Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Apakah Air Hangat Bisa Membuka Pori-pori Kulit?

| Selasa April 4, 2023
apakah air hangat bisa membuka pori pori

Air hangat bisa membuka pori-pori kulit Anda, sehingga proses membersihkan wajah jadi lebih optimal. Namun, untuk menjawab pertanyaan apakah air hangat bisa membuka pori-pori secara lebih lanjut, Anda dapat simak artikel ini hingga akhir. 

Hangatnya air dapat membuat kulit menjadi lebih rileks dan membantu menghilangkan minyak secara berlebih. Minyak ini yang kemudian menjadi penyebab munculnya komedo dan jerawat pada wajah Anda. 

Sementara itu, mandi dengan air hangat juga dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel pada kulit menjadi lebih optimal. Hal ini karena kemampuan air hangat yang bisa membuka pori-pori kulit menjadi lebih lebar, sehingga Anda dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori sekali pun. 

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang air hangat yang bisa membuka pori-pori kulit, mari simak uraian selengkapnya di bawah ini. 

Apakah Air Hangat Bisa Membuka Pori-pori?

Lebih Baik Mencuci Wajah dengan Air Hangat atau Dingin

Air hangat dapat membuka pori-pori kulit dalam jangka waktu yang singkat, tetapi efeknya bersifat sementara dan tidak signifikan dalam jangka panjang. Penggunaan air hangat yang terlalu sering juga kurang baik bagi kesehatan kulit Anda. Jadi, penggunaan air hangat ini perlu dikontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pori-pori kulit merupakan saluran kecil di permukaan kulit yang memungkinkan minyak dan keringat keluar dari tubuh. Pori-pori dapat terbuka dan tertutup secara alami. Faktor-faktor seperti kelembapan udara, suhu lingkungan, dan hormon juga dapat memengaruhi ukuran pori-pori.

Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit, karena air hangat dapat merelaksasi otot-otot di sekitar pori-pori dan mengurangi tekanan yang membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Namun, efek ini bersifat sementara dan tidak berlangsung lama. Saat pori-pori kulit terbuka, Anda bisa membersihkan kotoran yang tersumbat dengan lebih optimal. 

Baca juga: 7 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah

Apakah Air Hangat Baik untuk Wajah?

Air hangat dapat membantu membersihkan wajah dan melembutkan kulit, tetapi tidak disarankan untuk digunakan secara terus-menerus atau dalam jangka waktu yang lama karena dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan pada kulit.

Saat mencuci wajah dengan air hangat, suhu air yang ideal adalah hangat, bukan panas. Air panas dapat menghilangkan minyak alami sehingga membuat kulit menjadi kering. Bila Anda mencuci wajah dengan air panas secara terus-menerus, bukan tidak mungkin kulit Anda mengalami iritasi atau kerusakan. 

Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga dapat membersihkan wajah dengan lebih baik. Namun, jika kulit Anda rentan terhadap jerawat atau masalah kulit lainnya, disarankan untuk menggunakan air dingin atau suhu air yang normal agar kulit tidak iritasi atau meradang.

Baca juga: Apakah Air Panas Bisa Menghilangkan Gatal? Ini Dia Jawabannya!

4 Tips Membersihkan Wajah dan Tubuh Dengan Air Hangat

air panas gatal

Membersihkan wajah dan tubuh dengan air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran serta minyak yang menempel pada kulit. Namun perlu diperhatikan, penggunaan air hangat yang berlebihan atau terlalu sering dapat membuat kulit menjadi kering dan merusak lapisan pelindung alami kulit. Oleh karena itu, berikut beberapa tips untuk membersihkan wajah dan tubuh dengan air hangat secara optimal.

1. Gunakan Air Hangat yang Tidak Terlalu Panas

Salah satu jawaban dari pertanyaan apakah air hangat bisa membuka pori-pori kulit yaitu bisa. Namun, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas sehingga tidak merusak lapisan pelindung kulit. Suhu ideal yang dapat Anda gunakan antara 32 hingga 37 derajat Celcius. Anda juga bisa memperkirakan air hangat yang pas untuk tubuh dan wajah Anda dengan merasakannya secara langsung. 

2. Gunakan Sabun atau Produk Pembersih yang Cocok untuk Jenis Kulit

Setelah menentukan suhu air hangat yang hendak Anda gunakan untuk mandi atau mencuci wajah, Anda juga bisa memilih sabun atau produk pembersih kulit yang cocok dengan jenis kulit Anda. Bila kulit Anda sensitif, pilih produk yang bebas pewangi dan hypoallergenic. Anda bisa mencoba beberapa sabun di awal penggunaan untuk mencari sabun yang paling cocok dengan kulit Anda. 

3. Jangan Menggosok Kulit Terlalu Keras

Saat mandi atau mencuci wajah dengan air hangat, gunakan gerakan lembut dan perlahan. Jangan menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Anda bisa membersihkan kulit dengan tekanan sedang agar kotoran yang menempel di kulit bisa dibersihkan dengan baik. 

4. Hindari Penggunaan Air Hangat Terlalu Sering

Mandi atau mencuci wajah menggunakan air hangat memang dapat membantu membersihkan kulit secara optimal. Namun, penggunaan air hangat yang terlalu sering dapat merusak lapisan pelindung kulit dan membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya gunakan air hangat hanya pada saat membersihkan wajah atau tubuh yang memang benar-benar diperlukan.

Setidaknya Anda bisa mandi menggunakan air hangat seminggu 2 sampai 3 kali. Sementara, mencuci wajah dengan air hangat sebaiknya dilakukan seminggu sekali agar minyak alami pada wajah Anda tidak berkurang. Wajah Anda pun tetap terjaga kelembapannya.

Baca juga: Water Heater Listrik Vs Gas: Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Apabila Anda masih mencari jawaban dari pertanyaan apakah air hangat bisa membuka pori-pori kulit? Jawabannya bisa, namun frekuensi penggunaan air hangat ini sebaiknya dikontrol, karena penggunaan yang terlalu sering dapat membuat kulit di tubuh dan wajah Anda menjadi kering. 

Dalam memenuhi kebutuhan air hangat untuk mandi dan mencuci wajah, Anda bisa mencari spesifikasi water heater sesuai kebutuhan Anda di Rheem. Terdapat berbagai tipe water heater, seperti water heater dengan energi gas dan listrik hingga water heater yang ramah lingkungan seperti solar dan heat pump water heater. 

Kebutuhan penggunaan water heater ini juga perlu disesuaikan dengan kapasitas yang Anda perlukan. Bila pengguna water heater di rumah Anda hanya 1-3 orang, Anda dapat menggunakan water heater dengan kapasitas yang lebih kecil. Begitu pun sebaliknya untuk penggunaan water heater dengan kapasitas yang lebih besar. 

Temukan water heater sesuai kebutuhan Anda hanya di Rheem sekarang juga. Kebutuhan air hangat di rumah Anda pun bisa terpenuhi dengan baik!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju