Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

6 Tips Memilih Water Heater yang Sesuai Kebutuhan Rumah Tangga Anda

| Rabu Maret 27, 2024
memilih pemanas air

Apakah Anda ingin mandi air hangat tanpa harus merebus air di kompor? Maka jawabannya menggunakan water heater atau pemanas air. Saat ini, pengguna water heater sendiri makin marak, lantaran memberikan efisiensi kepada penggunanya. Ada banyak jenis water heater yang bisa Anda gunakan, namun Anda perlu memilih water heater ini sesuai dengan kebutuhan. Untuk memilihnya, Anda perlu mengetahui jenis-jenis water heater yang akan diuraikan di bawah ini.

Alasan Penting Memilih Water Heater Rumah Tangga yang Tepat

Pemilihan water heater rumah tangga yang tepat memiliki dampak signifikan pada kenyamanan sehari-hari, efisiensi energi, dan lingkungan. Dengan memilih model water heater yang sesuai dan efisien, Anda dapat menikmati pasokan air panas yang konsisten, menghemat biaya energi, mengurangi dampak lingkungan, dan memperpanjang umur water heater . Dalam jangka panjang, hal ini dapat menghasilkan penghematan biaya serta memberikan manfaat baik bagi kenyamanan rumah tangga maupun untuk planet kita. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati pilihan water heater yang akan Anda gunakan di rumah Anda.

Manfaat Memiliki Water Heater di Rumah

Sebelum Anda memahami bagaimana pilih water heater atau water heater r yang sesuai, Anda perlu terlebih dahulu memahami manfaat water heater di rumah. Water heater sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan untuk mandi saja. Ada banyak jenis water heater yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti mencuci piring dan mencuci baju. Tidak itu saja, terdapat manfaat lain memiliki water heater di rumah. Apa saja itu? Mari simak uraiannya di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Water Heater yang Paling Aman

1. Lebih Hemat

Banyak orang mengira menggunakan water heater justru memakan biaya listrik yang cukup besar. Namun, penggunaan listrik ini tergantung dengan Watt pada water heater itu sendiri. Anda bisa menggunakan water heater dengan kapasitas Watt yang rendah, sehingga ideal untuk kebutuhan rumah dan lebih hemat. Pada dasarnya, water heater tidak akan membuat tagihan listrik rumah Anda membengkak jika digunakan dengan efisien.

2. Aman untuk Bayi

Air hangat dari water heater cenderung lebih aman dibandingkan air hangat dari kompor gas. Mengapa? Karena water heater memiliki pelapis anti bocor serta sistem keamanan yang berlapis untuk melindungi proses pemanasan. Sedangkan air hangat dari kompor gas tidak melewati proses pemanasan seperti pada water heater. Maka dari itu, air hangat dari water heater lebih aman untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda.

3. Lebih Praktis dalam Persediaan Air Panas

Adanya water heater membuat ketersediaan air panas makin praktis dan mudah. Anda hanya perlu membuka kran untuk mengalirkan air panas tersebut. Namun, sebelumnya Anda perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Proses instalasi perlu dilakukan oleh teknisi profesional supaya tidak menyebabkan kerusakan pada komponen water heater yang lain.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Menggunakan air panas untuk mandi diketahui bisa merelaksasi otot-otot yang tegang serta melepas stres. Selain itu, penggunaan water heater ini lebih praktis, mudah, dan nyaman. Kepraktisan yang ditawarkan penggunaan water heater ini otomatis meningkatkan kualitas hidup Anda. Memiliki water heater juga salah satu cara terbaik untuk membuat hidup Anda jadi lebih sehat dan bebas dari penyakit.

6 Tips Memilih Water Heater yang Sesuai Kebutuhan

Untuk memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dengan teliti. Mulai dari menentukan jenis water heater, menyesuaikan ukuran tangki dengan jumlah penghuni rumah, hingga mempertimbangkan daya listrik rumah. Berikut ini tips memilih water heater atau water heater dengan tepat.

1. Tentukan Jenis Water Heater

Hal yang pertama perlu dipertimbangkan adalah menentukan jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Water heater memiliki beberapa variasi, seperti water heater listrik, Solar water heater, water heater pompa panas, dan gas water heater gas. Setiap jenis memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah ingin memilih water heater dengan tangki penyimpanan atau tanpa tangki, tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda dalam penggunaan air panas.

2. Sesuaikan Ukuran Tangki dengan Jumlah Penghuni Rumah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menyesuaikan ukuran tangki dengan jumlah penghuni rumah. Hal ini penting diperhatikan untuk menentukan kapasitas tangki air yang diperlukan untuk kamar mandi Anda. Sebagai contoh, untuk tangki berkapasitas 15 liter, idealnya digunakan untuk dua orang. Sedangkan tangki berkapasitas 30 liter bisa digunakan untuk 3 sampai 4 orang dalam sekali pakai.

Baca Juga: Tips Memilih Ukuran Water Heater yang Cocok untuk Kebutuhan Anda

3. Pilih Water Heater yang Awet dan Bergaransi Lama

Saat Anda memilih water heater, pastikan produk tersebut memiliki garansi. Tujuannya supaya Anda bisa menukarkan produk atau beberapa komponen tanpa tambahan biaya apabila terjadi kerusakan. Selain itu, baiknya pilih produk water heater yang terkenal awet seperti water heater dari Rheem.

4. Pertimbangkan Daya Listrik Rumah

Biasanya water heater membutuhkan daya sebesar 350 Watt atau lebih tergantung ukuran dan jenis pemanas tersebut. Pilih water heater yang hemat energi atau sesuaikan dengan daya listrik di rumah Anda.

5. Pertimbangkan Sistem Keamanan Pemanas

Terakhir, hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih water heater yaitu mempertimbangkan sistem keamanannya. Sebaiknya pilih water heater yang memiliki sistem keamanan berlapis untuk meminimalisir terjadinya kebocoran. Anda juga dapat memilih water heater yang dilengkapi dengan fitur safety system supaya lebih aman.

6. Pilih Merek Water Heater yang Berkualitas

Langkah berikutnya adalah memilih merek water heater yang berkualitas. Langkah ini penting dalam menjamin kenyamanan dan efisiensi di rumah Anda. Jika Anda menginginkan water heater yang tidak hanya berkualitas tetapi juga handal, maka water heater dari Rheem adalah solusinya. Dengan berbagai pilihan produk berkualitas tinggi, Rheem menjadi pilihan utama untuk kebutuhan air panas di rumah tangga Anda.

4 Jenis Water Heater

Ada beberapa jenis water heater yang bisa Anda gunakan di rumah sesuai dengan kebutuhan. Produksi water heater sendiri makin berkembang, terutama sistem dan bahan baku yang digunakan. Jadi, untuk memilih water heater yang cocok, setidaknya Anda perlu memahami beberapa jenisnya di bawah ini.

1. Water Heater Listrik

Sebagaimana namanya, water heater listrik ini menggunakan daya listrik sebagai energi utama untuk memanaskan air.Water heater ini terdiri dari dua tipe, yaitu water heater listrik instan danwater heater atau pemanas air listrik dengan penampungan atau memiliki tangki. Produk seperti 82V Series Floor Mounted Electric Water Heater dan 85V Series Floor Mounted Electric Water Heater. Kedua tipe ini menawarkan berbagai keunggulan, termasuk kemampuan untuk memberikan air panas dengan cepat dan efisien, serta penyimpanan air panas untuk digunakan kapan saja Anda membutuhkannya.

2. Water Heater Solar

Water heater solar memanfaatkan energi matahari untuk bekerja. Dalam hal ini, air dingin yang mengalir langsung dipanaskan matahari pada komponen kolektor, lalu disimpan di tangki untuk Anda gunakan. water heater solar juga terbagi menjadi dua sistem, yaitu pasif dan aktif. Produk water heater solar Rheem seperti SS Indirect Solar Water Heater dan VE Direct Solar Water Heater memberikan fleksibilitas dalam memanfaatkan energi matahari untuk memenuhi kebutuhan air panas Anda. Dengan teknologi yang semakin canggih, water heater solar menjadi alternatif yang ramah lingkungan dan hemat energi untuk memenuhi kebutuhan air panas Anda.

Baca Juga: 10 Perbedaan Water Heater Gas dan Listrik

3. Water Heater Gas

Water heater gas ini menggunakan gas elpiji maupun gas alam sebagai energi untuk memanaskan air. Caranya dengan pembakaran seperti kompor gas. Air dingin ini akan mengalir melalui pipa dan langsung dipanaskan ketika Anda membuka kran. Jadi, air panas ini langsung keluar dalam kondisi panas tanpa ditampung terlebih dahulu. Rheem menyediakan berbagai varian water heater gas, termasuk produk 4 Star Gas Water Heater, Pemanas Air Tangki Gas Komersial Universal, dan Pemanas Air Berbahan Bakar Gas Tugas Berat. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan komersial Anda atau bahkan tugas berat. Ini adalah solusi yang handal untuk menyediakan air panas dalam jumlah besar dengan efisiensi tinggi.

4. Heat Pump Water Heater

Water heater satu ini memanfaatkan panas freon dari AC yang biasanya dibuang. Freon yang dipanaskan dialirkan ke heat exchanger yang akan memanaskan air di tangki penampungan. Pada water heater ini, heat pump sudah menjadi satu kesatuan yang didesain untuk menghasilkan air panas. Produk RHP-5207C dan RHP-2805 yang memastikan efisiensi dengan Rating Energi Kelas 1 dengan penukar panas microchannel yang efisien, water heater ini tidak hanya menghemat energi, tetapi juga memberikan kenyamanan dan efisiensi tak tertandingi. Solusi water heater ini adalah pilihan tepat untuk lingkungan dan kantong Anda.

Temukan Water Heater Berkualitas untuk Rumah Anda dengan Rheem!

Water Heater bukan hanya untuk mandi, tetapi juga dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mencuci piring dan mencuci baju. Untuk memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Jenis water heater, ukuran tangki yang sesuai dengan jumlah penghuni rumah, daya listrik rumah, keamanan water heater , dan garansi produk adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Memilih water heater yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan dapat membuat hidup lebih nyaman dan efisien. Tidak hanya itu, pemilihan water heater yang hemat energi juga dapat membantu mengurangi tagihan listrik.

Itu dia tips memilih water heater yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasi water heater secara lebih lengkap, kunjungi situs resmi Rheem sekarang juga. Bisa juga dengan menghubungi Rheem untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju