar pada tubuh Anda.

3. Hindari Mengeringkan Tubuh dengan Cara Digosok

Setelah mandi air hangat, sebaiknya Anda keringkan tubuh dengan handuk yang halus dan lembut dan tidak digosok. Cukup tepuk-tepuk tubuh Anda dengan tujuan tidak merusak jaringan terluar kulit yang baru saja terkena paparan air hangat.

4. Gunakan Pelembap

Penting mengaplikasikan pelembap pada tubuh Anda setelah mandi air hangat. Hal ini berguna untuk mengembalikan kelembapan alami kulit, terutama Anda yang memiliki kulit kering.

Itulah beberapa khasiat mandi air hangat bagi kesehatan tubuh Anda. Agar mandi air hangat ini mudah dilakukan, sebaiknya Anda memiliki water heater. Sebab, memasak air secara manual memakan waktu yang cukup lama dan belum tentu airnya cukup.Anda dapat memilih water heater sesuai kebutuhan di Rheem. Hubungi kami sekarang juga untuk menemukan solusi water heater Anda.

By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK