Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

5 Manfaat Berendam Air Panas untuk Kesehatan

| Friday July 15, 2022
manfaat berendam air panas

Mungkin terdengar sepele, tetapi manfaat berendam air panas pada kenyataannya sangat menguntungkan bagi tubuh. Pada beberapa negara, kebiasaan berendam air hangat bahkan dijadikan peluang usaha mengingat tingginya minat pasar.

Berendam di air panas dapat membantu mengurangi rasa sakit pada beberapa bagian tubuh sehingga baik untuk dilakukan oleh orang tua dan dipercaya menjadi terapi pada masalah persendian dan otot.

Tak hanya kesehatan fisik, berendam air hangat juga berdampak pada kesehatan mental. Bahkan berendam dengan menggunakan air hangat direkomendasikan untuk dilakukan dengan rentang waktu tertentu secara berkala untuk menciptakan ketenangan atau melepas lelah sehingga metabolisme tubuh akan meningkat.

Dalam satu kegiatan berendam, Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat berupa kebersihan. Pada artikel kali ini, Rheem akan membagikan 5 manfaat berendam air panas lainnya untuk Anda.

5 Manfaat Berendam Air Panas

Tak sekedar sebagai pilihan air yang digunakan untuk membersihkan badan dan menghangatkan badan saat dingin, air panas memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut merupakan manfaat dari berendam air panas:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Melakukan kegiatan berendam dengan menggunakan air panas dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini akan berdampak baik pada kesehatan jantung. Selain itu, mandi air panas dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mendorong bertambahnya kecepatan detak jantung seperti saat sedang berolahraga.

Terjadinya pelebaran pembuluh darah akan membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh. Lancarnya sirkulasi darah akan bisa mencegah risiko penyakit terutama pada jantung.

2. Relaksasi Otot dan Menciptakan Tidur yang Berkualitas

Saat berendam di air panas, hal pertama yang akan terasa adalah mengurangi ketegangan pada otot. Sehingga, dapat membantu memberikan ketenangan pada seluruh badan dan menciptakan tidur yang berkualitas.

Berendam pada air panas dipercaya dapat membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan beban pikiran. Hal tersebut juga membantu Anda untuk mendapatkan tidur lebih nyenyak. Air panas juga berguna mengurangi nyeri pada sendi.

3. Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

Bagi penderita penyakit diabetes, merendam badan pada air panas dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini dikarenakan suhu panas dapat membantu mengelola gula dalam darah agar berada pada kadar normal.

4. Mengurangi Stres

Banyaknya beban pikiran dan kegiatan yang dilakukan dapat memicu datangnya stres. Berendam air panas dapat membantu mengurangi hal tersebut. Apabila dilakukan dengan durasi yang tepat, otot pada tubuh akan meregang dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Ketika tubuh menerima tanda tersebut, maka otak akan memproduksi hormon oksitosin dan memberikan perintah untuk sejenak beristirahat pada tubuh.

Sebagian penelitian mengatakan berendam air panas dapat membantu mengelola emosi pada seseorang yang depresi. Dikarenakan adanya penurunan hormon stres serta keseimbangan pada kadar serotonin, membantu mengatur pikiran dan perasaan seseorang.

5. Membantu Menyembuhkan Luka dan Menghilangkan Racun

Efek ketenangan yang diciptakan air panas tidak hanya berdampak pada organ tubuh saja, namun juga pada luka dan rasa sakit. Merendam luka dengan menggunakan air panas serta garam dapat membantu menyembuhkan luka serta meredakan rasa sakit pada bagian di sekitar luka.

Metode ini dapat dilakukan pada luka yang dapat terkena air, tidak berlaku pada jenis luka yang tidak disarankan dokter untuk terkena air. Selain itu, berendam pada air panas dengan waktu yang sesuai dapat membantu menghilangkan racun melalui pori-pori yang terbuka dan keringat yang dihasilkan karena suhu panas.

Pastikan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berlebih saat berendam, hal ini akan menghambat proses penyembuhan luka dan keluarnya racun dari tubuh.

Waktu yang Baik Untuk Berendam Air Panas

waktu yang baik berendam air panas

Berbagai manfaat yang ditimbulkan oleh air panas tentu akan maksimal apabila dilakukan dengan durasi waktu tertentu. Jika terlalu lama, maka yang didapatkan bukanlah manfaat melainkan dampak buruk seperti kulit kering, terbakar, hingga menyebabkan tekanan darah tiba-tiba menurun.

Berapa Lama Harus Berendam Untuk Mendapatkan Khasiat Maksimal?

Untuk merasakan manfaat air panas, Anda dapat berendam selama 10 hingga 15 menit saja. Saat berendam, usahakan untuk tetap bergerak sesekali. Jika mulai dirasa tidak nyaman dan tubuh mulai berkeringat, segera keluar dari tempat berendam dan keringkan badan menggunakan handuk yang berbahan lembut.

Air panas menyebabkan seluruh pori-pori pada kulit terbuka dan dapat menyebabkan kulit terasa kering. Apabila hal serupa terjadi, gunakan pelembap untuk mengembalikan kelembapan tubuh.

Berendam di air panas dengan jangka waktu yang terlalu lama dan menggunakan air dengan suhu terlalu panas akan menghasilkan banyak dampak negatif pada tubuh, terutama perubahan fisiologis pada tubuh baik dalam skala kecil atau bahkan dapat menghasilkan konsekuensi serius.

Panduan Suhu Air Panas Yang Baik Untuk Berendam

suhu berendam air panas

Pada remaja hingga orang dewasa yang tidak sedang berada pada keadaan khusus, dapat berendam pada air panas dengan suhu air tidak melebihi 40 derajat celcius. Apabila dilakukan dengan suhu di atas 42 derajat celcius, tubuh akan mengalami iritasi dan luka pada kulit serta menyebabkannya menjadi lebih kering. Berendam air panas pada bayi dapat dilakukan dengan suhu maksimal 32 derajat celsius.

Sedangkan pada wanita yang sedang hamil, dapat dilakukan dengan suhu maksimal 37 derajat celsius.  Namun, aktivitas berendam air panas sangat tidak disarankan untuk dilakukan pada usia awal kehamilan karena dapat menyebabkan risiko pada pertumbuhan bayi. Ibu hamil juga rawan terkena hipertermia karena peningkatan suhu badan yang tinggi akibat berendam air panas terlalu sering.

Pilih Water Heater yang Tepat Untuk Kamar Mandi Anda!

Kegiatan berendam sangat disarankan untuk dilakukan di rumah. Untuk mendukung kegiatan ini dibutuhkan sebuah water heater yang akan menyediakan air panas tanpa perlu memasak air terlebih dahulu. Pilih water heater yang berkualitas dan aman untuk kamar mandi Anda.

Sesuaikan ukuran water heater dengan kebutuhan penggunaan dan kekuatan daya listrik rumah. Gunakan water heater yang memiliki ketahanan panas, awet, serta anti korosi seperti Rheem 85V Series Floor Mounted Electric Water Heater. Produk Rheem tersebut memiliki desain tangki yang terisolasi dengan insulasi busa sehingga mengurangi kehilangan panas konduktif.

Demikian merupakan penjelasan mengenai manfaat berendam air panas. Perhatikan waktu dan suhu air panas untuk menghindari bahaya iritasi pada kulit. Selain itu, gunakan water heater yang awet dan mengalirkan air panas sesuai dengan suhu tertentu seperti pada produk Rheem.

Rheem memiliki berbagai produk water heater kualitas pilihan dengan harga terjangkau dan tampilan yang elegan. Hubungi kami sekarang dan rasakan pengalaman berendam air hangat dengan produk water heater berkualitas dari Rheem.

By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK