Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Tips Memilih Ukuran Water Heater yang Cocok untuk Kebutuhan Anda

| Kamis Juli 14, 2022
ukuran water heater

Segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga harus diperhitungkan dengan seksama, salah satunya ukuran water heater yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak memakan banyak daya listrik dan air.

Water heater saat ini dapat dikatakan menjadi salah satu daftar wajib kebutuhan rumah. Sebab, air hangat membawa banyak sekali manfaat bagi tubuh. Dalam artikel berikut ini, Rheem akan berbagi cara memilih ukuran water heater yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5 Rekomendasi Ukuran Water Heater

Water heater memiliki beberapa ukuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan air dalam rumah. Ukuran dalam water heater berkaitan dengan besarnya kapasitas tangki penyimpanan air. Berikut merupakan beberapa ukuran water heater:

1. Water Heater 10L

Ukuran water heater 10 liter ini merupakan ukuran terkecil. Water heater ini dapat digunakan untuk mandi 1 orang dengan catatan tidak terdapat penggunaan bathtub di dalamnya.

2. Water Heater 30L 

Water heater dengan ukuran 30 liter dapat digunakan pada rumah dengan jumlah anggota tidak melebihi 5 orang dengan ketentuan yang sama yaitu tanpa bathtub di dalamnya.

3. Water Heater 50L

Water heater dengan ukuran 50 liter mampu menyediakan air panas untuk 2 orang bila terdapat penggunaan bathtub. Jika tidak, ukuran ini dapat mengalirkan air panas untuk 6 hingga 7 orang.

4. Water Heater 80L

Water heater 80 liter dapat menyediakan persediaan air panas untuk bangunan dengan jumlah penghuni 8 hingga 10 orang apabila tidak terdapat penggunaan bathtub dalam rumah.

5. Water Heater 100L

Water heater 100 liter dapat digunakan untuk menyediakan persediaan air panas untuk 4 orang dengan penggunaan bathtub dan 11 hingga 14 orang bila hanya digunakan mandi tanpa bathtub dalam rumah.

Cara Menghitung Kebutuhan Air Panas dan Ukuran Water Heater yang Dibutuhkan

menghitung kebutuhan air

Beraktivitas di dalam rumah tentu membutuhkan aliran air baik dingin maupun panas. Agar produk water heater dan penggunaan air sesuai dengan kebutuhan, maka diperlukan perhitungan yang tepat. Berikut merupakan cara menghitung kebutuhan air dan menentukan ukuran water heater yang tepat untuk hunian Anda.

1. Menghitung Kebutuhan Air

Menghitung kebutuhan air dilakukan dengan melihat jumlah penghuni dan kisaran ketentuan penggunaan air. Ketentuan ini ditetapkan pada setiap bangunan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Kebutuhan jumlah air ditetapkan sebagai berikut:

  • 150 liter/orang/hari untuk rumah sederhana
  • 250 liter untuk rumah mewah
  • 100 liter untuk rumah komersial
  • 50 liter untuk kantor
  • Dan lain sebagainya

Kriteria di atas kemudian akan dikalikan dengan jumlah anggota setiap tempat tinggal atau total perkiraan pengguna bangunan tersebut. Kebutuhan air dapat dihitung menggunakan cara berikut ini:

Kebutuhan air = Kebutuhan konsumsi harian per liter x Jumlah pengguna atau populasi per orang.

2. Ukuran Water Heater yang Dibutuhkan

Melalui ketentuan penggunaan air di atas, Anda dapat menentukan ukuran water heater sesuai dengan yang dibutuhkan. Apabila pada rumah mewah terdapat 6 orang anggota keluarga, maka dapat dipilih ukuran kapasitas water heater 50 hingga 100 liter pada beberapa kamar mandi untuk mengalirkan kebutuhan air panas.

Pemilihan ukuran water heater sesuai dengan kebutuhan dapat disesuaikan pada standar kisaran jumlah air yang diperlukan rumah tangga berdasarkan jenis bangunan dan jumlah anggota.

Pada ukuran kapasitas water heater 15 liter idealnya digunakan oleh 1 hingga 2 orang, sedangkan 30 liter dapat digunakan oleh 3 hingga 4 orang.

Jumlah anggota keluarga penting untuk diperhatikan dalam pemilihan water heater agar menghindari pemanasan ulang pada penggunaan selanjutnya yang membutuhkan banyak waktu.

4 Tips Tambahan untuk Memilih Water Heater yang Tepat

tips memilih water heater

Selain kebutuhan air dan jumlah pengguna, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih untuk membeli water heater. 4 hal di bawah ini dapat menjadi panduan untuk membantu Anda menemukan water heater yang cocok sesuai dengan kebutuhan air panas.

1. Perhatikan Daya Listrik

Saat memilih untuk membeli water heater, sesuaikan dengan kemampuan daya listrik bangunan. Umumnya water heater membutuhkan banyak kebutuhan listrik, sehingga penting untuk melihat produk yang sesuai dan akan lebih baik jika memiliki fitur hemat daya.

2. Perawatan dan Keamanan Produk

Bukan tidak mungkin pada suatu produk akan muncul sebuah permasalahan seperti kebocoran pada pipa atau water heater. Maka dari itu, pilih produk yang mudah untuk dilakukan perawatan berkala dan terbuat dari bahan berkualitas sehingga mengurangi risiko munculnya karat pada pipa dan bagian lain yang terdampak suhu tinggi.

3. Instalasi Pipa Air

Dalam melakukan pemasangan water heater, perhatikan instalasi pipa rumah dan pipa pada water heater. Pemasangan pipa yang kurang tepat dapat memengaruhi kelancaran aliran air ke water heater.

Pastikan pipa dalam rumah terpasang serta dapat mengalirkan air dengan baik dan pipa pada water heater terpasang dengan tempat, jarak antar pipa, serta ukuran yang sesuai.

4. Pilih Produk yang Berkualitas

Memilih produk dengan kualitas yang baik pula dilakukan bukan tanpa alasan. Produk yang berkualitas biasanya memiliki daya tahan dan usia pemakaian yang lebih panjang dikarenakan penggunaan bahan serta komponen yang baik. Salah satu produk ciri produk yang berkualitas adalah tersedianya garansi pada produk sebagai bentuk antisipasi pada permasalahan yang mungkin muncul.

Demikian merupakan hal yang harus diperhatikan dalam memilih ukuran water heater sesuai kebutuhan. Selalu pilih produk water heater berkualitas dan ramah lingkungan seperti Rheem  RC Classic Plus Electric Storage Water Heaters.

Produk Rheem RC classic plus terbuat dari material pipa anti korosi dan lapisan insulasi yang mampu mengurangi terjadinya penurunan panas. Hubungi Rheem sekarang dan dapatkan water heater terbaik dengan segala ukuran!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju