Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

12 Manfaat Mandi Uap untuk Menenangkan Tubuh dan Pikiran

| Rabu Februari 7, 2024
manfaat mandi uap

Apakah Anda pernah mencoba mandi uap? Apabila jawabannya ‘ya’, Anda pasti setuju kalau mandi uap memberikan sensasi menenangkan dan menghilangkan stres. Menariknya, mandi uap juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Lantas, apa saja manfaat mandi uap untuk kesehatan? Yuk, cari tahu lebih lanjut dalam artikel ini!

Apa itu Mandi Uap?

Mandi uap merupakan terapi tubuh yang menggunakan uap air panas. Ritual mandi uap sudah diadopsi oleh berbagai budaya selama berabad-abad karena memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh.

Mandi uap dilakukan dalam ruangan tertutup yang diisi dengan uap air panas. Sumber panasnya berasal dari air mendidih atau generator uap khusus. Ruangan mandi uap diatur dengan suhu di antara 65 sampai 90 derajat Celcius dan memiliki kelembapan tinggi berkat munculnya uap dari air mendidih atau generator uap.

Mandi uap bukan hanya sekadar praktik kesehatan, tetapi juga memiliki nilai budaya yang mendalam. Berbagai masyarakat di seluruh dunia memiliki tradisi unik terkait mandi uap dan hal ini mencerminkan pentingnya kebersihan, relaksasi, dan pemulihan bagi tubuh dan pikiran.

Saat ini, mandi uap menjadi bagian tidak terpisahkan dari pusat kebugaran, spa, dan pusat kesehatan. Banyak orang mengadopsi mandi uap sebagai cara efektif untuk merawat kesehatan fisik dan mentalnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Agar Lebih Sehat

Manfaat Mandi Uap

Seperti apa manfaat mandi uap bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan? Berikut adalah manfaatnya:

1. Sirkulasi Darah Meningkat

Mandi uap dapat meningkatkan sirkulasi darah. Tubuh yang terpapar uap air panas dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh ikut meningkat. Alhasil, seluruh organ tubuh menerima pasokan oksigen dan nutrisi yang lebih baik sehingga mendukung kesehatan jantung dan menjaga fungsi organ tubuh secara optimal.

2. Memulihkan Tubuh Setelah Olahraga

Bagi para pecinta olahraga, mandi uap menjadi rutinitas yang memberikan manfaat berharga. Mandi uap dapat mempercepat pemulihan otot setelah sesi olahraga yang intens. Suhu yang tinggi dan kelembaban dari uap air bekerja secara bersamaan untuk mengurangi ketegangan otot sehingga mengurangi risiko cedera dan mempersingkat waktu pemulihan supaya Anda kembali beraktivitas dengan nyaman.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mandi uap tidak hanya menyegarkan pikiran, tetapi juga merawat kulit secara menyeluruh. Uap air panas membuka pori-pori kulit untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih. Efek ini tidak hanya meningkatkan elastisitas kulit, tetapi juga mengurangi risiko terjadinya jerawat dan masalah kulit lainnya.

4. Melegakan Pernapasan ketika Sesak

Bagi Anda yang sering mengalami sesak napas atau masalah pernapasan lainnya, mandi uap dapat memberikan manfaat yang signifikan. Uap air hangat melebarkan saluran pernapasan sehingga dapat meredakan gejala sesak napas serta memberikan rasa lega secara instan. Mandi uap menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah pernapasan tanpa efek samping yang merugikan.

5. Menghilangkan Stres

Salah satu manfaat terkenal dari mandi uap adalah menghilangkan stres. Lingkungan yang hangat dan tenang dari ruang mandi uap menciptakan suasana yang ideal untuk meredakan ketegangan pikiran dan tubuh. Selama sesi mandi uap, hormon stres seperti kortisol dapat berkurang sehingga Anda bisa merasakan efek menenangkan yang lebih lama, bahkan setelah keluar dari ruangan uap.

Baca Juga: Mengenal Hidroterapi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

6. Membuang Racun dari Tubuh

Tanpa disadari, tubuh kita menyimpan racun. Mandi uap adalah cara alami yang efektif untuk membuang racun dari tubuh. Keringat yang muncul akibat paparan uap air hangat membantu tubuh dalam mengeluarkan zat-zat berbahaya dan racun yang terkumpul dalam lingkungan sehari-hari. Mandi uap juga bisa membersihkan tubuh dari dalam dan mendukung fungsi detoksifikasi organ seperti ginjal dan hati.

7. Meredakan Nyeri Tubuh

Suhu tinggi dari uap air bekerja untuk meredakan ketegangan otot dan sendi sehingga memberikan efek analgesik atau pereda nyeri yang alami. Mandi uap mengurangi rasa sakit pada area tubuh yang tegang atau terkilir sehingga memberikan kenyamanan yang bersifat menyeluruh pada seluruh bagian tubuh.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Paparan rutin pada uap air panas dapat memiliki dampak positif pada sistem kekebalan tubuh. Suhu yang tinggi dapat meningkatkan produksi sel imun, seperti limfosit dan monosit, yang berguna dalam melawan infeksi dan penyakit. Dengan demikian, mandi uap dapat menjadi langkah sederhana tetapi efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

9. Tidur Lebih Nyenyak

Mandi uap juga bisa dilakukan sebelum tidur. Lingkungan mandi uap memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga Anda merasa lebih tenang sebelum tidur. Suhu tinggi yang menyelimuti tubuh dapat meredakan ketegangan otot dan menenangkan pikiran yang tegang sehingga memberikan kenyamanan. Satu sesi mandi uap sebelum tidur bisa menjadi ritual efektif untuk meningkatkan kualitas tidur sehingga Anda bisa bangun lebih segar dan berenergi.

10. Stamina Tubuh Meningkat

Anda juga bisa menjadikan mandi uap sebagai rutinitas pagi sebelum beraktivitas. Paparan tubuh pada suhu tinggi meningkatkan suhu tubuh secara keseluruhan sehingga meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah. Efek ini mirip dengan manfaat yang didapat dari olahraga sehingga tubuh Anda membangun daya tahan dan stamina yang tinggi.

11. Rambut Lebih Sehat

Mandi uap juga memiliki efek positif pada kesehatan rambut Anda. Uap air panas dapat membuka kutikula rambut sehingga mampu menerima nutrisi dan kelembapan. Alhasil, rambut Anda lebih sehat, berkilau, dan lebih mudah diatur. Mandi uap juga mendukung kesehatan kulit kepala sehingga dapat mengurangi kekeringan dan ketombe serta menghasilkan tampilan rambut yang lebih bersinar.

12. Penampilan Terlihat Awet Muda

Terakhir, Anda juga bisa terlihat lebih awet muda dengan mandi uap. Uap air panas dapat membuka pori-pori kulit untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati serta merangsang produksi kolagen. Alhasil, kulit menjadi lebih cerah serta tanda penuaan pun berkurang. Pada akhirnya, mandi uap dapat membuat kulit lebih segar dan kencang sehingga Anda terlihat lebih awet muda.

Perbedaan antara Mandi Uap dan Sauna

Tidak sedikit orang yang menyamakan mandi uap dengan sauna, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda. Mandi uap menggunakan uap air panas sebagai sumber panas utama. Sumber ini dapat berasal dari air mendidih atau dari generator uap khusus yang menciptakan lingkungan yang penuh uap. Sedangkan sauna menggunakan pemanas batu yang dipanaskan dengan listrik atau kayu sehingga menciptakan udara panas di sekitarnya.

Tingkat kelembapan ruangan untuk mandi uap dan sauna juga berbeda. Ruangan untuk mandi uap memiliki kelembapan yang tinggi sehingga suhunya lebih hangat dan uap air mampu meresap ke dalam tubuh. Sementara itu, sauna memiliki kelembapan yang rendah sehingga lingkungannya lebih kering.

Intinya, mandi uap adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Manfaat mandi uap bagi kesehatan tubuh juga tidak sedikit mulai dari meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, bahkan meningkatkan kesehatan kulit. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mandi uap dan menikmati manfaatnya untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 12 Manfaat Air Hangat untuk Tubuh Sehat

Rasakan Kenyamanan Mandi Hangat di Rumah dengan Water Heater Listrik Rheem!

Menariknya, terapi mandi uap kini bisa Anda rasakan juga di rumah. Namun jika Anda tidak punya cukup ruang untuk mandi uap, jangan khawatir! Anda masih bisa mandi dengan air hangat menggunakan water heater listrik dari Rheem sekarang! Ada banyak jenis yang bisa dipilih dengan beragam ukuran kapasitas untuk menyesuaikan kebutuhan Anda di rumah. Coba kunjungi Rheem untuk menemukan water heater listrik yang paling tepat!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju