Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Water Heater 10 Liter Untuk Berapa Orang?

| Senin Desember 19, 2022
water heater 10 liter untuk berapa orang (1)

Kira-kira apakah Anda sudah mengetahui water heater 10 liter untuk berapa orang? Bagaimana dengan kapasitas air? Cukup atau bahkan kurang dengan kebutuhan Anda sehari-hari? Berfikir secara matang dalam menentukan segala macam peralatan yang dibutuhkan untuk rumah tangga sangatlah penting dilakukan. 

Mulai dari menentukan skala prioritas seberapa pentingnya alat tersebut, menyesuaikan dengan kapasitas penghuni rumah, daya listrik yang nantinya digunakan, biaya pembelian, perawatan dan masih banyak lagi.

Agar bisa mendapatkan perhitungan dan gambaran yang tepat, simak artikel ini untuk tahu jawabannya. 

Water Heater 10 Liter Untuk Berapa Orang?

Pertimbangan pertama yang perlu diperhatikan saat memutuskan memasang water heater ialah seberapa banyak jumlah penghuni rumah. Hal tersebut nantinya juga akan berkaitan dalam menentukan kapasitas air yang diperlukan. Selain itu, mungkin pertanyaan seperti, “Water heater memiliki berapa jenis ukuran dalam menampung kebutuhan air?” juga akan terlintas pertama kali di benak Anda. 

Pada umumnya water heater tersedia dari berbagai macam ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Lalu, di setiap ukuran tersebut tentunya akan berkaitan dengan seberapa besar kapasitas air yang dapat ditampung ke dalam tangki. Mulai dari 10 liter hingga 250 liter atau bahkan lebih. Untuk ukuran water heater yang terkecil sendiri, yakni 10 liter hanya mampu digunakan mandi oleh 1 orang dengan catatan tidak termasuk saat penggunaan bathtub.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

Cara Menghitung Kebutuhan Air 

Setiap harinya tentu saja kita semua membutuhkan aliran air dingin maupun panas dengan menyesuaikan segala kondisi kita. Tentunya, agar produk water heater dan penggunaan airnya dapat sesuai dengan kebutuhan, maka satu hal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan untuk menghitung secara tepat berapa kebutuhan air yang dibutuhkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek berikut:

1 . Tentukan Kisaran Penggunaan Air

Dalam menghitung kebutuhan penggunaan air dilakukan dengan melihat terlebih dahulu mengenai berapa kisaran ketentuan penggunaan jumlah air. Ketentuan ini sendiri telah ditetapkan pada setiap jenis bangunan beserta fungsi hingga kegunaannya, antara lain:

  • 150 liter/orang/hari untuk rumah sederhana
  • 250 liter untuk rumah mewah
  • 100 liter untuk rumah komersial
  • 50 liter untuk kantor
  • dan lain sebagainya

2 . Hitung Perkiraan Jumlah Penghuni

Selanjutnya setelah mengetahui aspek di poin pertama mengenai kisaran penggunaan air yang akan digunakan, langkah berikutnya adalah mengetahui berapa banyak jumlah penghuni.

Setelah itu, kisaran penggunaan air tersebut nantinya akan dikalikan dengan jumlah anggota setiap tempat tinggal atau total perkiraan pengguna di dalam bangunan tersebut. Agar lebih memudahkan, Anda dapat menggunakan rumus berikut untuk menghitung kebutuhan air:

Kebutuhan air = Kebutuhan konsumsi harian per liter x Jumlah pengguna atau populasi per orang.

Baca juga: Apakah Water Heater Harus Dimatikan Saat Tidak Digunakan? Ini Dia Jawabannya!

Tips Memilih Ukuran Water Heater Sesuai dengan Kebutuhan Air Anda

Setelah berhasil mengetahui kebutuhan air yang dibutuhkan, kini saatnya Anda menentukan ukuran water heater yang sesuai. Berikut merupakan beberapa rekomendasi ukuran water heater beserta perkiraan kapasitas pengguna, yang nantinya memudahkan Anda dalam menentukan ukuran water heater dengan kebutuhan air:

1 . Water Heater 10 L

Water heater dengan ukuran 10 liter merupakan water heater dengan ukuran dan kapasitas pengguna paling terkecil. Alat pemanas ini hanya mampu digunakan mandi oleh 1 orang dengan catatan tidak termasuk saat penggunaan bathtub.

2 . Water Heater 30 L

Water heater dengan ukuran 30 liter dapat digunakan pada rumah berjumlahkan anggota tidak melebihi dari 5 orang.  Selain itu juga dengan ketentuan yang sama yaitu tanpa bathtub di saat penggunaanya. 

3 . Water Heater 50 L

Water heater dengan ukuran 50 liter mampu menyediakan air panas untuk kapasitas 2 orang dengan penggunaan bathtub. Namun, apabila tidak adanya penggunaan bathtub, ukuran ini dapat mengalirkan air panas untuk kapasitas 6 hingga 7 orang.

4 . Water Heater 80 L

Water heater dengan ukuran 80 liter dapat menyediakan persediaan air panas untuk bangunan dengan jumlah anggota 8 hingga 10 orang apabila tidak terdapat penggunaan bathtub.

5 . Water Heater 100 L

Water heater dengan ukuran 100 liter dapat menyediakan persediaan air panas untuk 4 orang dengan penggunaan bathtub. Lalu, dapat menyediakan air panas untuk 11 hingga 14 orang bila hanya digunakan mandi tanpa bathtub.

Dengan membaca ketentuan yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menentukan ukuran water heater yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan jenis bangunan dan perkiraan kapasitas penggunanya. Seperti contoh apabila terdapat 6 orang anggota keluarga di dalam rumah mewah, maka Anda dapat memilih water heater dengan ukuran kapasitas 50 hingga 100 liter untuk mengalirkan air panas.

Selain memperkirakan jumlah anggota keluarga untuk menentukan pemilihan ukuran water heater. Hal tersebut dilakukan juga dengan tujuan agar menghindari pemanasan secara berulang pada saat penggunaan selanjutnya yang akan membutuhkan banyak waktu lagi.

Bagaimana sudah paham, bukan? Setelah membaca penjelasan mengenai cara menghitung kebutuhan air dan tips memilih ukuran water heater yang sesuai dengan kebutuhan air, Anda kini tak perlu bingung lagi soal perangkat elektronik satu ini. 

Selain memperhatikan beberapa poin di atas soal pemilihan ukuran water heater. Ada satu hal lain lagi yang tak kalah penting untuk perlu Anda perhatikan, yakni jangan lupa untuk memilih water heater dengan kualitas yang terbaik. Water heater dari Rheem tentunya tidak hanya menghadirkan dengan kualitas terbaik saja, melainkan produknya juga sangat ramah terhadap lingkungan. 

Salah satu produknya yang bisa menjadi pilihan Anda seperti RC Plus Classic Plus Electric Storage Water Heaters. Dikenal sebagai water heater dengan perawatan unit yang mudah, memiliki elemen pemanas dari bahan incoloy yang dilapisi oleh enamel sehingga lebih tahan lama, dan masih banyak lagi lainnya. Hubungi Rheem sekarang dan dapatkan water heater terbaik dengan segala ukuran!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju