Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Mengenal Water Heater, Mesin Pemanas Air Untuk Kamar Mandi

| Selasa Februari 28, 2023

Apakah Anda ingin mandi menggunakan air hangat dengan lebih efisien? Gunakan saja water heater dari Rheem. Mesin pemanas air untuk kamar mandi ini lebih praktis dalam penyediaan air panas daripada Anda merebus air secara manual. 

Saat ini, pengguna water heater makin marak lantaran memberikan efisiensi kepada penggunanya. Ada banyak jenis pemanas air yang dapat Anda gunakan, mulai dari pemanas air listrik, gas, hingga tenaga solar. Anda perlu tahu jenis-jenis pemanas air ini agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau begitu, mari simak pembahasan lengkap di bawah ini. 

Water Heater: Mesin Pemanas Air Untuk Kamar Mandi

Water heater merupakan alat  yang digunakan untuk memanaskan air dengan lebih efisien. Anda dapat menggunakan water heater untuk keperluan mandi, bisa juga untuk berbagai keperluan komersial seperti membersihkan peralatan dapur dan mencuci pakaian. 

Beberapa water heater memiliki fitur-fitur tambahan seperti pengaturan suhu, pengaturan timer, dan sistem pengaman untuk mencegah kebocoran. Water heater juga dapat digunakan untuk menyimpan air panas agar selalu tersedia setiap saat.

Perawatan yang baik dapat memperpanjang umur water heater dan meningkatkan efisiensi energinya. Hal ini termasuk membersihkan sedimentasi yang terdapat di dalam water heater, memeriksa koneksi pipa dan konektor, dan mengecek tekanan air. 

Jika water heater Anda menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau tidak bekerja dengan baik, sebaiknya segera menghubungi teknisi untuk memperbaikinya.

Baca juga: 3 Rekomendasi Pemanas Air Mandi Hemat Listrik dari Rheem

4 Jenis Water Heater

Jenis Water Heater

Water heater terdiri dari berbagai jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Produksi water heater sendiri makin berkembang, terutama untuk sistem dan material yang digunakan. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui jenis water heater supaya bisa memilihnya dengan tepat. Yuk kenali jenis water heater tersebut berikut ini.

1. Water Heater Listrik 

Jenis water heater ini menggunakan tenaga listrik untuk memanaskan air. Water heater listrik termasuk jenis pemanas air yang paling umum digunakan di rumah-rumah dan apartemen. Kelebihan dari water heater listrik salah satunya mudah dioperasikan dan dapat diinstal di mana saja. Pemanas air ini terdiri dari 2 tipe, yaitu pemanas air listrik instan dan pemanas air yang memiliki tangki.

2. Water Heater Gas 

Pemanas air ini menggunakan gas, baik itu elpiji maupun gas alam sebagai energi untuk memanaskan air. Kelebihan dari water heater gas yaitu biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan water heater listrik. Namun, water heater gas memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang lebih sering daripada water heater listrik.

3. Water Heater Solar 

Water heater solar memanfaatkan energi matahari untuk bisa bekerja. Jika rumah Anda berada di wilayah dengan cahaya matahari yang cukup, sebaiknya menggunakan pemanas air ini. Air dingin yang mengalir akan langsung dipanaskan matahari pada komponen kolektor, lalu disimpan di tangki untuk Anda gunakan. Pemanas air solar ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu untuk kebutuhan rumah tangga dan komersial. 

4. Heat Pump Water Heater 

Jenis water heater yang satu ini memanfaatkan panas freon dari AC yang biasanya dibuang. Freon yang masih dalam kondisi panas dialirkan ke heat exchanger yang akan memanaskan air di tangki penampungan. Komponen heat pump pada pemanas air ini sudah menjadi satu kesatuan yang dirancang untuk menghasilkan air panas. 

3 Manfaat Menggunakan Water Heater

Manfaat Menggunakan Water Heater

Water heater sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk mandi saja. Anda bisa menggunakannya untuk keperluan rumah tangga, seperti mencuci piring dan mencuci baju. Kenali manfaat lain dari water heater yang penting Anda ketahui.

1. Air Panas Tersedia Setiap Saat

Adanya water heater memudahkan Anda dalam menyediakan air panas untuk berbagai keperluan, seperti mandi, mencuci pakaian, dan membersihkan peralatan dapur. Anda hanya perlu membuka kran untuk mengalirkan air panas tersebut. Sangat efisien bukan? Pastikan Anda melakukan instalasi water heater terlebih dahulu.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Water heater yang digunakan untuk keperluan mandi bermanfaat untuk meredakan rasa sakit serta melegakan keram pada otot dan sendi. Air panas dapat membantu Anda juga dalam membersihkan pori-pori serta menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit. Mandi dengan air panas dapat memperbaiki kondisi kulit dan meningkatkan kesehatan kulit. 

3. Efisiensi Energi

Beberapa jenis water heater seperti heat pump water heater memiliki efisiensi energi yang tinggi, sehingga dapat menghemat biaya operasional dalam jangka panjang. Berlaku juga untuk jenis water heater solar. Penggunaan water heater listrik juga sebenarnya efisien, tergantung bagaimana cara Anda menggunakannya. 

Berapa Watt Pemanas Air Listrik Kamar Mandi?

Watt yang diperlukan mesin pemanas air untuk kamar mandi tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran kamar mandi, jumlah orang yang menggunakan kamar mandi, dan jumlah air yang diperlukan. Namun, secara umum, pemanas air listrik untuk kamar mandi yang digunakan di rumah biasanya memiliki daya yang berkisar antara 2000 watt hingga 4500 watt.

2000 watt termasuk daya yang cukup untuk kamar mandi yang digunakan oleh 1-2 orang dan memiliki ukuran yang kecil. Sementara itu, jika kamar mandi digunakan oleh 3 orang atau lebih dan memiliki ukuran yang lebih besar, maka dibutuhkan pemanas air listrik dengan daya yang lebih besar juga, seperti 3000 watt atau 4500 watt.

Namun, perlu diingat bahwa ini hanya acuan umum. Kebutuhan daya yang sebenarnya dapat berbeda tergantung pada kondisi dan kebutuhan. Sebaiknya, Anda meminta saran dari Rheem untuk mendapatkan rekomendasi daya yang sesuai dengan kamar mandi Anda.

Apakah Pemanas Air Boros Listrik?

Banyak orang mengira menggunakan pemanas air justru memakan biaya listrik yang cukup besar. Padahal, penggunaan listrik ini tergantung dengan watt pada water heater yang Anda gunakan. Untuk pemakaian 1-2 orang, Anda bisa menggunakan pemanas air dengan kapasitas watt yang rendah, sehingga ideal untuk kebutuhan rumah dan lebih hemat.

Pada dasarnya, pemanas air tidak akan membuat tagihan listrik rumah Anda membengkak jika digunakan dengan bijaksana dan efisien. Untuk memastikan pemanas air listrik di rumah Anda tidak boros, Anda perlu tahu watt dari water heater dan seberapa sering Anda menggunakannya. 

Kalau begitu, Anda bisa cek website Rheem untuk mencari informasi lengkap mengenai mesin pemanas air untuk kamar mandi. Ada beberapa jenis water heater dengan watt yang berbeda-beda yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda bingung saat memilihnya, jangan ragu untuk bertanya kepada Rheem!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju