Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Ukuran Pipa Water Heater dan Tips Instalasinya

| Jumat Maret 31, 2023
Ukuran Pipa Water Heater dan Tips Instalasinya

Memasang water heater bukan hanya perihal menempatkan unit pada posisi yang pas. Anda juga perlu mengetahui ukuran pipa water heater yang tepat agar alat pemanas air ini bisa berfungsi dengan baik dan dapat menyediakan air panas dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Dalam artikel kali ini, Rheem akan membantu Anda mengenal ukuran pipa water heater yang sesuai agar dapat memasakan air dengan baik. Jadi, Anda dapat menggunakan air panas dan merasakan berbagai manfaatnya terutama saat malam hari. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Berapa Ukuran Pipa Water Heater yang Baik?

Ukuran Pipa Water Heater dan Tips Instalasinya

Ukuran pipa water heater yang baik sangat penting untuk diperhatikan ketika akan memasang water heater di rumah. Ukuran yang sesuai akan membantu menciptakan performa water heater yang lebih optimal serta menghindari masalah seperti kerusakan pada water heater atau masalah pada sistem plumbing.

Untuk ukuran pipa yang baik, pada umumnya direkomendasikan untuk menggunakan pipa dengan diameter sekitar 1 inci. Pipa dengan diameter ini mampu mengalirkan air dengan lancar dan cepat, sehingga water heater akan dapat bekerja dengan maksimal dalam penyediaan air hangat untuk Anda dan keluarga.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan panjang pipa yang digunakan. Semakin panjang pipa yang digunakan, maka tekanan air yang dihasilkan akan semakin rendah. Oleh karena itu, untuk menjaga tekanan air yang normal dan dapat berfungsi dengan baik, disarankan untuk menggunakan pipa dengan panjang yang sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran pipa yang terlalu besar juga tidak baik untuk digunakan. Pipa yang terlalu besar akan menyebabkan air yang dihasilkan tidak memiliki tekanan yang cukup, sehingga water heater tidak dapat menghasilkan air dengan baik. Tak jarang hal ini akan menghambat penyediaan air pada water heater.

Baca juga: Water Heater Listrik Vs Gas: Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Dampak Apabila Ukuran Pipa Water Heater Tidak Sesuai

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menggunakan pipa water heater yang tidak sesuai ukurannya dapat menyebabkan berbagai masalah pada sistem pengairan water heater. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap seputar beberapa dampak yang dapat terjadi jika menggunakan pipa water heater yang tidak sesuai ukurannya:

1. Performa Water Heater Menjadi Kurang Optimal

Salah satu dampak dari menggunakan pipa water heater yang tidak sesuai ukurannya adalah performa water heater yang menjadi kurang optimal. Ukuran pipa yang tidak sesuai dapat menyebabkan air tidak dapat mengalir dengan lancar dan cepat seperti yang diharapkan. Jadi, water heater tidak dapat bekerja dengan optimal. Hal ini dapat menyebabkan air yang dihasilkan tidak cukup panas sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Kerusakan Pada Water Heater

Salah satu dampak lain dari penggunaan pipa water heater yang tidak sesuai ukurannya adalah munculnya beberapa kerusakan pada komponen water heater. Pipa yang terlalu kecil dapat menyebabkan tekanan yang terlalu tinggi dan mendorong adanya kerusakan pada heating element atau thermostat. Di sisi lain, pipa yang terlalu besar juga dapat menyebabkan air yang tidak cukup panas karena tekanan air yang rendah.

3. Sistem Plumbing yang Bermasalah

Dampak lain dari menggunakan pipa water heater yang tidak sesuai ukurannya adalah masalah pada sistem plumbing. Pasalnya, ukuran pipa yang terlalu kecil dapat menyebabkan tersumbatnya pipa dan adanya tekanan yang terlalu tinggi pada sistem. 

Hal ini juga berlaku sama pada ukuran pipa yang terlalu besar sebab tekanan yang rendah akan membuat air yang dialirkan tidak mengalami pemanasan dengan baik. Jadi saat dialirkan pun, Anda justru akan menerima air dingin.

4. Tekanan Air yang Dihasilkan Tidak Memadai

Dari beberapa permasalahan yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagian besar masalah dan kerusakan akibat ukuran pipa water heater yang tidak sesuai terpengaruh oleh tekanan air.. Memang tak dapat dimungkiri, tekanan air sangat berpengaruh pada bagaimana water heater bekerja. 

Sebab itulah ukuran pipa yang kecil akan menurunkan tekanan air dan water heater tidak dapat mengalirkan air dengan baik. Begitu pula pada pipa yang berukuran terlalu besar. Banyaknya ruang yang tersedia akan mendorong pengairan volume air yang lebih besar pula. 

Apa yang terjadi? Tentu saja tekanan menurun dan proses pemanasan oleh komponen heating dalam water heater tidak dapat bekerja sempurna sebab jumlah air yang harus dipanaskan menjadi bertambah.

Baca juga: Berbahaya! Ini 4 Penyebab Water Heater Nyetrum

4 Proses Instalasi Water Heater oleh Teknisi Ahli

Konsumsi Listrik Water Heater

Instalasi water heater yang benar akan memastikan performa yang optimal serta menghindari masalah kerusakan pada water heater. Namun perlu diingat bahwa proses ini hanya perlu dilakukan oleh teknisi ahli. Tenang saja, jika Anda memilih Rheem, kami telah menyediakan teknisi untuk pemasangan water heater Anda. Adapun tahapan proses instalasi water heater oleh teknisi ahli antara lain:

1. Pemilihan Pipa dengan Ukuran yang Sesuai dengan Kebutuhan

Mendefinisikan ukuran pipa yang tepat adalah hal yang sangat penting dalam proses instalasi water heater. Biasanya, para teknisi ahli telah memiliki kriteria pipa dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, dilihat dari besarnya kapasitas water heater. 

Namun, pada umumnya, ukuran pipa yang digunakan memiliki diameter ukuran kurang lebih 1 inci. Alasannya, karena ukuran pipa ini dapat mengalirkan air dengan volume yang pas dan lebih lancar.

2. Pengecekan Kondisi Water Heater Sebelum Diinstal

Selanjutnya, teknisi ahli akan melakukan pengecekan kondisi water heater terlebih dahulu. Hal ini akan memastikan bahwa water heater yang akan dipasang dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. 

Pengecekan kondisi water heater biasanya dilakukan dengan melihat kondisi fisiknya dan komponen di dalamnya seperti heating element, thermostat, pressure relief valve, dan lain sebagainya. Teknisi ahli akan memastikan bahwa semua komponen dalam kondisi yang baik sebelum instalasi untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi selama penggunaan.

3. Penentuan Lokasi yang Tepat 

Tak lupa, sebelum melakukan instalasi, teknisi ahli juga akan melakukan penentuan lokasi yang tepat untuk instalasi water heater. Hal ini penting untuk dilakukan agar water heater dapat bekerja dengan sempurna dalam menyediakan air hangat untuk Anda dan keluarga. 

Lokasi yang dipilih biasanya harus memastikan bahwa water heater dapat diakses dengan mudah dan memastikan bahwa air yang dihasilkan dapat dijangkau dengan mudah oleh semua peralatan yang akan digunakan.

4. Pengaturan dan Pengujian Water Heater 

Setelah instalasi selesai, teknisi ahli akan melakukan pengaturan dan pengujian water heater untuk memastikan bahwa water heater berfungsi dengan baik. Hal ini juga penting dilakukan agar menghindari masalah yang mungkin terjadi setelah instalasi selesai. 

Pengaturan yang dilakukan akan memastikan bahwa water heater dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan dan pengujian akan memastikan bahwa water heater dapat digunakan dan mengalirkan air dengan sempurna setelah instalasi selesai.

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya Pasang Water Heater?

Saat proses instalasi berjalan, pastikan teknisi ahli menemukan titik keran air sesuai dengan kebutuhan Anda dan keran sudah terpasang sebelum disambungkan dengan pipa air bersih. Hal ini akan memudahkan kamu menutup keran jika suatu saat terjadi korsleting atau jenis kerusakan lain pada unit water heater. 

Jadi, memastikan ukuran pipa water heater yang digunakan sesuai dengan kebutuhan adalah bagian penting dalam proses pemasangan water heater. Saat seluruh proses pemasangan berjalan dengan baik dan water heater berfungsi maksimal, Anda dapat menikmati mandi air hangat yang merelaksasi otot serta menenangkan. 

Tunggu dulu, selain ukuran pipa, Anda juga perlu memastikan bahwa water heater yang digunakan berkualitas. Untuk itu, pilih RC Plus Classic Plus Electric Storage Water Heaters untuk melengkapi kebutuhan air panas rumah tangga Anda. Rheem menggunakan bahan-bahan kualitas terbaik pada setiap produknya. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai kapasitas water heater Rheem mulai dari 10 L. Siap merasakan sensasi mandi air hangat yang nyaman? Segera kunjungi Rheem dan temukan produk water heater andalan Anda sekarang juga.

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju