Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

7 Manfaat Mandi Air Hangat Dicampur Garam yang Jarang Diketahui

| Friday July 22, 2022
manfaat mandi air hangat dicampur garam

Terdapat beberapa manfaat mandi air hangat dicampur garam, salah satunya bisa mencegah insomnia. Garam seperti yang diketahui, sering digunakan sebagai penyedap rasa yang ternyata memiliki banyak kegunaan. Selain mencegah insomnia, mandi air hangat dicampur garam dapat merelaksasi otot tubuh.

Kandungan mineral pada garam seperti potassium, kalsium, sodium, dan silikon sangat dibutuhkan oleh tubuh dan kulit. Untuk itu, mandi air hangat dengan campuran garam sangat dianjurkan. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaatnya, simak penjelasan di bawah ini.

7 Manfaat Mandi Air Hangat Dicampur Garam

Mandi air hangat sekilas terdengar biasa saja. Mengingat hal itu merupakan aktivitas yang biasa orang-orang lakukan. Tetapi akan berbeda jika Anda mencampurnya dengan garam.

Air hangat yang dicampur garam tidak hanya akan membersihkan tubuh Anda dari kotoran, tetapi ada manfaat kesehatan yang mungkin jarang Anda ketahui. Apa sajakah itu? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tubuh Rileks dan Menghilangkan Pegal

Mandi air hangat dengan campuran garam dapat meminimalisir stres dan membuat tubuh Anda rileks. Dalam hal ini, garam memberi suplai ion positif terhadap tubuh yang berguna menurunkan ketegangan yang diakibatkan stres.

Untuk mendapat sensasi relaksasi yang lebih maksimal, Anda dapat menambahkan beberapa bahan alami seperti lavender yang memiliki aroma terapi. Aroma ini membantu pikiran Anda lebih rileks dan tenang. Ketika tubuh dan pikiran Anda rileks, pegal-pegal di tubuh pun akan ikut menghilang.

2. Detoksifikasi Tubuh

Air hangat dengan campuran garam yang mengalir pada tubuh dapat membantu meremajakan dan melembapkan kulit. Larutan garam tersebut akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh ke permukaan kulit.

Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda berendam menggunakan air hangat yang dicampur garam tersebut. Tidak perlu lama-lama, Anda bisa berendam sekitar 10-15 menit saja. Lalu, keringkan tubuh Anda menggunakan handuk dan rasakan sensasi kelembapan kulit tubuh Anda.

detosifikasi tubuh

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ternyata manfaat mandi air hangat dicampur garam dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda, lho! Menurut sebuah studi pada 2014, air hangat dapat meningkatkan aliran darah pada penderita gagal jantung. Pembuluh darah akan melebar saat terekspos temperatur tinggi.

Selain itu, studi tersebut menyebutkan kalau air hangat dapat meredakan pembuluh darah yang kaku. Studi itu memperlihatkan seorang partisipan yang memasukkan sebagian kakinya ke dalam air hangat selama setengah jam. Pembuluh darah partisipan tersebut pun sedikit demi sedikit melebar dan tidak kaku lagi.

4. Mengatasi Insomnia

Kandungan magnesium yang terdapat pada garam dipercaya dapat merangsang tubuh yang menimbulkan rasa kantuk. Pasalnya, magnesium tersebut dapat membantu tubuh memproduksi hormon melatonin yang akan membuat Anda merasa ngantuk.

Untuk itu, bagi Anda yang sering mengalami insomnia dianjurkan mandi air hangat dengan campuran garam tersebut. Insomnia sendiri biasanya terjadi karena pikiran Anda yang stres, sehingga membuat Anda sulit tidur.

Dalam hal ini, air hangat dengan campuran garam dapat membantu mengembalikan kesulitan tidur Anda dengan membuat tubuh Anda lebih rileks.

5. Mengatasi Flu dan Sakit Kepala

Ketika Anda sedang flu dan sakit kepala, sebaiknya mencoba mandi air hangat yang dicampur dengan garam. Sebab, hal ini memungkinkan Anda untuk menghirup uap air sebagai dekongestan atau obat pernafasan alami.

Menariknya lagi, mandi air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah menuju otak. Sebab itulah sakit kepala Anda akan berkurang. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menambahkan aroma terapi seperti peppermint guna membuat Anda merasa lebih rileks.

6. Meredakan Iritasi Kulit

Peradangan atau iritasi kulit seperti eksem, dermatitis kontak, psoriasis, dan kutu air dapat Anda atasi dengan mandi air hangat yang dicampur garam. Senyawa yang terdapat dalam garam telah terbukti secara ilmiah dapat meredakan berbagai peradangan yang terjadi pada kulit.

Jenis garam yang dapat Anda gunakan yaitu garam epsom atau garam laut. Jika tidak menemukan garam tersebut, Anda bisa mencobanya dengan garam dapur. Meskipun jenis garamnya berbeda, itu tidak apa-apa.

Hal ini karena jenis garam apa pun memiliki senyawa yang sama yang dapat membantu meredakan peradangan atau iritasi pada kulit.

meredakan iritasi kulit

7. Melancarkan Sistem Pernafasan

Sistem pernafasan yang terganggu biasanya karena memiliki infeksi dan alergi. Akibatnya akan terjadi penumpukan lendir pada sistem pernafasan. Nah, lendir yang menumpuk ini dapat Anda atasi dengan mandi air hangat.

Tentunya Anda dapat menambahkan garam untuk hasil yang maksimal. Air hangat dan garam ini akan membantu melancarkan sistem pernafasan Anda yang tersumbat oleh lendir. Lakukan minimal sehari sekali agar Anda bisa bernafas secara normal kembali.

Pilih Water Heater yang Tepat untuk Kamar Mandi Anda!

Mandi air hangat terbukti memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, akan sangat merepotkan kalau Anda harus memasak dahulu saat ingin mandi air hangat. Air yang dimasak juga belum tentu akan cukup. Untuk mengatasi ini, memiliki water heater di kamar mandi Anda menjadi hal yang penting.

Anda dapat memilih water heater sesuai dengan kebutuhan. Tetapi penting untuk memperhatikan dua hal ini, yaitu daya tahan tangki terhadap karat serta kapasitas air. Sebab, tangki yang berkarat akan berpengaruh pada kualitas air.

RV Plus Classic Electric Storage Water Heater dari Rheem ini memiliki tangki penyimpanan air panas dengan pengelasan tunggal, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tangki terhadap karat. Tangkinya pun dapat menampung air hingga kapasitas 100 liter. Hubungi Rheem sekarang juga untuk memilih water heater yang tepat untuk kamar mandi Anda.

By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK