Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Tahu Mengapa Water Heater Bisa Bocor? Temukan 6 Penyebabnya di Sini!

| Jumat Desember 29, 2023
penyebab water heater bocor

Bagi Anda pengguna water heater, saat suhu udara menurun, peran alat ini menjadi sangat penting untuk memastikan kenyamanan di rumah. Namun, bagaimana jika water heater yang seharusnya menjadi solusi pemanas tiba tiba bocor? Hal ini tentunya akan menjadi sangat mengganggu. Jadi, sudahkah Anda mempersiapkan diri dengan mengetahui penyebab water heater bocor? 

Water heater, atau pemanas air, adalah perangkat penting untuk menyediakan air hangat saat dibutuhkan. Seperti alat elektronik lainnya, water heater juga tak bisa dijauhkan dari berbagai masalah, seperti kebocoran. Selain mengakibatkan pemborosan air yang signifikan, kebocoran water heater sangat berdampak pada kerusakan struktur bangunan dan material di sekitarnya. 

Selain itu, air yang terus-menerus mengalir juga menciptakan kondisi ideal bagi pertumbuhan jamur dan jamur yang dapat membahayakan kesehatan penghuni rumah. Lebih lanjut, kebocoran dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan listrik dan komponen lain yang ada di sekitar water heater, meningkatkan risiko korsleting dan kebakaran. 

Oleh karena itu, mengatasi kebocoran water heater harus dilakukan dengan cepat dan tepat sesuai langkah-langkah yang benar. Simak artikel berikut hingga akhir untuk menemukan berbagai penyebab water heater bocor dan cara mengatasinya yang tepat. 

6 Faktor-faktor Penyebab Water Heater Mengalami Kebocoran

Penyebab Water Heater Bocor

Sebagai pengguna water heater, tentu Anda harus mengetahui mengapa water heater bisa bocor karena akan sangat membantu Anda dalam memilih penanganan yang tepat. Berikut merupakan faktor-faktor penyebab water heater bocor. 

Baca Juga: 3 Penyebab Water Heater Nyala Sebentar Terus Mati

1. Korosi pada Tangki

Tangki water heater, sebagai bagian inti dari perangkat ini mungkin mengalami kebocoran akibat beberapa faktor. Korosi menjadi salah satu pemicu utama dari kebocoran tangki, terutama jika air yang digunakan kaya akan mineral. Proses korosi ini umumnya dengan secara perlahan merusak lapisan pelindung tangki sehingga mengakibatkan kebocoran.

Tangki yang bocor tentu akan berdampak langsung pada kerusakan lantai dan dinding di sekitarnya hingga menimbulkan jamur yang akan mengganggu kesehatan Anda kedepannya. 

2. Seal Bocor

Seals, atau peredam, juga memainkan peran krusial dalam menjaga air tetap tertahan di dalam tangki. Jika seal pada water heater mengalami keausan atau kerusakan, kemungkinan terjadinya kebocoran akan meningkat. Umumnya seal bisa mengalami kerusakan karena paparan suhu yang begitu tinggi sehingga membuatnya menjadi lebih rapuh. 

Sama seperti tangki, seal yang bocor juga dapat mengakibatkan kebocoran bertahap yang sulit dideteksi. Air yang terus-menerus keluar dari perangkat ini nantinya akan menyebabkan kerusakan pada lantai dan struktur di sekitarnya. 

3. Keretakan pada Selang

Penyebab kerusakan berikutnya terletak pada selang air yang menghubungkan pasokan air dengan water heater karena komponen ini dapat mengalami keretakan seiring waktu. Faktor seperti suhu ekstrem dan tekanan air dapat merusak kualitas selang, sehingga menyebabkan kebocoran yang mungkin sulit dideteksi. 

Dampak serius dapat timbul ketika kebocoran akibat keretakan pada selang tidak segera diatasi, karena mencakup  kerusakan struktural dan potensi kebakaran jika air bocor ke area yang terpapar listrik.

4. Usia dan Kondisi Tangki

Water heater yang telah digunakan selama beberapa tahun kemungkinan besar akan mengalami penurunan kinerja dan risiko kebocoran yang lebih tinggi. Tangki water heater yang sudah tua rentan terhadap kebocoran dan korosi. Kebocoran yang tidak segera diatasi ini dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada properti. Pada tingkat yang lebih serius, kebocoran dapat menyebabkan kegagalan struktural tangki sehingga memerlukan penggantian tangki secara keseluruhan.

Baca Juga: Lapisan Enamel untuk Tangki Pemanas Air: Apa itu?

5. Tekanan Air yang Tinggi

Tekanan air yang tinggi juga menjadi faktor penyebab kebocoran karena dapat memberikan tekanan ekstra pada komponen water heater. Hal ini tentu dapat mengakibatkan kelelahan struktural dan, pada akhirnya, kebocoran. Tekanan yang berlebihan ini kemudian akan dapat menyebabkan kerusakan pada dinding dan lantai, serta memicu kebocoran lebih lanjut pada perangkat lain yang terhubung dengan sistem pipa.

6. Sambungan Pipa yang Longgar atau Rusak

Sambungan pipa yang mengalami keausan atau rusak dapat menjadi sumber potensial kebocoran. Hal ini dikarenakan getaran konstan dan perubahan suhu dapat membuat sambungan longgar seiring waktu. 

Selain itu, tekanan air yang berlebihan, diikuti dengan sambungan tersebut tidak terpasang dengan baik, dapat terjadi longgar atau bahkan terlepas. Kelembaban yang dihasilkan oleh kebocoran ini juga dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan membuat lingkungan di sekitarnya menjadi tidak sehat. 

Rheem: Solusi Water Heater Listrik Berkualitas dan Inovatif

Jadi, apakah water heater di rumah Anda berfungsi secara optimal atau mungkin mengalami kebocoran yang tak terduga? Jangan anggap remeh, karena penanganan dini dan perawatan yang rutin dapat mencegah kerugian yang lebih besar. 

Jika saat ini water heater Anda sedang mengalami kerusakan, Anda mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan bantuan dari teknisi dari Rheem. Selain dikenal sebagai produsen peralatan pemanas air berkualitas tinggi, Rheem juga menyediakan layanan profesional dapat memastikan perbaikan dilakukan dengan tepat dan efisien, serta dapat memberikan keuntungan dalam hal garansi, karena perbaikan yang dilakukan oleh teknisi tepercaya. 

Namun, tentunya mencegah lebih baik daripada memperbaiki, maka untuk mendapatkan solusi water heater yang andal dan inovatif, Anda juga bisa mempertimbangkan koleksi water heater listrik dari Rheem. 

Pilihan water heater listrik berkualitas, seperti Xwell Cube Classic Plus Electric Storage, yang tersedia dengan lapisan RheemGlas untuk meminimalkan risiko korosi atau RCY Electric Storage Water Heater yang tangkinya dilapisi dengan Blue Diamond Enamel seluruhnya tersedia untuk Anda. 

Tak perlu khawatir untuk kualitas setiap produk karena Rheem dikenal sebagai produsen peralatan pemanas air terkemuka dengan fokus pada kualitas, efisiensi, dan daya tahan.  Dengan berbagai fitur canggih dan teknologi terkini, water heater listrik Rheem tidak hanya memberikan kenyamanan pemanasan air yang optimal, tetapi juga dapat menjadi investasi jangka panjang yang aman dan andal untuk kebutuhan Anda. 

Jelajahi koleksi water heater dari Rheem sekarang untuk menemukan solusi pemanas air yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju