Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Ketahui 8 Cara Mencuci Handuk dengan Benar

| Selasa Januari 9, 2024
cara mencuci handuk

Anda pasti menggunakan handuk setidaknya dua kali sehari. Handuk seolah-olah menjadi barang yang tidak pernah lepas karena Anda selalu mengambilnya setiap kali selesai mandi, mencuci muka, menyikat gigi, maupun kegiatan perawatan diri lainnya. Pertanyaannya, seberapa sering Anda mencuci handuk? Apakah Anda sudah mengetahui cara mencuci handuk kotor yang benar agar bisa digunakan kembali dalam keadaan bersih?

Jangan salah, ternyata handuk harus dicuci dengan benar supaya kelembutannya tetap terjaga. Selain itu, salah menerapkan mencuci handuk bisa berujung pada handuk yang tidak bersih sehingga tidak nyaman saat digunakan. Lantas, bagaimana cara mencuci handuk biar bersih yang harus diketahui? Yuk, simak artikelnya sampai selesai.

Mengapa Anda Harus Mencuci Handuk dengan Benar?

Mengapa Anda Harus Mencuci Handuk dengan Benar

Barangkali Anda merasa bahwa mencuci handuk merupakan tugas yang sepele, padahal proses ini sebenarnya memerlukan perhatian khusus. Handuk adalah barang yang Anda gunakan setiap hari sehingga harus dijaga kebersihan dan kelembutannya, apalagi penggunaannya selalu mengenai kulit Anda. Ada beberapa alasan Anda perlu mengetahui cara membersihkan handuk yang benar, yaitu:

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Air Panas Saat Mencuci Piring.

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Handuk sering digunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Handuk yang tidak dicuci secara teratur bisa menjadi sarang perkembangbiakan mikroorganisme berbahaya seperti bakteri, jamur, dan kuman. Penggunaan handuk yang kotor dapat mengakibatkan mikroorganisme berpindah ke kulit sehingga menyebabkan masalah kesehatan dan penyakit kulit.

2. Menghindari Bau Tidak Sedap

Handuk yang jarang dicuci bisa menimbulkan bau tidak sedap akibat penumpukan bakteri dan kelembapan. Anda harus mencuci handuk secara teratur untuk menghilangkan bau tidak sedap serta memberikan keharuman yang segar setiap kali menggunakannya.

3. Mencegah Penyebaran Penyakit Kulit

Apabila satu handuk digunakan lebih dari satu orang alias bersamaan dengan orang lain, Anda harus lebih sering mencuci handuk. Langkah ini bisa mencegah penyebaran penyakit kulit. Bakteri dan kuman bisa berpindah dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya yang menggunakan handuk yang sama.

4. Pemeliharaan Kualitas Handuk

Kualitas dan daya serap handuk bisa dijaga dengan mencuci handuk secara rutin. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menerapkan cara mencuci handuk dekil yang benar, seperti menggunakan pembersih yang tepat atau air dengan suhu yang sesuai supaya bisa menghindari kerusakan pada serat kain handuk dan menjaga kelembutannya.

Cara Mencuci Handuk dengan Benar

Cara Mencuci Handuk dengan Benar

Dari penjelasan di atas, Anda bisa melihat pentingnya mencuci handuk dengan rutin dan benar. Pertanyaannya, bagaimana cara mencuci handuk biar bersih? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Cara Menghitung Kebutuhan Air Rumah Tangga

1. Gunakan Jumlah Detergen yang Tepat

Pertama, pastikan Anda menggunakan detergen dengan takaran yang tepat. Baik itu detergen cair maupun detergen bubuk, Anda hanya perlu menakar dua sendok makan. Hindari menggunakan terlalu banyak detergen karena bisa meninggalkan residu pada handuk yang membuat teksturnya terasa kasar. Anda juga bisa mengikuti petunjuk penggunaan detergen yang tertera di labelnya untuk menjaga kelembutan dan kebersihan handuk.

2. Merendam Handuk dengan Air Panas

Air hangat bisa membuka pori-pori serat kain pada handuk sehingga detergen bisa meresap lebih baik. Idealnya, suhu air hangat yang digunakan untuk membersihkan handuk adalah 54 derajat Celcius karena suhu tersebut bahkan mampu menghilangkan kuman dan kotoran yang susah hilang. Namun, pastikan suhu airnya tidak terlalu panas karena bisa merusak serat kain dan mengurangi usia pakai handuk.

3. Pisahkan dengan Pakaian Lainnya

Hindari mencampur handuk dengan pakaian lain ketika mencucinya. Serat handuk bisa menarik serat dari pakaian lain sehingga menyebabkan penumpukan bulu dan berakibat pada kehilangan daya serap dari handuk maupun pakaian. Pisahkan handuk dari pakaian lainnya supaya kebersihan dan kualitas semua cucian Anda tetap terjaga.

4. Jangan Gunakan Pelembut Pakaian

Walaupun pelembut pakaian dapat membuat pakaian terasa lembut, tetapi Anda tidak boleh menggunakannya pada handuk. Pelembut dapat mengurangi daya serap handuk sehingga handuk tidak akan efektif menyerap air apabila digunakan. Sebagai gantinya, Anda bisa menjaga kelembutan alami pada handuk dengan mengikuti cara mencuci yang tepat.

5. Tambahkan Cuka ke dalam Air Cucian

Cuka dapat memberikan beberapa manfaat, yaitu menghilangkan bakteri, jamur, dan bau tidak sedap. Tidak hanya itu, cuka juga bisa menghilangkan residu detergen pada handuk. Pastikan takaran cuka yang digunakan hanya 1-2 sendok makan dan campurkan ke dalam ember cucian yang telah berisi air. Setelahnya, rendam handuk selama 30 sampai 60 menit sampai handuk basah sempurna.

6. Tambahkan Soda Kue

Soda kue juga bisa menjadi bahan pembersih yang efektif untuk mencuci handuk karena bisa menghilangkan noda tanpa merusak serat kain. Ada pun takaran yang harus diperhatikan adalah setengah cangkir soda kue yang dituangkan ke dalam air rendaman kain. Soda kue juga bisa digunakan sebagai langkah pembersihan pertama sebelum Anda mencuci handuk dengan menggunakan detergen.

7. Tambahkan Air Perasan Lemon

Air perasan lemon tidak hanya memberikan aroma segar, tetapi juga mampu melawan bakteri dan jamur pada handuk. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menambahkan seperempat hingga setengah cangkir air perasan lemon segar ke dalam ember cucian. Air perasan lemon juga bisa membuat handuk lebih cerah sehingga lebih baik Anda menggunakan bahan alami ini daripada pemutih pakaian.

8. Langsung Jemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah selesai mencuci, Anda bisa menjemur handuk langsung di bawah sinar matahari. Sinar matahari bisa membunuh kuman dan bakteri yang masih ada pada handuk serta memberikan keharuman sehingga handuk nyaman digunakan kembali. Ada pun durasi menjemur handuk yang benar bisa bervariasi, tetapi Anda hanya perlu menjemurnya sampai handuk kering supaya teksturnya tetap lembut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

Water Heater Rheem Sebagai Solusi untuk Akses Air Hangat Anda!

Kini, Anda sudah mengetahui cara mencuci handuk yang benar, bukan? Selain menggunakan alat pembersih yang sudah disarankan di atas, Anda juga perlu menggunakan air hangat untuk mencuci handuk. Nah, agar Anda tidak perlu terlalu lama menunggu air hangat, gunakan saja water heater elektrik dari Rheem.

Setiap produk water heater kami memiliki desain yang hemat energi untuk penggunaan listrik dan air yang optimal tanpa mengurangi kenyamanan Anda dalam mendapatkan akses air hangat. Tidak perlu khawatir mengenai pemasangannya karena teknisi kami siap sedia membantu dalam memasang water heater di lokasi yang sesuai kebutuhan Anda. Yuk, kunjungi website Rheem untuk mendapatkan water heater yang cocok dengan kebutuhan penggunaan air hangat di rumah Anda!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju