Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Tips Mencegah Water Heater yang Bising

| Jumat Desember 29, 2023
water heater bunyi bising

Apakah water heater di rumah Anda mengeluarkan suara berisik yang mengganggu ketika dinyalakan? Dalam kesibukan sehari-hari, water heater bunyi bising dapat mengganggu kenyamanan di rumah. Tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa menjadi pertanda adanya masalah yang perlu segera diatasi.

Jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kita akan membahas tips mencegah mesin water heater yang bising. Mulai dari langkah-langkah sederhana seperti pemeriksaan rutin dan pembersihan, hingga solusi yang lebih teknis seperti pengecekan elemen pemanas dan klep tekanan, Rheem akan memberikan panduan praktis bagi Anda yang ingin menikmati air hangat tanpa disertai dengan suara yang mengganggu. 

Melalui pengetahuan tentang penyebab umum dan solusi yang efektif, Anda dapat dengan mudah mengatasi permasalahan water heater yang bising dan menjaga kenyamanan rumah Anda. Simak selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Water Heater Bunyi Bising

Penyebab Water Heater Bunyi Bising

Suara bising pada water heater dapat menjadi tanda adanya beberapa masalah yang perlu segera diidentifikasi. Berikut ini beberapa penyebab water heater bunyi bising.

Baca Juga: Berbahaya! Ini 4 Penyebab Water Heater Nyetrum

1. Kotoran di dalam Tangki

Kotoran di dalam tangki water heater adalah salah satu penyebab umum suara bising yang dapat mengganggu. Akumulasi sedimen dan endapan mineral, seperti kapur atau kalsium, dapat terbentuk di dasar tangki seiring waktu. 

Ketika pemanas air diaktifkan, suhu tinggi dapat menyebabkan kotoran ini melepaskan gas atau uap, menciptakan suara gemuruh yang tidak diinginkan. Membersihkan tangki secara berkala dapat mengatasi masalah ini, menjaga kinerja optimal mesin water heater, dan mengurangi suara bising yang dihasilkan. Oleh karena itu, sebaiknya serahkan tugas ini kepada para profesional yang dapat melakukan pembersihan dengan aman dan efektif.

2. Thermostat Rusak

Selain itu, thermostat yang rusak juga dapat menjadi penyebab water heater mengeluarkan suara tidak wajar. Thermostat berperan penting dalam mengontrol suhu air, dan jika terjadi kerusakan atau ketidakmampuan, suhu air dapat menjadi tidak stabil, menciptakan ketidakseimbangan dan menghasilkan suara bising. 

Pemeriksaan dan penggantian thermostat yang rusak menjadi langkah yang diperlukan untuk mengembalikan fungsi normal perangkat. Jangan ragu untuk segera menghubungi teknisi jika menemui masalah dengan thermostat atau perangkat lainnya.

3. Sedimen di dalam Tangki

Ketiga, sedimen di dalam tangki juga dapat menyebabkan water heater bunyi bising. Endapan mineral yang mengumpul di bagian dasar tangki dapat mengganggu aliran air dan meningkatkan tekanan, menciptakan suara gemuruh saat air dipanaskan. Proses membersihkan sedimen secara teratur oleh teknisi dapat membantu mencegah akumulasi yang berlebihan dan menjaga kinerja water heater dalam kondisi optimal. 

Tips Mencegah Water Heater Bunyi Bising

Tips Mencegah Water Heater Bunyi Bising

Untuk mencegah water heater agar tidak menghasilkan suara bising yang mengganggu, ada beberapa tips yang dapat diterapkan:

Baca Juga: Cara Menggunakan Water Heater Listrik dengan Benar

1. Lakukan Pemeliharaan Rutin

Langkah pertama untuk mencegah water heater bunyi bising adalah dengan melakukan pemeliharaan rutin secara teratur. Pembersihan dan pemeriksaan berkala pada tangki, elemen pemanas, dan komponen lainnya dapat membantu mencegah akumulasi sedimen yang dapat menyebabkan suara bising. 

Melalui pemeliharaan rutin oleh ahli atau teknisi yang terjadwal, Anda dapat memastikan bahwa water heater tetap dalam kondisi optimal dan mengurangi risiko masalah yang dapat menghasilkan suara tidak diinginkan.

2. Gunakan Air Bersih

Menggunakan air bersih sebagai langkah pencegahan dapat berkontribusi secara signifikan untuk mencegah water heater bersuara bising. Air yang bersih dan bebas dari kotoran atau mineral akan mengurangi risiko pembentukan sedimen di dalam tangki. 

Pilih untuk menggunakan air bersih dari sumber yang tepercaya dan pertimbangkan instalasi filter air jika diperlukan. Melalui menghindari penggunaan air yang mengandung banyak mineral atau partikel, Anda dapat mengurangi kemungkinan terjadinya endapan yang dapat menyebabkan suara bising pada water heater.

3. Pasang Katup Reduksi Tekanan Air

Pasang katup reduksi tekanan air sebagai langkah pencegahan yang efektif untuk menghindari water heater bunyi bising. Tekanan air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan perangkat mengalami tekanan yang berlebihan dan menghasilkan suara bising. 

Anda dapat mengontrol dan menyesuaikan tekanan air sesuai dengan batas yang direkomendasikan oleh produsen water heater. Ini tidak hanya melindungi perangkat dari tekanan yang berlebihan, tetapi juga membantu menjaga kinerja dan mencegah suara tidak diinginkan akibat tekanan air yang tinggi.

4. Pilih Suhu yang Tepat

Memilih suhu yang tepat pada water heater adalah langkah penting untuk mencegah suara bising dan menjaga kinerja perangkat. Suhu air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ekspansi air dalam tangki, menciptakan tekanan yang berlebihan dan berpotensi menyebabkan suara gemuruh atau bising.

Sebaliknya, suhu yang terlalu rendah mungkin tidak memuaskan kebutuhan air panas Anda. Oleh karena itu, menetapkan suhu yang disarankan oleh produsen dan sesuai dengan kebutuhan rumah tangga adalah langkah bijak. 

5. Perhatikan Waktu Pemakaian

Sebagai langkah pencegahan yang sederhana namun efektif, perhatikan waktu pemakaian water heater agar dapat mencegah suara bising yang tidak diinginkan. Hindari penggunaan air panas secara bersamaan dalam jumlah besar, terutama jika water heater memiliki kapasitas terbatas. 

Penggunaan air panas yang berlebihan pada saat yang sama dapat meningkatkan tekanan dalam sistem, menyebabkan suara gemuruh atau bising yang mengganggu. Memperhatikan pola pemakaian dapat mengoptimalkan kinerja water heater tanpa menimbulkan tekanan berlebihan pada perangkat.

Jika water heater bunyi bising, solusi terbaik adalah memanggil ahli profesional. Mereka dapat dengan cermat mengidentifikasi dan memperbaiki akar permasalahan, dari kerusakan komponen hingga penumpukan sedimen. 

Rheem Water Heater untuk Performa Terbaik Kebutuhan Pemanas Air

Pertimbangkan untuk menghubungi teknisi dari Rheem untuk layanan yang berkualitas dan dijamin. Menggunakan jasa ahli tidak hanya menghilangkan suara bising pada water heater Anda, tetapi juga memastikan perbaikan yang efisien dan tahan lama. 

Selain itu, Rheem juga menyediakan berbagai pilihan water heater yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Salah satunya Xwell Cube Classic Plus Electric Storage Water Heater dengan berbagai fitur canggih yang menjadikannya rekomendasi unggul untuk kebutuhan pemanas air Anda. Elemen pemanas Incoloy yang digunakan dalam water heater ini tidak hanya memberikan kinerja tahan lama, tetapi juga menjamin pancuran air panas yang konsisten selama bertahun-tahun. 

Produk water heater dari Rheem menawarkan kinerja yang andal dan efisiensi energi. Jangan ragu untuk mengunjungi Rheem untuk menemukan berbagai pilihan produk water heater yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju