Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

12 Manfaat Air Hangat untuk Tubuh Sehat

| Selasa November 7, 2023
Sering Diremehkan, Ini Dia 8 Manfaat Air Hangat untuk Tubuh

Ada banyak sekali manfaat air hangat untuk tubuh yang bisa Anda rasakan ketika mandi atau berendam menggunakannya. Selain itu, memang ada banyak juga orang-orang yang tidak tahan mandi dengan air dingin, jadi mandi dengan air hangat ini memang menjadi pilihan yang tepat bagi mereka.

Setelah melakukan aktivitas yang melelahkan seharian, mandi dengan air hangat memang akan dapat membuat tubuh Anda rileks dan lebih segar setelahnya. Lantas, apa saja sih manfaat air hangat untuk tubuh yang lainnya? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

12 Manfaat Air Hangat Bagi Tubuh

12 Manfaat Air Hangat Bagi Tubuh

Ada banyak sekali manfaat air hangat bagi tubuh yang dapat Anda rasakan, maka dari itu sudah ada banyak sekali orang yang biasa menggunakan air hangat ketika mandi. Berikut ini adalah beberapa manfaat air hangat bagi tubuh.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Mandi Air Hangat.

1. Meningkatkan Pernapasan

Meningkatkan Pernapasan

Manfaat mandi air hangat bagi tubuh yang pertama adalah untuk meningkatkan pernapasan. Mandi dengan air hangat dapat meningkatkan asupan oksigen dan kapasitas paru-paru. Selain itu, sama seperti efek ketika Anda melakukan sauna, mandi dengan air hangat juga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kontrol tubuh terhadap gula darah.

2. Meningkatkan Mood dan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Mood dan Kekebalan Tubuh

Ketika Anda mandi dengan air hangat, kulit yang bersentuhan dengan air hangat tersebut akan merilis hormon endorfin yang berguna untuk meningkatkan mood dan kekebalan tubuh. Selain itu, aliran darah yang ada di kulit juga akan meningkat dan Anda akan merasa lebih segar setelahnya.

Suhu tubuh yang meningkat karena mandi dengan air hangat juga dapat membuat denyut jantung meningkat dan sel neuron yang ada di tubuh Anda menjadi lebih peka. Ketika mandi dengan air hangat, Anda juga dapat mencoba mencampurkan garam untuk mendapatkan sensasi yang lebih menyegarkan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mandi dan berendam menggunakan air hangat dapat membakar kurang lebih 126 kalori per jam. Selain itu, penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa mandi air hangat dapat menghindari lonjakan gula darah setelah Anda makan.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat air hangat untuk tubuh yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Setelah mandi dengan air hangat, biasanya Anda akan menjadi lebih cepat mengantuk hingga tertidur. Selain itu, kualitas tidur Anda juga akan meningkat karena tubuh akan terasa lebih segar setelah mandi dengan air hangat.

Ketika Anda mandi atau berendam dengan air hangat, temperatur tubuh akan meningkat. Kemudian, setelah keluar dari kamar mandi, temperatur tubuh akan turun. Hal tersebut akan memberi sinyal kepada otak bahwa tubuh Anda sudah siap untuk tidur. Maka dari itu, mandi dengan air hangat dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

5. Meredakan Rasa Kelelahan

Meredakan Rasa Kelelahan

Berendam dengan air hangat sudah terbukti dapat meredakan tingkat kelelahan seseorang. Ketika tubuh Anda tenggelam di dalam bak air hangat, otot-otot yang tegang karena kelelahan akan menjadi lebih rileks. Hasilnya, rasa kelelahan yang dirasakan tubuh Anda bisa diredakan. Berendam dengan air hangat ini sangat cocok untuk Anda yang selalu merasa kelelahan setelah beraktivitas seharian.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat air hangat untuk tubuh yang tidak kalah pentingnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ketika Anda mandi atau berendam dengan air hangat, peredaran darah yang ada di tubuh Anda akan lebih lancar. Hasilnya, jantung Anda akan dapat bekerja dengan lebih maksimal dan kesehatannya pun meningkat. Selain itu, berendam dengan air hangat juga dapat meredakan pembuluh darah yang kaku.

7. Meredakan Hidung Tersumbat

Meredakan Hidung Tersumbat

Ketika Anda pilek atau flu, mandi atau berendam dengan air hangat dapat meredakan gejala hidung yang tersumbat. Uap panas yang dihasilkan dapat membantu lendir yang menyumbat hidung akan keluar dengan lebih lancar saat Anda mandi atau berendam dengan air hangat. Hasilnya hidung Anda yang tersumbat pun bisa teratasi.

8. Meningkatkan Kinerja Otak

Meningkatkan Kinerja Otak

Di dalam otak Anda, ada sebuah protein yang disebut dengan Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF). Protein BDNF ini memiliki banyak fungsi untuk otak Anda, beberapa di antaranya adalah kemampuannya untuk meningkatkan kemampuan otak dalam belajar dan mengingat informasi, serta merawat dan memperbaiki sel-sel saraf di otak Anda. Tidak hanya itu, mandi menggunakan air panas terbukti dapat menstimulasi BNDF yang ada di otak Anda. Dengan begitu, kinerja otak Anda akan meningkat setelah mandi dengan air hangat.

9. Menurunkan Stres

Rutinitas sehari-hari yang dijalani seringkali menimbulkan stres dan kecemasan yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental. Mandi air hangat dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Saat mandi air hangat, momen pribadi ini membawa ketenangan, memungkinkan kita untuk melepaskan beban pikiran, dan meredakan stres serta kecemasan yang dirasakan. Uap air hangat juga memiliki kemampuan untuk merelaksasi otot-otot wajah, sehingga memberikan perasaan rileks secara keseluruhan.

10. Membersihkan Kulit dari Kotoran dan Minyak Berlebih

Selain memberikan manfaat bagi tubuh, mandi dengan air hangat juga memberikan kebaikan bagi kulit. Suhu air hangat membantu membuka pori-pori dan membersihkan kotoran serta minyak berlebih yang terperangkap di kulit. Ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat pada tubuh, menjaga kulit tetap bersih dan segar.

Baca Juga: Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Bruntusan di Wajah dan Tubuh?

11. Memberikan Waktu Pribadi yang Santai dan Menenangkan

Mandi dengan air hangat bisa menjadi waktu pribadi yang diperlukan untuk merenung dan bersantai di tengah kesibukan sehari-hari. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk bermeditasi atau sekadar melepaskan beban pikiran yang mengganggu. Setelah mandi air hangat, Anda akan merasa lebih segar dan siap menghadapi hari yang baru.

12. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lancar memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mandi dengan air hangat dapat melebarkan pembuluh darah, mengakibatkan peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini membuktikan bahwa setiap organ penting mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang mencukupi, sehingga tubuh menjadi lebih energik dan beroperasi dalam kondisi optimal.

3 Tips Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan

Tips Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan

Mandi atau berendam dengan air hangat memang dapat meningkatkan kesehatan dari tubuh Anda. Walaupun begitu, Anda tidak boleh sembarangan mandi atau berendam dengan air hangat karena jika terlalu lama atau temperaturnya terlalu tinggi maka hal tersebut dapat membahayakan tubuh Anda.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari air hangat, berikut ini adalah beberapa tips mandi atau berendam dengan air hangat untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Waktu Terbaik Untuk Mandi Air Hangat

Dengan banyaknya manfaat mandi air hangat yang bisa Anda rasakan, ada waktu terbaik mandi air hangat yang bisa memaksimalkan manfaat yang Anda rasakan. Beberapa penelitian yang dilakukan perihal mandi air hangat ini telah menemukan bahwa waktu terbaik untuk mandi air hangat adalah satu hingga dua jam sebelum tidur.

Walaupun memang ada banyak sekali manfaat mandi air hangat yang bisa dirasakan, tetapi Anda tidak boleh berlama-lama ketika melakukannya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya Anda hanya mandi air hangat dengan durasi tidak lebih dari 10 menit. Jika terlalu lama, kulit Anda akan menjadi rusak dan temperatur tubuh bisa turun secara tiba-tiba dan membuat Anda rentan sakit.

2. Temperatur Terbaik Untuk Mandi Air Hangat

Selain perihal waktu, Anda juga harus memperhatikan temperatur dari air hangat yang digunakan untuk mandi atau berendam. Agar Anda bisa merasakan manfaat air hangat dengan lebih maksimal, temperatur ideal yang dapat Anda gunakan adalah maksimal 40 derajat Celcius. Jika lebih dari itu, ada kemungkinan hal tersebut dapat membuat kulit Anda terbakar.

Baca Juga: Berapa Suhu Ideal Mandi Air Panas

3. Gunakan Sabun yang Mengandung Pelembap

Ketika Anda mandi menggunakan sabun, minyak alami yang ada di kulit Anda akan terkikis habis, apalagi jika sabun tersebut dibilas dengan air hangat. Maka dari itu, jika Anda ingin mandi dengan air hangat, pastikan Anda menggunakan sabun yang mengandung pelembap agar minyak alami yang ada di kulit Anda akan tetap terjaga.

Kesimpulan

Mandi dengan air hangat memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh. Manfaat seperti memberikan sensasi relaksasi, air hangat juga dapat meningkatkan pernapasan, mood, dan kekebalan tubuh, dan manfaat lainnya. Tentu, penting untuk memperhatikan waktu dan temperatur yang sesuai saat mandi air hangat, serta menggunakan sabun yang mengandung pelembap untuk menjaga kesehatan kulit.

Jika Anda ingin mandi air hangat dengan lebih mudah, Anda dapat menggunakan water heater. Selain memudahkan mendapatkan air hangat untuk mandi, water heater juga dapat menjaga temperatur air hangat stabil agar tidak membuat kulit Anda terbakar ketika menggunakannya untuk mandi atau berendam.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan water heater, Anda dapat menemukannya di  Rheem. Hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai seluruh produk water heater Rheem. Semoga penjelasan mengenai manfaat air hangat untuk tubuh serta tips mandi dengan air hangat ini dapat membantu Anda ya!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju