Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

5 Cara Menggunakan Water Heater Gas

| Selasa November 14, 2023
cara menggunakan water heater gas

Dalam kehidupan sehari-hari, air panas adalah salah satu kebutuhan penting, terutama di pagi hari ketika Anda ingin memulai hari dengan segar. Water heater gas menjadi salah satu solusi yang efisien dan praktis untuk memenuhi kebutuhan air panas di rumah Anda. Namun bagaimana cara menggunakan water heater gas?

Untuk menggunakan water heater gas dengan benar, pemahaman tentang cara kerjanya sangat penting. Perangkat ini bekerja dengan memanaskan air menggunakan gas alam atau propane. Berkat water heater gas, Anda tidak perlu menunggu lama hingga air menghangat, sehingga waktu Anda jadi lebih efisien dan Anda bisa menikmati mandi dengan nyaman.

Dalam artikel ini, Rheem akan menjelaskan cara menggunakan water heater gas dengan benar, sehingga Anda dapat menikmati air panas dengan mudah dan aman. Kalau begitu, langsung simak saja penjelasan lengkap di bawah ini.

Cara Kerja Water Heater Gas

Water heater gas adalah perangkat yang dapat memberikan Anda air panas dengan cepat dan efisien. Perangkat ini beroperasi dengan memanaskan air menggunakan gas alam atau propane. Cara kerja dari water heater gas ini sangat menarik dan dapat dijelaskan dalam beberapa langkah yang akan dibahas secara rinci berikut ini.

Baca Juga: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda, Water Heater Gas atau Listrik?

1. Pengaturan Suhu dan Kontrol On/Off

Sebelum Anda mulai mengoperasikan water heater, pastikan Anda mengatur suhu pada tingkat terendah. Kontrol On/Off harus diatur ke posisi pilot. Jika Anda mencium bau gas, pastikan Anda tidak melanjutkan langkah selanjutnya, karena Anda mungkin mengalami kebocoran gas yang berbahaya.

2. Menyalakan Pilot Light

Untuk menghidupkan pilot light, tekan tombol pengapian pilot sambil mengaktifkan percikan api. Saat Anda menekan tombol pengapian pilot, Anda juga perlu menekan tombol penghasil percikan api. Melalui cara ini, Anda akan melihat percikan api yang jelas terlihat melalui jendela kecil, menandakan bahwa pilot light sudah berhasil dinyalakan.

3. Menahan Tombol Pemicu Pengapian Pilot

Setelah Anda melihat percikan api, jangan lepaskan tombol pemicu pengapian pilot light. Terus tekan tombol tersebut selama 20-30 detik agar suhu pilot light cukup tinggi sebelum dilepaskan. Jika pilot light tidak menyala setelah 30 detik, Anda mungkin harus menekan tombol penghasil percikan api setiap 10 detik hingga menyala dengan baik.

4. Mengatur Kontrol ke Posisi On dan Suhu yang Diinginkan

Alihkan kontrol On/Off ke posisi On dan atur suhu sesuai dengan keinginan Anda. Sebagian besar orang mengatur suhu pada 120°F (49°C). Pada titik ini, Anda seharusnya dapat melihat api melalui jendela kecil. Disarankan untuk tidak mengatur termostat di atas 120°F (49°C) karena air yang keluar bisa jadi lebih panas dan bisa menimbulkan luka bakar.

Baca Juga: Berapa Suhu Ideal Mandi Air Panas

Cara Menggunakan Water Heater Gas

Setelah Anda memahami cara kerja water heater gas, sekarang Rheem akan membahas cara menggunakannya dengan lebih rinci. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk menggunakan water heater gas dengan benar.

1. Periksa Ketersediaan Gas

Langkah pertama sebelum menghidupkan water heater gas adalah memastikan pasokan gas Anda tersedia dan cukup untuk mengoperasikan perangkat ini. Cek dengan teliti apakah ada masalah dengan pasokan gas Anda atau tidak, seperti kebocoran atau gangguan lainnya.

Jika Anda merasa ada masalah, sebaiknya segera hubungi penyedia gas Anda untuk mendapatkan bantuan dan perbaikan jika diperlukan. Memastikan ketersediaan gas menjadi kunci untuk memastikan water heater gas dapat berfungsi dengan baik.

2. Periksa Pilot Light

Sebelum Anda menghidupkan water heater, pastikan untuk memeriksa pilot light sudah menyala dengan benar. Pilot light adalah tombol awal yang digunakan untuk memanaskan gas dan memulai proses pemanasan air. Jika pilot light mati atau tidak menyala, ikuti langkah-langkah sebelumnya yang telah dijelaskan untuk menyalakannya kembali. Pastikan pilot light menyala sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Nyalakan Water Heater

Setelah Anda yakin pilot light sudah menyala dengan baik, saatnya untuk menghidupkan water heater. Caranya dengan memutar kontrol On/Off ke posisi On. Setelah itu, Anda dapat mengatur suhu sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan untuk mengatur suhu pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Pasang Shower Kamar Mandi yang Benar

4. Tunggu Hingga Air Panas

Saat water heater diaktifkan, biarkan perangkat bekerja selama beberapa saat untuk mencapai suhu air yang diinginkan. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu tersebut mungkin berbeda-beda tergantung pada ukuran dan efisiensi dari water heater Anda. Biasanya, ini akan memakan waktu beberapa menit sebelum Anda mendapatkan air panas dengan kualitas yang diinginkan.

5. Gunakan Air Panas dengan Bijak

Saat air panas sudah siap, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk menggunakan air panas dengan bijak. Setelah Anda selesai menggunakan air panas, jangan lupa untuk mematikan water heater. Ini adalah tindakan yang penting untuk menghemat energi dan mencegah pemborosan bahan bakar.

Baca Juga: Cara Menggunakan Water Heater Listrik dengan Benar

Penting untuk diingat bahwa penggunaan water heater gas harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk penggunaan. Selalu pastikan untuk menjaga perangkat ini dalam kondisi baik dan rutin memeriksanya agar berfungsi dengan optimal.

Kesimpulan

Bagaimana, cara menggunakan water heater gas ini cukup mudah bukan? Water heater gas bisa menjadi solusi yang praktis untuk mendapatkan pasokan air panas di rumah Anda dengan efektif dan efisien. Sebelum menggunakannya, ingat untuk selalu memeriksa pasokan gas, menjaga pilot light menyala, dan mengatur suhu sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda sedang mencari water heater gas berkualitas untuk kebutuhan di rumah maupun komersial, Anda bisa mencarinya di Rheem. Di sini, tersedia berbagai ukuran water heater gas yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Rheem adalah produsen terkemuka dalam industri ini dan menawarkan berbagai pilihan water heater gas yang andal dan efisien.

Salah satu pilihan water heater gas yang direkomendasikan yaitu 4 Star Gas Water Heater. Water heater gas ini menawarkan berbagai keunggulan, sehingga menjadi pilihan yang sangat menarik untuk kebutuhan air panas di rumah Anda.

Fitur unggulan dari water heater gas ini adalah efisiensi energi. Perangkat ini menggunakan lebih sedikit gas dibandingkan dengan sebagian besar water heater gas lainnya. Dalam hal ini, Anda tidak hanya menikmati air panas yang nyaman, tetapi juga efisiensi penggunaan gas.

Selain itu, water heater ini juga dilengkapi dengan tekanan yang memungkinkan penggunaan air panas di beberapa keran secara bersamaan. Ini sangat berguna ketika ada banyak orang di rumah dan semua membutuhkan air panas untuk mandi atau mencuci. Anda tidak perlu lagi menunggu giliran atau merasa khawatir air panas akan habis.

Perangkat ini juga memiliki waktu tunggu yang lebih singkat, yang berarti Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk air panas mengalir. Dalam jam pertama, water heater gas ini mampu menghasilkan air panas dengan kapasitas hingga 190 liter. Ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan air panas Anda, terutama pada pagi yang sibuk.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi website Rheem untuk melihat berbagai produk yang ditawarkan serta untuk meningkatkan kenyamanan hidup Anda. Yuk, kunjungi Rheem sekarang juga!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju