Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Tagihan PDAM Membengkak: Ketahui Penyebab dan Cara Menguranginya

| Kamis Maret 7, 2024
tagihan pdam membengkak

Tagihan PDAM membengkak dapat menjadi permasalahan yang membebani banyak rumah tangga, dan seringkali memicu kekhawatiran terkait pengeluaran bulanan. Pasalnya, peningkatan yang tidak terduga dalam tagihan air dapat memengaruhi stabilitas keuangan dan mendorong banyak orang untuk mencari solusi efektif. 

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan penyebab umum naiknya tagihan PDAM, serta menyajikan alternatif-alternatif cerdas yang dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Jadi, Anda dapat mulai melakukan tindakan pencegahan agar tidak ada lagi penggunaan air yang berlebihan. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Penyebab Umum Tagihan PDAM Membengkak

Tagihan PDAM yang membengkak dapat menjadi masalah serius bagi banyak rumah tangga. Itu sebabnya, beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam tagihan air ini perlu dipahami secara mendalam. Berikut adalah penyebab umum tagihan PDAM yang membengkak:

Baca Juga: 12 Tips Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan dan Manfaatnya

1. Kebocoran Pipa

Pipa yang bocor dapat mengakibatkan pemborosan air yang signifikan. Kondisi ini bisa sulit untuk dideteksi secara langsung, dan seringkali kebocoran terjadi di area yang sulit dijangkau. 

Sebab itu, Anda perlu memperhatikan gejala-gejala kebocoran pipa dan segera melakukan perbaikan jika ditemukan masalah tersebut. Beberapa gejala atau tanda kebocoran pipa antara lain muncul suara gemuruh, tekanan air yang tiba-tiba berubah, muncul genangan air di area sekitar pipa.

2. Penggunaan Air Berlebihan

Penggunaan air yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab tagihan PDAM yang membengkak. Kebiasaan menggunakan air secara berlebihan, seperti meninggalkan keran terbuka atau menggunakan peralatan rumah tangga yang boros air, dapat menyebabkan peningkatan konsumsi air yang signifikan. 

3. Tarif PDAM yang Tinggi

Tarif PDAM yang tinggi juga turut berkontribusi terhadap peningkatan tagihan air. Struktur tarif yang tidak proporsional atau terlalu tinggi dapat memberikan beban finansial tambahan bagi konsumen. Perlu dipahami bahwa struktur tarif PDAM di wilayahnya dan mencari cara untuk mengelola penggunaan air agar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

4. Kualitas Peralatan dan Instalasi PDAM

Kualitas peralatan dan instalasi PDAM yang kurang baik juga dapat menjadi faktor penyebab tagihan air yang membengkak. Peralatan yang sudah tua atau rusak dapat menyebabkan kebocoran dan inefisiensi dalam distribusi air. Pemeliharaan rutin dan penggantian peralatan yang tidak efektif dapat membantu mengurangi risiko masalah ini.

Alternatif Mengurangi Tagihan PDAM

Tenang saja, dengan menerapkan alternatif yang tepat, Anda dapat mengurangi besaran tagihan PDAM sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Berikut adalah 2 alternatif efektif untuk mengefisiensikan tagihan PDAM:

1. Menggunakan Solar Water Heater

Dalam upaya mengurangi tagihan PDAM, penggunaan solar water heater menjadi alternatif yang efektif. Keuntungan utama dari menggunakan solar water heater adalah penghematan biaya energi. Melalui pemanfaatan energi matahari, Anda dapat mengurangi ketergantungan pada listrik atau gas untuk memanaskan air, sehingga menghasilkan penghematan finansial yang signifikan. 

Selain itu, penggunaan solar water heater juga bersifat ramah lingkungan karena memanfaatkan sumber energi terbarukan. Oleh karena itu, pilihan ini tidak hanya memberikan keuntungan finansial, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Untuk memaksimalkan manfaatnya, pastikan memilih solar water heater dengan kapasitas sesuai kebutuhan, kualitas produk yang baik, dan instalasi oleh tenaga profesional.

2. Mengelola Penggunaan Air Secara Efisien

Cara kedua yang dapat diterapkan untuk mengurangi tagihan PDAM adalah dengan mengelola penggunaan air secara efisien. Pertama, memilih dan menginstal peralatan penghemat air, seperti keran dan shower dengan teknologi efisien dapat membantu mengurangi aliran air tanpa mengurangi kenyamanan pengguna. 

Kedua, pertimbangkan penggunaan toilet hemat air yang menggunakan jumlah air lebih sedikit setiap kali digunakan. Selain itu, ada tips praktis yang bisa Anda terapkan untuk menghemat tagihan PDAM seperti mematikan keran saat tidak digunakan dan memperbaiki kebocoran pipa secara cepat dapat menjadi langkah-langkah efektif dalam mengurangi konsumsi air sehari-hari. 

Rekomendasi Solar Water Heater Terbaik

Dalam memilih solar water heater, Rheem menjadi salah satu merek yang patut dipertimbangkan. Berikut adalah dua produk solar water heater dari Rheem yang bisa menjadi pilihan Anda:

Baca Juga: 6 Rekomendasi Water Heater Hemat Energi Terbaik untuk Kenyamanan Anda

1. SS Indirect Solar Water Heater

SS Indirect Solar Water Heater dari Rheem merupakan pilihan yang sangat menguntungkan untuk rumah tangga yang menginginkan efisiensi tinggi dalam memanfaatkan energi matahari. Keunggulan utamanya terletak pada efisiensi tinggi sistem, di mana teknologi collector copper dan tempered glass yang canggih digunakan untuk optimal dalam menyerap dan mentransfer panas ke air. 

Dari teknologi indirect, solar water heater ini tetap beroperasi efektif bahkan dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat karena menggunakan fluida termal untuk mentransfer panas ke air. 

Material stainless steel dan skin tangki dari colorbond berkualitas tinggi yang digunakan dalam konstruksi SS Indirect Solar Water Heater menjadikannya tahan lama dan awet, sehingga menghadirkan solusi pemanas air yang tepat dan dapat diandalkan dalam jangka waktu yang panjang.

2. VE Direct Solar Water Heater

VE Direct Solar Water Heater dari Rheem menawarkan solusi pemanas air yang efisien dengan desain yang compact. Keunggulan utamanya terletak pada desain yang mudah dipasang bahkan di ruang terbatas. 

Solar water heater ini memanfaatkan sinar matahari secara langsung untuk memanaskan air menggunakan polyurethane foam tebal 5 cm sehingga lebih cepat dan bertahan lebih lama. Hal ini menjadikannya pilihan yang efisien terutama dalam kondisi cuaca yang cerah. 

VE Direct Solar Water Heater juga menonjol dengan bahan penyimpanan air yang digunakan yaitu vitreous enamel yang tahan panas dan tekanan tinggi. Desain yang userfriendly membuatnya sangat sesuai untuk berbagai tipe rumah dan memberikan kenyamanan dan kinerja yang andal bagi penggunanya. 

Mengapa Solar Water Heater dari Rheem dapat menjadi Alternatif yang Efektif

Solar water heater dari Rheem menjadi alternatif yang efektif dalam memenuhi kebutuhan pemanas air rumah tangga dengan berbagai keunggulan yang membuatnya unggul. Pertama-tama, Rheem menyediakan banyak pilihan ukuran kapasitas air, memungkinkan konsumen untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. 

Baca Juga: Water Heater Listrik Dinyalakan Terus, Apakah Aman?

Melalui berbagai fitur unggulan seperti pilihan ukuran kapasitas yang beragam, tangki penyimpanan yang tahan lama, kolektor efisien, isolasi padat, kualitas kontrol yang ketat, tempered glass, dan cover Zincalume, solar water heater dari Rheem tidak hanya menjadi alternatif yang efektif untuk kebutuhan pemanas air, tetapi juga menghadirkan solusi yang andal, berkualitas tinggi, dan ramah lingkungan.

Dalam menangani masalah tagihan PDAM membengkak, memilih solusi efektif seperti penggunaan solar water heater dari Rheem dapat menjadi langkah cerdas. Tentunya hal ini juga harus diikuti dengan kebiasaan menghemat air atau menggunakan air secukupnya saja. Jadi, tidak akan ada lagi tagihan air yang lebih besar dibanding penggunaan biasanya.

Bagi Anda yang ingin segera mengatasi masalah penggunaan air yang berlebihan dan beralih ke solusi yang lebih efisien, Rheem menyediakan solar water heater dengan beragam fitur unggulan. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki pemanas air yang ramah lingkungan dan hemat energi. Dapatkan Solar Water Heater dari Rheem sekarang dan mulailah menikmati manfaatnya.

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju