Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Setelah olahraga baiknya mandi air panas atau air dingin

| Rabu November 29, 2023
Setelah olahraga baiknya mandi air panas atau air dingin


Bayangkan kamu baru saja selesai olahraga selama 30 menit, dan kamu merasa lebih segar bugar. Naluri mengatakan mandi air dingin setelah olahraga tampaknya menyenangkan, selain dapat membersihkan kotoran juga dapat mendinginkan badan. Tetapi mana lebih baik, mandi menggunakan air dingin atau mandi air hangat?





Seperti halnya membersihkan gigi dan menyisir rambut, Kamu mungkin beranggapan mandi setelah olahraga hanya untuk membersihkan diri dari keringat. Mandi setelah olahraga merupakan hal yang sangat penting, bukan hanya menyegarkan, tetapi hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari keringat dan bakteri yang muncul setelah berolahraga.





Begitu pula dengan anggapan mandi air dingin atau air hangat setelah berolahraga yang seringkali langkahnya dilakukan dengan kurang tepat.


Lebih Baik Mandi Air Dingin atau Air Hangat?


Lebih Baik Mandi Air Dingin atau Air Hangat


Mandi air hangat dan dingin memberikan manfaat berbeda bagi tubuh. Mandi air hangat dapat meningkatkan aliran darah, meredakan otot, serta membantu pemulihan otot dan sendi. Di sisi lain, manfaat mandi air dingin membantu melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong aliran darah ke kulit.


Saat berolahraga intens, tubuh menghasilkan asam laktat yang bisa menyebabkan rasa terbakar. Mandi air dingin dapat meredakan sensasi ini. Mandi air dingin juga mengurangi risiko radang otot, nyeri, dan pembengkakan setelah olahraga intensif. Penting untuk memberi jeda antara olahraga dan mandi agar tubuh tidak terganggu. Mandi dengan air hangat atau dingin sama-sama dapat membantu membersihkan tubuh dari kotoran dan memberikan kesegaran untuk aktivitas berikutnya.


Baca Juga: Mandi Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Lebih Sehat?


Langkah Mandi Setelah Olahraga


Langkah Mandi Setelah Olahraga


Setelah mengetahui apakah mandi setelah olahraga itu baik atau tidak, berikut beberapa langkah mandi yang tepat setelah berolahraga.


1. Tunggu Hingga Tubuh Kering


Setelah melakukan olahraga, tentu badan Anda akan berkeringat, alangkah baiknya Anda menunggu kurang lebih 30 menit hingga badan kering dan suhu tubuh sudah kembali normal.


2. Bilas dengan Air Dingin


Berikutnya, bilas badan anda menggunakan air dingin, kurang lebih berkisar pada 21 derajat celcius. Bilas perlahan mulai dari kaki, kemudian tangan, kemudian lanjutkan bilas ke seluruh badan, mulai dari leher, pundak, pinggang atau bagian tubuh lainnya, baru terakhir bagian kepala, bilas 1-2 menit agar tubuh bisa beradaptasi dengan air yang mengalir.


3. Bilas dengan Air Hangat


Di menit berikutnya, ubah suhu air menjadi air hangat atau air panas secara perlahan, hingga tubuh beradaptasi dengan suhu air yang meningkat. Lakukan hal ini selama 1-2 menit hingga tubuh terbilas air hangat secara menyeluruh.


Baca Juga: Berapa Suhu Ideal Mandi Air Panas


4. Melanjutkan Rutinitas Mandi


Setelah tubuh sudah beradaptasi dengan air yang mengalir, Anda bisa melanjutkan langkah-langkah mandi berikutnya seperti keramas dan lain sebagainya, seperti yang biasa Anda lakukan.


Mandi setelah olahraga dengan air dingin dan air hangat memiliki manfaatnya masing-masing, tetapi pemilihan suhu air untuk mandi harus dilakukan berdasarkan langkah yang tepat agar tidak menyebabkan munculnya penyakit pada tubuh Anda.


Tidak hanya untuk membersihkan tubuh dari keringat dan bakteri yang muncul setelah olahraga, mandi air dingin atau air hangat setelah olahraga juga memiliki manfaatnya masing-masing.


Kesimpulan


Mandi setelah berolahraga, baik dengan air dingin maupun hangat, memiliki manfaat yang berbeda-beda. Namun, pentingnya memilih suhu air mandi yang tepat dan memperhatikan langkah-langkah yang benar setelah olahraga untuk mencegah kemungkinan terjadinya masalah kesehatan. Oleh karena itu, mandi setelah olahraga bukan hanya sekadar membersihkan tubuh dari keringat, tetapi juga merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan yang mendukung pemulihan dan kesegaran tubuh.


Dan begitulah panduan untuk mandi setelah Anda berkeringat, terlepas dari kebiasaan olahraga Anda. Butuh mandi air panas setelah berolahraga? Lihat rangkaian pemanas air berkualitas Rheem.




Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju