Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

Apakah Air Panas Bisa Menghilangkan Gatal? Ini Dia Jawabannya!

| Tuesday July 19, 2022
apakah air panas bisa menghilangkan gatal

Para penderita gatal dikulit mungkin memiliki beberapa pertanyaan seperti apakah air panas dapat menghilangkan gatal? Lalu bagaimana cara mengatasinya?. Gatal pada kulit muncul karena beberapa faktor seperti iritasi, alergi, dan munculnya penyakit kulit.

Air panas dipercaya dapat digunakan untuk meredakan rasa gatal pada kulit. Lalu apakah cara tersebut efektif? Pada artikel berikut, Rheem akan memaparkan informasi selengkapnya.

Apakah Air Panas Bisa Menghilangkan Gatal?

air panas gatal

Gatal pada kulit adalah salah satu masalah kulit yang sangat umum dihadapi oleh semua orang. Terdapat berbagai penyebab munculnya gatal pada kulit seperti gigitan serangga, kulit  kering atau masalah kesehatan pada kulit.

Kondisi kulit gatal bervariasi bisa diatasi sesuai dengan penyebabnya. Salah satu hal yang dipercaya mampu meredakan kondisi ini adalah air pana. Banyak penderita kulit gatal memutuskan untuk merendam atau memberikan benda hangat pada bagian kulit yang gatal.

Hingga kini, banyak ahli yang menyatakan bahwa air hangat belum dapat menyembuhkan gatal pada kulit. Namun, air hangat dapat membantu untuk menghilangkan kuman pada area kulit gatal dan membantu menghilangkan rasa gatal untuk beberapa waktu saja.

Selain itu, mandi menggunakan air hangat dapat membantu memberikan rasa nyaman pada kulit gatal. Tetapi perlu diingat bahwa hal tersebut hanya akan meredakan rasa gatal, bukan menyembuhkan.

Dalam menggunakan air panas pada kulit gatal disarankan untuk tidak terlalu lama serta tidak dalam suhu yang tinggi. Hal ini dikarenakan kulit akan lebih mudah iritasi atau merusak lapisan kulit mengingat area kulit yang gatal kemungkinan besar sering tergores saat menggaruk.

2 Tips Menggunakan Air Panas Untuk Menghilangkan Gatal Pada Tubuh

tips menghilangkan gatal

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, air panas dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada gatal. Untuk mengatasi rasa gatal pada kulit menggunakan air hangat, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Menggunakan Handuk Atau Benda Lainnya

Mengompres area kulit yang gatal dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat dapat membantu membunuh kuman di sekitar kulit. Gunakan handuk berbahan halus karena rasa gatal dan air panas dapat menyebabkan kulit lebih sensitif.

Anda juga dapat menggunakan benda yang berguna untuk kompres lainnya dengan catatan tidak menghantarkan panas yang berlebihan. Selain itu perhatikan suhu air, jangan gunakan air yang sangat panas.

2. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memiliki banyak manfaat salah satunya membantu meredakan rasa gatal. Anda dapat melakukan metode mandi pada umumnya atau berendam pada air hangat. Hal ini dapat membantu meredakan kemerahan akibat menggaruk dan memberikan rasa nyaman pada kulit yang gatal.

Sama dengan penggunaan handuk, mandi atau berendam air panas juga harus memperhatikan suhu air dan waktu berendam tidak boleh terlalu lama.

6 Manfaat Mandi Air Panas Lainnya

manfaat mandi air panas

Mandi air panas tidak hanya memberikan rasa nyaman pada gatal. Mandi air panas memiliki banyak manfaat apabila dilakukan sesuai dengan ketentuan suhu dan waktunya. Berikut ini merupakan manfaat yang diberikan oleh air panas lainnya:

1. Meredakan Sakit Kepala

Bagi Anda penderita sakit kepala berkala, coba mandi menggunakan air panas. Air dengan suhu panas dapat melonggarkan pembuluh darah yang menyempit sehingga membantu melepaskan tekanan pada kepala dan meredakan rasa sakit kepala. Air panas juga membantu menenangkan otot dan mengoptimalkan kerja otak tanpa memberikan tekanan.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain olahraga teratur, mandi air panas juga membantu untuk melancarkan sirkulasi darah. Lancarnya aliran darah dapat membantu mencegah tubuh terserang penyakit serius salah satunya berkaitan dengan jantung. Jadi, secara tidak langsung mandi air panas yang cukup dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Menciptakan Kualitas Tidur yang Baik

Menurut penelitian, mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu mendatangkan kantuk. Hal tersebut tentu menjadi manfaat yang sangat berguna bagi penderita sulit tidur.

Mandi air panas satu jam sebelumnya akan membantu memberikan kualitas tidur yang baik. Air panas membantu menenangkan otot serta suhu tubuh yang naik dan turun secara cepat menjadi alasan air panas dapat menciptakan istirahat yang baik.

4. Membuka Pori-Pori Kulit

Mandi menggunakan air panas dapat membantu membuka pori-pori sehingga racun pada tubuh dan penumpukan kotoran pada kulit dapat hilang bersamaan dengan air.

Kondisi ini tentu akan sangat bermanfaat bagi tubuh karena akan terasa lebih ringan dengan keluarnya racun dan kulit terasa lebih bersih sebab kotoran pada pori-pori telah hilang.

5. Membakar Kalori Dalam Tubuh

Seperti yang diketahui bahwa suhu panas pada tubuh dapat membantu membakar kalori. Umumnya pemanasan tubuh dilakukan dengan berolahraga, namun mandi dengan air panas pun dapat membantu membakar kalori setara dengan berjalan kaki dengan durasi waktu 30 menit. Mandi air panas juga dapat mencegah peningkatan gula dalam darah.

6. Membantu Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Meski dapat menyebabkan iritasi, penggunaan air panas dengan suhu dan durasi yang tepat justru dapat membantu menyembuhkan iritasi pada kulit. Pada kondisi iritasi, Anda dapat mencampurkan air hangat dengan oatmeal untuk meredakan peradangan.

Singkatnya, jawaban atas pertanyaan apakah air panas bisa menghilangkan gatal adalah bisa tetapi hanya untuk beberapa waktu singkat saja. Air panas dapat membantu meredakan rasa gatal dan peradangan pada kulit gatal.

Selain itu, air panas memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya untuk mencoba memiliki water heater sehingga dapat mandi dengan air panas secara rutin dan mudah.

Rheem hadir untuk memenuhi setiap kebutuhan air panas di berbagai negara. Dapatkan kualitas terbaik, kenyamanan, penggunaan hemat, dan pengalaman baru pada kebutuhan air panas Anda dengan berbagai produk Rheem.

Penggunaan produk Rheem efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 50%, dengan begitu Anda dapat ikut berpartisipasi menjaga bumi. Hubungi Rheem sekarang juga untuk dapatkan water heater berkualitas.

By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK