Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

10 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Mudah!

| Rabu Februari 7, 2024
membersihkan kerak kamar mandi

Setiap hari Anda dan keluarga pasti menggunakan kamar mandi sehingga area ini harus dijaga kebersihannya. Sayangnya, kamar mandi menjadi tempat yang sulit dibersihkan karena munculnya kerak yang membandel di lantai maupun dindingnya. Kondisi ini tidak jarang membuat Anda merasa bingung sekaligus sebal karena kerak kamar mandi tidak mau hilang.

Nyatanya, membersihkan kerak kamar mandi tidaklah susah karena Anda hanya memerlukan alat dan bahan yang bisa ditemukan di rumah. Bahan sederhana seperti air hangat pun bahkan bisa digunakan untuk membantu melunakkan kerak di kamar mandi supaya lebih mudah disikat. Apa saja cara membersihkan kamar mandi dari kerak yang bisa Anda lakukan di rumah? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini!

Penyebab Terbentuknya Kerak di Kamar Mandi

Alangkah baiknya Anda mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan terbentuknya kerak di kamar mandi. Kerak muncul karena kandungan mineral yang terdapat di dalam air. Ketika air menguap, kandungan mineralnya mengendap dan membentuk lapisan kerak pada permukaan kamar mandi. Faktor ini juga dipengaruhi oleh sumber aliran air pada rumah tangga Anda. Makin tinggi kandungan mineralnya, makin tebal pula kerak yang terbentuk.

Kondisi kamar mandi yang sering lembap dan perubahan suhu di tempat ini bisa menjadi faktor yang memicu munculnya kerak. Kebersihan dan sirkulasi udara kamar mandi juga turut berperan dalam pembentukan kerak. Kamar mandi yang jarang dibersihkan atau memiliki sirkulasi udara yang buruk lebih rentan terhadap pembentukan kerak.

Baca Juga: 7 Manfaat Mandi Air Hangat Dicampur Garam yang Jarang Diketahui

Dampak Kerak di Kamar Mandi

Kerak yang muncul di kamar mandi harus segera dibersihkan. Lapisan kerak yang membandel pada permukaan kamar mandi dapat memberikan tampilan yang tidak estetik sehingga bisa merusak kesan bersih dan rapi yang diinginkan di kamar mandi. Apabila dibiarkan, kerak bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kamar mandi.

Kemunculan kerak juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kerak menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri dan jamur sehingga menyebabkan masalah kesehatan seperti alergi, infeksi kulit, dan gangguan pernapasan.

10 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi yang Membandel

Melihat penjelasan di atas, tentu Anda menyadari kalau kerak tidak boleh dibiarkan hingga membandel dan sulit dibersihkan. Lantas, bagaimana cara membersihkan kerak pada kamar mandi yang bisa dilakukan? Mari kita lihat 10 tips efektif membersihkan kamar mandi dari kerak yang bisa dilakukan.

1. Gunakan Cuka Putih

Cuka selalu menjadi bahan dapur yang ampuh untuk membersihkan kerak dan kotoran di kamar mandi. Cara menggunakannya pun mudah, Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih dengan air ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan campuran tersebut pada dinding maupun lantai kamar mandi yang terkena kerak. Biarkan beberapa saat agar cuka dapat meresap, dan setelah itu, sikat atau lap permukaan tersebut. Khasiat asam cuka akan melarutkan kerak tanpa merusak permukaan keramik kamar mandi.

2. Gunakan Lemon

Lemon dengan kandungan asam sitratnya merupakan senjata ampuh untuk membersihkan kamar mandi dari kerak. Iris lemon dan gosokkan langsung pada area yang terkena kerak. Diamkan sejenak sebelum membersihkan dengan spons atau sikat. Kelembutan asam sitrat pada lemon membuat bahan alami ini efektif tanpa merusak lapisan permukaan.

3. Gunakan Soda Kue

Cara membersihkan kamar mandi dari kerak yang berikutnya adalah menggunakan soda kue. Bagaimana caranya? Anda bisa mencampurkan soda kue dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta ini pada area yang terkena kerak dan biarkan sejenak sebelum dibersihkan dengan spons atau sikat. Soda kue akan melarutkan kerak tanpa mengikis permukaan keramik kamar mandi.

4. Gunakan Garam

Garam juga dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk kerak. Campurkan garam dengan air, lalu oleskan pada area yang terkena kerak. Biarkan beberapa saat sebelum dibersihkan. Garam akan membantu melonggarkan kerak sehingga memudahkan Anda dalam membersihkan keramik kamar mandi.

Baca Juga: 7 Manfaat Mandi Air Hangat Dicampur Garam yang Jarang Diketahui

5. Gunakan Baking Soda

Baking soda memiliki sifat abrasif yang ringan sehingga efektif dalam membersihkan kerak pada dinding maupun lantai kamar mandi. Campurkan baking soda dengan air sampai membentuk pasta, kemudian gosokkan pada area kamar mandi yang terkena kerak dengan sikat atau spons. Baking soda tidak hanya membersihkan kerak tetapi juga memberikan kesegaran pada kamar mandi Anda.

6. Gunakan Asam Sitrat

Asam sitrat yang sering ditemukan dalam cairan buah atau produk pembersih alami dapat menjadi pilihan yang efektif untuk membersihkan kerak. Asam sitrat dapat melarutkan endapan mineral yang merupakan komponen pembentuk kerak pada lantai kamar mandi. Anda dapat mengoleskan cairan buah yang mengandung asam sitrat secara langsung pada area yang terkena kerak atau mencari produk pembersih yang mengandung asam sitrat untuk hasil maksimal.

7. Gunakan Pembersih Uap

Pembersih uap adalah alat modern yang efektif untuk mengatasi kerak di kamar mandi. Proses pembersihan dengan uap dapat melonggarkan kerak tanpa perlu menggunakan bahan kimia yang berlebihan. Gunakan pembersih uap sesuai petunjuk penggunaan yang tertera untuk memastikan keamanan dan hasil terbaik.

8. Gunakan Pembersih Khusus Kerak

Di pasaran, banyak tersedia pembersih khusus yang dirancang untuk mengatasi kerak pada kamar mandi dengan cepat dan efektif. Produk ini biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat melarutkan kerak tanpa merusak permukaan. Pilihlah pembersih khusus yang sesuai dengan jenis kerak dan material kamar mandi Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Gunakan Sikat Gigi

Sikat gigi bekas dapat menjadi alat yang berguna untuk membersihkan kerak pada area kamar mandi yang sulit dijangkau. Sikat gigi memiliki serat yang dapat menjangkau celah-celah kecil serta merusak kerak dengan efektif. Gunakan sikat gigi dengan cuka putih atau pasta baking soda untuk membersihkan area yang sulit dijangkau dengan mudah sehingga kamar mandi Anda terlihat bersih sempurna.

10. Gunakan Air Hangat

Apa pun bahan yang Anda gunakan untuk membersihkan kerak, pastikan Anda membasahi kerak dengan air hangat terlebih dahulu. Kerak pada kamar mandi perlu dibasahi dengan air hangat terlebih dahulu supaya lebih mudah dikikis dan dihilangkan. Setelah membasahi kerak dengan air hangat, barulah Anda bisa menggunakan salah satu cara membersihkan kerak pada kamar mandi yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga: Terbukti Ampuh: 4 Alasan Menggunakan Air Panas Saat Mencuci Piring

Temukan Solusi Praktis untuk Air Panas dengan Water Heater Listrik Rheem!

Menariknya, Anda tidak perlu mengambil air hangat dari dapur terlebih dahulu untuk membersihkan kerak. Mengapa? Anda bisa menggunakan water heater listrik dari Rheem yang bisa dipasang di kamar mandi sehingga pasokan air hangat di kamar mandi langsung tersedia dan siap digunakan untuk membersihkan kerak. Rheem menyediakan koleksi water heater dengan berbagai spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan air hangat di kamar mandi Anda. Kunjungi website kami untuk mendapatkan produk water heater dari Rheem sekarang juga!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju