Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.
Blog
Blog
Blog
Blog

Setelah Olahraga Baiknya Mandi Air Panas atau Air Dingin? Berikut Jawabannya

| Rabu Maret 27, 2024
setelah olahraga baiknya mandi air panas atau air dingin


Bayangkan kamu baru saja selesai olahraga selama 30 menit, dan kamu merasa lebih segar bugar. Naluri mengatakan mandi air dingin setelah olahraga tampaknya menyenangkan, selain dapat membersihkan kotoran juga dapat mendinginkan badan. Tetapi mana lebih baik, mandi menggunakan air dingin atau mandi air hangat?


Seperti halnya membersihkan gigi dan menyisir rambut, Kamu mungkin beranggapan mandi setelah olahraga hanya untuk membersihkan diri dari keringat. Mandi setelah olahraga adalah hal yang sangat penting, bukan hanya menyegarkan, tetapi hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari keringat dan bakteri yang muncul setelah berolahraga.


Begitu pula dengan anggapan mandi air dingin atau air hangat setelah berolahraga yang seringkali langkahnya dilakukan dengan kurang tepat.


Lebih Baik Mandi Air Dingin atau Air Hangat?


Lebih Baik Mandi Air Dingin atau Air Hangat?


Mandi dengan air dingin atau air hangat setelah berolahraga tidak akan menjadi masalah, karena kedua-duanya memiliki keuntungan tersendiri. Berikut adalah manfaat mandi dengan air dingin dan air hangat yang diambil dari berbagai referensi.


Baca Juga: Suhu Ideal Mandi Air Panas: Tips untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat


1. Mandi Air Dingin


Mandi air dingin setelah berolahraga dapat membantu mengurangi peradangan otot dan sendi. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat otot, dan menyehatkan persendian, sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat cedera. Dengan demikian, mandi air dingin dapat menjadi pilihan yang baik untuk pemulihan tubuh setelah berolahraga yang intensif dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


2. Mandi Air Hangat


Mandi dengan air hangat setelah melakukan aktivitas olahraga tidak hanya memberikan manfaat tambahan bagi tubuh, tetapi juga membantu melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong aliran darah ke kulit. Selain merasa lebih rileks, mandi dengan air hangat juga dapat merangsang produksi hormon yang penting untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh. Hal ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan perasaan kesejahteraan secara keseluruhan setelah sesi latihan yang intensif. Ketika air hangat menyentuh tubuh, pembuluh darah akan terbuka, dan seluruh darah yang berada di dalamnya akan tersebar kembali.


Baca Juga: 15 Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh


Langkah Mandi Setelah Olahraga yang Benar


Langkah Mandi Setelah Olahraga yang Benar


Setelah mengetahui apakah mandi setelah olahraga itu baik atau tidak, berikut beberapa langkah mandi yang tepat setelah berolahraga.


1. Tunggu Hingga Tubuh Kering


Setelah melakukan olahraga, tentu badan Anda akan berkeringat, alangkah baiknya Anda menunggu kurang lebih 30 menit hingga badan kering dan suhu tubuh sudah kembali normal.


2. Bilas dengan Air Dingin


Berikutnya, bilas badan anda menggunakan air dingin, kurang lebih berkisar pada 21 derajat celcius. Bilas perlahan mulai dari kaki, kemudian tangan, kemudian lanjutkan bilas ke seluruh badan, mulai dari leher, pundak, pinggang atau bagian tubuh lainnya, baru terakhir bagian kepala, bilas 1-2 menit agar tubuh bisa beradaptasi dengan air yang mengalir.


3. Bilas dengan Air Hangat


Di menit berikutnya, ubah suhu air menjadi air hangat atau air panas secara perlahan, hingga tubuh beradaptasi dengan suhu air yang meningkat. Lakukan hal ini selama 1-2 menit hingga tubuh terbilas air hangat secara menyeluruh.


Baca Juga: Apakah Air Panas Bisa Menghilangkan Gatal? Ini Dia Jawabannya!


4. Melanjutkan Rutinitas Mandi


Setelah tubuh sudah beradaptasi dengan air yang mengalir, Anda bisa melanjutkan langkah-langkah mandi berikutnya seperti keramas dan lain sebagainya, seperti yang biasa Anda lakukan.


Mandi setelah olahraga dengan air dingin dan air hangat memiliki manfaatnya masing-masing, tetapi pemilihan suhu air untuk mandi harus dilakukan berdasarkan langkah yang tepat agar tidak menyebabkan munculnya penyakit pada tubuh Anda.


Tidak hanya untuk membersihkan tubuh dari keringat dan bakteri yang muncul setelah olahraga, mandi air dingin atau air hangat setelah olahraga juga memiliki manfaatnya masing-masing.


Nikmati Sensasi Mandi Hangat dengan Water Heater Rheem


Mandi setelah berolahraga, baik dengan air dingin maupun hangat, memiliki manfaat yang berbeda-beda. Namun, pentingnya memilih suhu air mandi yang tepat dan memperhatikan langkah-langkah yang benar setelah olahraga untuk mencegah kemungkinan terjadinya masalah kesehatan. Oleh karena itu, mandi setelah olahraga bukan hanya sekadar membersihkan tubuh dari keringat, tetapi juga bagian penting dari perawatan kesehatan yang mendukung pemulihan dan kesegaran tubuh.


Jika Anda memilih mandi dengan air hangat, pastikan untuk tidak terlalu panas agar tidak mengiritasi kulit. Temukan pemanas air berkualitas dengan Rheem untuk pengalaman mandi yang nyaman setelah aktivitas fisik Anda!




Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju