Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

15 Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

| Kamis Oktober 19, 2023
Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah lelah beraktivitas seharian, paling nikmat memang mandi atau berendam air hangat. Hal ini karena khasiat air hangat yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

Biasanya, orang-orang mandi air hangat ketika cuaca sedang dingin. Padahal, Anda dapat melakukannya kapan saja, baik itu pagi hari, sore, hingga malam hari tanpa terpaku pada kondisi cuaca.

Seperti yang Anda ketahui, mandi air hangat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan sirkulasi darah hingga membakar kalori tubuh. Nah, untuk mengetahui khasiat dan manfaat mandi air hangat secara lebih dalam, simak ulasannya di bawah ini.

15 Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Mengobati Sakit Leher dan Bahu

Diketahui, mandi air hangat cukup baik untuk kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang panjang. Lalu, apa saja khasiat tersebut? Mari simak sederet khasiat mandi air hangat bagi kesehatan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Berendam Air Panas untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mandi air hangat dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh Anda. Apabila sirkulasi darah ini lancar, maka Anda akan terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti gagal jantung dan stroke. Pasalnya kedua penyakit ini kerap terjadi disebabkan adanya pembuluh darah yang menyempit.

Untuk menjaga sirkulasi darah ini tetap lancar, selain mandi air hangat Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas lainnya. Mulai dari olahraga rutin, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mengonsumsi makanan dan minuman sehat, hingga menghindari stres berlebihan.

2. Mengobati Nyeri Sendi dan Otot

Tubuh Anda yang mengalami pegal-pegal biasanya karena terjadi sesuatu pada sendi dan otot Anda. Jika itu terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan mandi atau berendam air hangat secara berkala.

Adapun manfaat ini dapat mengatasi sejumlah kondisi seperti mencegah keram pada otot yang berlebihan, mengurangi nyeri akibat robekan pada otot, mengobati nyeri pada sendi, dan menghilangkan pegal-pegal.

Sensasi hangat ini dapat merangsang sirkulasi dan aliran darah yang sekaligus melonggarkan persendian yang tegang. Juga, dapat memberi sensasi rileks pada tubuh Anda secara keseluruhan.

3. Membuka Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit di area tubuh dan wajah Anda akan terbuka saat terkena air hangat. Pori-pori yang tersumbat ini menjadi penyebab munculnya noda dan penumpukan racun di kulit. Dalam hal ini, air hangat akan mengangkat kotoran tersebut hingga ke permukaan kulit.

Saat kotoran naik ke permukaan, artinya akan membuat kulit lebih mudah untuk dibersihkan. Langsung bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori di seluruh tubuh Anda.

4. Mengobati Sakit Leher dan Bahu

Selain pijat, mengobati leher yang sakit dan bahu yang kaku dapat Anda lakukan dengan mandi air hangat. Biarkan air hangat mengalir di kedua area ini selama 10 menit untuk mengendurkan otot.

Saat mandi, sebaiknya Anda menggerakan otot dan bahu juga agar otot makin mengendur dan tidak kaku lagi. Meskipun mungkin cara ini tidak akan menyembuhkan sakit secara maksimal, setidaknya dapat merangsang penyembuhan dan mengurangi peradangan.

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Sebuah studi menemukan bahwa khasiat mandi air hangat dapat meredakan kekakuan pada pembuluh nadi. Jika pembuluh nadi kaku, maka kinerja organ-organ tubuh lainnya pun terganggu. Akibat yang paling serius dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Sebab itulah terapi air hangat ini dapat membantu melancarkan pembuluh darah. Juga dapat mencegah Anda mengalami risiko tekanan darah yang tinggi. Selain itu, mandi air hangat tentunya akan memberi sensasi segar pada tubuh.

6. Menjaga Mood Tetap Stabil

Sejumlah orang dapat merasakan mood yang lebih stabil setelah mandi dengan air hangat. Khasiat ini dapat dirasakan karena terjadi penurunan suhu tubuh yang membuat tubuh Anda lebih rileks dan tenang.

Namun, jangan mandi air hangat terlalu lama, karena dapat mengeringkan kulit. Saat mandi, pastikan air hangat mengaliri area-area penting seperti ketiak, pangkal paha, dan kaki untuk mencegah kekeringan.

7. Membakar Kalori Tubuh

Studi yang dilakukan para ilmuwan Loughborough University, menemukan bahwa efek mandi air hangat dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kalori yang ada dalam tubuh Anda akan terbakar.

Kalori yang terbakar setara dengan sekitar 140 kalori atau berjalan kaki selama setengah jam. Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

8. Menjaga Fungsi Otak

Mandi dengan air panas atau hair hangat dapat menjaga fungsi otak. Dengan mandi air panas dapat melancarkan dan menjaga kesehatan otak. Karena efek uap yang dihasilkan oleh air panas dapat menjaga sel-sel dalam otak dan tulang sumsum belakang.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat mandi dengan air hangat dapat melancarkan peredaran darah pada penderita gagal jantung. Jika terkena air panas maka pembuluh darah akan melebar. Bukan hanya itu saja, bahkan mandi dengan air panas dapat meredakan pembuluh darah yang kaku.

10. Mengobati Sakit Kepala

Beberapa jenis sakit kepala bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Dengan mandi dengan air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, termasuk yang berada di kepala. Oleh karena itu, tekanan pada pembuluh darah tersebut bisa berkurang dan membantu mengurangi gejala sakit kepala. Dalam waktu hanya 5-10 menit mandi air hangat, Anda dapat merasakan perubahan positif ini dalam kesejahteraan tubuh secara keseluruhan

11. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut Institut Jantung, Paru-paru, dan Darah Nasional mandi air hangat atau mandi sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Telah terbukti bahwa mandi air hangat dapat membantu merilekskan tubuh, yang pada nantinya bisa meningkatkan kualitas tidur. Meskipun memiliki banyak manfaat, penting untuk membatasi lamanya mandi air hangat agar tidak berlebihan. Disarankan untuk tidak berendam dalam air hangat selama lebih dari 10 menit.

12. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah suatu kondisi ketika usus tidak bergerak dengan lancar, sehingga menyebabkan sulit untuk buang air besar. Kondisi sembelit dapat berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara untuk mengatasi sembelit adalah dengan mandi menggunakan air hangat, tetapi dengan menambahkan bahan tambahan, yaitu garam Epsom. Mandi dalam air hangat yang dicampur dengan garam Epsom telah diyakini dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

13. Menurunkan Berat Badan

Mandi air hangat juga berperan dalam membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan hasil penelitian, berendam dalam air hangat secara teratur dapat efektif menurunkan kadar gula darah dan glukosa. Manfaat ini bisa dirasakan dengan konsistensi.

Inilah yang menjadikan mandi air hangat bermanfaat dalam proses penurunan berat badan. Anda dapat mencoba berendam dalam air hangat selama 20 hingga 30 menit, melakukannya hingga 6 kali dalam seminggu. Namun, proses ini juga didukung dengan gaya hidup sehat.

14. Meredakan Sensasi Nyeri pada Tubuh

Manfaat beriktunya adalah meredakan sensasi rasa nyeri pada tubuh. Berendam dalam air hangat dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada tubuh. Mandi dengan air hangat dapat menghasilkan efek relaksasi pada otot, yang pada akhirnya mengurangi rasa sakit pada tubuh. Manfaat ini dapat dinikmati oleh siapa pun secara umum.

15. Meredakan Gejala Wasir

Wasir adalah pembengkakan pada pembuluh darah yang terjadi di usus besar, kondisi ini dapat mempengaruhi berbagai usia, tetapi lebih sering menyebabkan keluhan pada individu yang lebih tua, umumnya di atas usia 50 tahun.

Wasir tidak selalu menyebabkan gejala, tetapi ketika keluhannya muncul, penderita akan merasa tidak nyaman, seperti gatal di sekitar anus.

Mandi air hangat memiliki manfaat untuk meredakan gejala wasir. Orang yang mengalami wasir dapat meredakan ketidaknyamanan dan gatal-gatal dengan berendam dalam air hangat.

Baca Juga: Apakah Air Panas Bisa Menghilangkan Gatal? Ini Dia Jawabannya!

Kapan Sebaiknya Mandi Air Hangat?

Untuk menemukan waktu terbaik mandi air hangat, para peneliti mencari jawabannya dalam lebih dari 5.000 studi. Hasilnya, waktu terbaik untuk mandi air hangat adalah malam hari, tepatnya 1-2 jam sebelum tidur.

Meskipun sebenarnya mandi air hangat dapat dilakukan kapan saja. Tetapi, mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur serta mencegah insomnia.

Walau memberi khasiat yang bermanfaat, perlu diingat agar tidak berlama-lama saat mandi air hangat. Idealnya, Anda dapat mandi 10 menit saja.

Bolehkah Sering Mandi Air Hangat?

Mandi air hangat sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, karena berpotensi memperburuk kondisi lain. Kondisi yang dimaksud seperti mengiritasi kulit, memperparah eksem, dan berisiko menimbulkan rasa gatal.

Suhu yang terlalu panas pada air hangat dapat meningkatkan risiko kerusakan pada sel keratin di lapisan kulit terluar. Hal ini menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembapan dan berakhir menjadi kulit kering, bahkan dapat merangsang eksem di tubuh Anda kambuh.

Tidak hanya itu, suhu yang terlalu panas juga membuat kadar histamin pada kulit lepas atau luruh. Kondisi inilah yang kemudian akan menimbulkan rasa gatal pada tubuh. Jadi, mandi air hangat itu boleh, tetapi tidak terlalu sering dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4 Tips Mandi Air Hangat Agar Khasiatnya Maksimal

Tips Mandi Air Hangat Agar Khasiatnya Maksimal

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda praktekkan agar mandi air hangat ini khasiatnya maksimal. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

1. Pastikan Suhu Air Tidak Terlalu Panas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, suhu air yang terlalu panas dapat berdampak buruk terhadap kulit Anda. Maka dari itulah, pakar kesehatan kulit dari Amerika menyarankan sebaiknya suhu air hangat tersebut di bawah 40 derajat Celcius.

2. Tambahkan Minyak Esensial

Ketika Anda ingin berendam air hangat, sangat dianjurkan menambahkan beberapa tetes minyak esensial. Ada minyak zaitun, minyak kelapa murni, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk memberikan sensasi rileks dan segar pada tubuh Anda.

3. Hindari Mengeringkan Tubuh dengan Cara Digosok

Setelah mandi air hangat, sebaiknya Anda keringkan tubuh dengan handuk yang halus dan lembut dan tidak digosok. Cukup tepuk-tepuk tubuh Anda dengan tujuan tidak merusak jaringan terluar kulit yang baru saja terkena paparan air hangat.

4. Gunakan Pelembap

Penting mengaplikasikan pelembap pada tubuh Anda setelah mandi air hangat. Hal ini berguna untuk mengembalikan kelembapan alami kulit, terutama Anda yang memiliki kulit kering.

Baca Juga: Sering Diremehkan, Ini Dia 8 Manfaat Air Hangat untuk Tubuh

Kesimpulan

Itulah beberapa khasiat dari mandi air hangat untuk kesehatan Anda. Namun, apakah ada cara yang lebih praktis untuk merasakan kenyamanan mandi air hangat? Dengan memilih water heater yang berkualitas, Anda dapat meningkatkan pengalaman mandi air hangat Anda menjadi lebih nyaman dan mudah.

Anda dapat memilih water heater sesuai kebutuhan di Rheem. Hubungi kami sekarang juga untuk menemukan solusi water heater Anda.

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju