Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

5 Bahaya Mandi Malam yang Perlu Diwaspadai

| Wednesday July 20, 2022
bahaya mandi malam

Sebagian besar orang baru selesai bekerja pada waktu malam hari, sehingga mau tidak mau mereka akan mandi di malam hari. Beberapa penelitian mengatakan bahwa sebetulnya mandi di malam hari bukanlah suatu masalah, justru akan membersihkan tubuh dari kotoran dan memberikan efek segar sehingga tidur akan lebih nyaman.

Namun, terdapat beberapa keadaan yang harus diperhatikan seputar bahaya mandi malam apabila dilakukan secara terus-menerus.

5 Bahaya Mandi Malam

mandi malam bahaya

Meski memiliki banyak manfaat, mandi di malam hari dapat menimbulkan dampak buruk terutama saat menggunakan air dingin. Mandi di malam hari dapat mengganggu kondisi tubuh sehingga lebih mudah sakit. Berikut ini merupakan 5 bahaya mandi di malam hari:

1. Mudah Terserang Flu

Mandi malam menggunakan air dingin dapat memudahkan penyakit flu untuk masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut didorong oleh suhu tubuh yang menjadi rendah ketika mandi di malam hari sehingga memudahkan virus untuk berkembang.

Pada malam hari, tubuh sudah berada pada waktu istirahat sehingga disarankan untuk tidak melakukan aktivitas lain. Jika Anda masih beraktivitas, kondisi tubuh akan tidak fit, memudahkan kondisi seperti flu terjadi.

2. Memperburuk Peradangan Pada Sendi

Bila Anda memiliki penyakit seperti reumatik atau peradangan sendi, sebaiknya hindari mandi di malam hari menggunakan air dingin. Suhu dingin pada air dan udara dapat menyebabkan munculnya nyeri pada beberapa titik. 

Meskipun efek yang dimunculkan hanya sesaat, tetapi ketika kebiasaan mandi malam air dingin dilanjutkan, maka besar kemungkinan akan membawa dampak buruk pada nyeri persendian.

3. Risiko Terjadi Hipotermia

Hipotermia adalah keadaan di mana suhu badan manusia turun dan berada di bawah rata-rata suhu normal yaitu 35 derajat celsius. Pada malam hari, udara akan menjadi lebih dingin dan lembap. Sehingga, ketika mandi malam akan meningkatkan risiko mengalami hipotermia.

Ketika tidak dapat menahan rasa dingin, tubuh akan menggigil dan detak jantung meningkat. Hal ini tentu dapat membahayakan kondisi seseorang karena berisiko kematian.

4. Mengalami Gangguan Metabolisme

Berdasarkan penelitian beberapa sumber, mandi air dingin di malam hari akan menyebabkan gangguan metabolisme tubuh sehingga dibutuhkan pasokan oksigen yang lebih banyak untuk menyeimbangkan keadaan metabolisme.

Padahal kondisi tubuh belum tentu bisa menerima dan tahan akal hal tersebut. Apalagi, suhu di malam hari juga cenderung rendah dan suhu air pun mengikuti bagaimana keadaan cuaca.

5. Menimbulkan Ketegangan Otot

Penurunan suhu tubuh tidak hanya akan menyebabkan hipotermia, tetapi juga ketegangan otot. Suhu dingin pada tubuh akan mengganggu sirkulasi darah sehingga menyebabkan ketegangan otot atau otot kaku.

Mandi air dingin di malam hari dengan keadaan suhu rendah dapat menimbulkan ketegangan pada otot karena air yang masuk melalui pori-pori. Saat otot kaku, Anda akan merasakan nyeri yang hebat pada beberapa bagian.

Kapan Waktu yang Baik Untuk Mandi?

Sebagai aktivitas membersihkan tubuh dari kotoran, mandi sebaiknya dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Idealnya, mandi sore dilakukan sekitar pukul 4 hingga 7 malam setelah beraktivitas.

Mandi di pagi hari dapat membantu meningkatkan semangat untuk beraktivitas. Tidak hanya itu, mandi pagi juga dapat mendorong organ tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel imun sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

Sedangkan mandi di sore hari akan membantu tubuh merasa segar kembali setelah melakukan berbagai aktivitas. Hal ini juga membantu menghilangkan kuman dan kotoran lainnya yang menempel pada tubuh. Dengan demikian, tidur akan lebih berkualitas dan nyenyak.

Bolehkah Mandi Air Hangat di Malam Hari?

bolehkah mandi air hangat malam hari

Mandi malam dianjurkan untuk dilakukan terlebih setelah beraktivitas, dengan ketentuan menggunakan air hangat. Berdasarkan penelitian, mandi air hangat di malam hari dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Pada sebagian orang dengan kondisi tertentu seperti contoh seseorang yang diharuskan melakukan tindakan operasi, mandi malam menggunakan air hangat justru dianjurkan supaya membersihkan tubuh dan membantu menghilangkan bakteri sebelum tindakan dilakukan.

Berbagai manfaat Mandi Air Hangat

Mandi air hangat di malam hari dapat membantu membuat tubuh lebih bersih, tenang, dan mengurangi stres. Setiap hari, Anda menjalani berbagai aktivitas dengan beban yang berbeda mulai dari pagi hingga malam hari. Maka jangan ragu untuk mandi di malam hari dengan air hangat untuk membantu menghilangkan penat.

Selain itu, mandi menggunakan air hangat memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung dan melancarkan peredaran darah. Pembuluh dalam darah akan melebar saat terkena suhu panas, sehingga membantu melancarkan aliran darah yang dapat menyehatkan jantung dan mencegah terjadinya penyakit berkaitan dengan tekanan darah.

Mandi air hangat juga dapat membantu mengatasi susah tidur. Saat mandi menggunakan air hangat, suhu tubuh akan berubah menjadi tinggi. Ketika selesai, suhu tubuh akan kembali normal secara seketika. Perubahan suhu tubuh yang drastis inilah yang menyebabkan timbulnya rasa kantuk. Anda dapat mencoba untuk berendam dengan menambahkan aromaterapi agar menghilangkan stres dan rasa lelah secara optimal.

Demikian merupakan bahaya mandi malam terutama saat menggunakan air dingin. Singkatnya, Anda diperbolehkan mandi malam dengan catatan menggunakan air hangat untuk menghindari bahaya air dingin di malam hari. Bila mengalami kesulitan pada penyediaan air hangat, gunakan water heater untuk mempermudah aliran air hangat Anda.

Rheem menyediakan berbagai kebutuhan water heater yang dapat menjadi pilihan kebutuhan rumah tangga Anda. Tidak hanya kebutuhan rumah tangga, Rheem juga menyediakan water heater untuk kebutuhan komersial dengan kualitas terbaik. Segera hubungi Rheem dan temukan pilihan water heater favorit Anda.

By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK