Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Ketahui 7 Manfaat Mengompres Mata dengan Air Hangat!

| Selasa Januari 9, 2024
manfaat mengompres mata dengan air hangat

Kompres air hangat selalu menjadi solusi untuk mengatasi mata yang lelah atau bengkak. Tidak hanya itu, ada juga manfaat mengompres mata dengan air hangat yang berkaitan dengan kesehatan indra penglihatan Anda. Manfaat ini tentunya bisa dirasakan apabila Anda mengetahui cara mengompres mata dengan air hangat yang benar.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja manfaat kompres mata dengan air hangat? Kemudian, berapa lama mengompres mata dengan air hangat supaya manfaatnya bisa dirasakan? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai selesai, yuk!

Manfaat Mengompres Mata dengan Air Hangat Bagi Kesehatan Mata

Manfaat Mengompres Mata dengan Air Hangat Bagi Kesehatan Mata

Kompres air hangat untuk mata ternyata tidak hanya berguna untuk mengatasi masa bengkak atau lelah. Ada juga manfaat kesehatan lainnya yang bisa diperoleh dengan cara ini. Apa saja? Mari kita lihat penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: 10 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Agar Lebih Sehat

1. Mengobati Bintitan

Bintitan bisa menjadi masalah yang menyakitkan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengompres mata dengan air hangat dapat mempercepat proses penyembuhan bintitan. Air hangat membuka pori-pori pada kelopak mata dan melunakkan kelenjar minyak yang tersumbat sehingga memungkinkan pembuangan minyak secara alami. Solusi ini dapat mengurangi peradangan, meredakan rasa sakit, dan mempercepat pemulihan bintitan tanpa efek samping yang berlebihan.

2. Mengobati Blefaritis

Blefaritis adalah kondisi peradangan pada kelopak mata yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan gejala lainnya. Mengompres mata dengan air hangat dapat membersihkan daerah di sekitar mata dengan lembut sehingga menghilangkan kotoran dan kerak yang terbentuk. Selain itu, air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi pembengkakan, dan meredakan iritasi yang akibat blefaritis. Langkah ini dapat menjaga kebersihan kelopak mata dan meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

3. Mengurangi Mata Bengkak

Mata yang bengkak seringkali disebabkan oleh retensi menumpuknya atau peradangan. Mengompres mata dengan air hangat dapat mengurangi pembengkakan dengan meningkatkan aliran darah dan membuang cairan berlebih di sekitar mata. Langkah ini juga memberikan efek relaksasi pada otot di sekitar mata yang dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan kenyamanan.

4. Menghilangkan Mata Kering

Mata kering dapat menjadi masalah yang umum dialami oleh siapa pun, terutama jika Anda sering berada di depan layar komputer. Mengompres mata dengan air hangat dapat meningkatkan kelembaban di sekitar mata sehingga mengurangi gejala mata kering dengan memberikan kelembaban tambahan. Alhasil, langkah ini dapat mencegah iritasi dan meningkatkan kenyamanan penglihatan.

5. Mengobati Mata Merah

Mata yang merah bisa diobati dengan kompres air hangat. Pasalnya, air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata yang dapat mengurangi kemerahan. Selain itu, kompres air hangat dapat menghilangkan zat-zat iritan dan debu yang menyebabkan mata merah.

6. Mengobati Mata Hitam

Mata hitam sering kali disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk di sekitar mata. Mengompres mata dengan air hangat dapat meningkatkan aliran darah sehingga bisa mengurangi mata hitam dan memberikan tampilan yang lebih segar dan cerah pada mata.

7. Mengurangi Kelelahan pada Mata

Kelelahan pada mata sering kali muncul akibat bekerja terlalu lama di depan layar komputer dan smartphone atau mata kurang beristirahat. Mengompres mata dengan air hangat dapat memberikan efek relaksasi pada otot mata sehingga mengurangi kelelahan. Proses ini juga dapat meningkatkan peredaran darah sehingga memberikan sensasi menyegarkan pada mata.

Cara Mengompres Mata dengan Air Hangat yang Benar

Cara Mengompres Mata dengan Air Hangat yang Benar

Ternyata Anda bisa merasakan manfaat yang menenangkan sekaligus menjaga kesehatan mata hanya dengan mengompresnya. Tentu saja Anda harus mengetahui cara mengompres mata dengan air hangat yang tepat supaya bisa mendapatkan manfaatnya. Ikuti langkah mengompres mata yang benar di bawah ini!

Baca Juga: 10 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Meredakan Nyeri Haid

1. Langkah Persiapan

Sebelum memulai proses mengompres mata dengan air hangat, ada beberapa langkah persiapan yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan Kebersihan Tangan: Sebelum menyentuh area sekitar mata, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Cuci tangan dengan sabun antibakteri untuk menghindari transfer kuman yang dapat menyebabkan iritasi mata.

  • Persiapkan Wadah Air Hangat: Siapkan wadah yang aman digunakan untuk mengandung air hangat. Pastikan suhu air tidak terlalu panas, agar tidak merusak jaringan mata. Suhu yang nyaman adalah sekitar suhu tubuh atau sedikit lebih hangat.

  • Sediakan Kain Bersih: Gunakan kain yang lembut dan bersih untuk mengompres mata. Pastikan kain tersebut cukup besar untuk menutupi seluruh mata dan dapat menyerap air dengan baik.

2. Tahapan Mengompres Mata dengan Air Hangat

Setelah langkah persiapan dilakukan, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengompres mata dengan air hangat:

  • Celupkan Kain dalam Air Hangat: Celupkan kain ke dalam wadah yang berisi air hangat. Pastikan kain cukup basah untuk memberikan efek kompres yang baik.

  • Peras Sedikit Kain: Setelah mencelupkan kain, peras sedikit untuk menghilangkan kelebihan air. Hal ini dapat mencegah air berlebihan mengalir ke mata dan mengganggu proses.

  • Tempelkan Kain ke Mata: Tempelkan kain yang sudah dicelupkan ke mata secara lembut. Pastikan kain menutupi seluruh area mata, termasuk kelopak mata atas dan bawah.

  • Biarkan Selama 5-10 Menit: Biarkan kain tetap menempel pada mata selama 5 hingga 10 menit. Ini memberikan waktu bagi mata untuk meresapi kelembaban dari air hangat dan mengurangi ketegangan.

  • Ulangi Sesuai Kebutuhan: Proses ini dapat diulangi beberapa kali sesuai kebutuhan. Jika Anda merasa perlu, Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

Perbedaan Mengompres Mata dengan Air Hangat dan Air Dingin

Pertanyaannya, apakah Anda bisa mengompres mata dengan air dingin? Tentu saja bisa, hanya saja terdapat perbedaan dari segi manfaat ketika mengompres mata dengan air hangat maupun air dingin.

Apabila menggunakan kompres air hangat, mata bisa lebih tenang sehingga sirkulasi darah di sekitarnya meningkat. Alhasil, masalah seperti pembengkakan dan iritasi bisa diatasi. Lain halnya jika mengompres mata dengan air dingin, mata bisa merasakan efek menyegarkan.

Baca Juga: Mandi Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Lebih Sehat?

Pengaruh yang dirasakan pada kelenjar minyak di mata pun berbeda. Mengompres mata dengan air hangat dapat melunakkan kelenjar minyak di sekitar mata sehingga pori-pori terbuka dan minyak yang tersumbat bisa dikeluarkan. Kompres air hangat bisa mengobati masalah bintitan dan blesfaritis. Sebaliknya, kompres air dingin hanya memberikan efek segar pada mata dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Terakhir, Anda disarankan mengompres mata menggunakan air hangat apabila mata menghadapi kondisi peradangan seperti bintitan, blefaritis, mata kering, dan masalah mata lainnya yang terkait dengan peradangan. Sedangkan kompres mata dengan air dingin lebih cocok untuk mengatasi mata bengkak atau kemerahan akibat kurang tidur atau terpapar iritan seperti debu.

Kenyamanan Instan dengan Water Heater Rheem

Wah, banyak sekali manfaat mengompres mata dengan air hangat, ya? Penggunaan kompres air hangat untuk mata juga lebih luas karena Anda bisa melakukannya ketika mata mengalami peradangan. Apabila Anda ingin mendapatkan air hangat dengan instan di rumah, pertimbangkan untuk menggunakan pemanas air listrik dari Rheem. Dapatkan kenyamanan air panas secara instan untuk perawatan mata yang optimal hanya dengan mengunjungi website kami!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju