Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.
Blog
Blog
Blog
Blog

6 Perbedaan Instant Water Heater dan Storage Water Heater yang Utama

| Senin Januari 30, 2023
perbedaan instant water heater dan storage water heater

Anda hendak membeli water heater agar bisa mandi dengan air panas dengan nyaman? Ada dua jenis water heater yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, di antaranya instant dan storage water heater. Penting untuk Anda mengetahui perbedaan instant vs storage water heater supaya Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan.

Pada dasarnya, instant water heater dirancang dengan sistem air yang langsung mengalir menuju shower ketika keran dinyalakan. Artinya air tidak memerlukan tempat penampungan. Berbeda dengan storage water heater yang bekerja dengan menampung air terlebih dahulu sebelum pemanas air tersebut dinyalakan. 

Perbedaan sistem kerja pada kedua pemanas air tersebut perlu Anda pertimbangkan saat hendak memiliki salah satunya. Pasalnya, hal ini berpengaruh juga pada pengalaman mandi yang akan Anda dapatkan, karena berkaitan juga dengan konsistensi suhu dan tekanan air yang dikeluarkan. Untuk itu, pahami lebih lanjut mengenai perbedaan antara instant dan storage water heater supaya Anda dapat memilihnya dengan tepat.

Temukan Water Heater Ideal untuk Rumah atau Bisnis Anda!

6 Perbedaan Instant Water Heater dan Storage Water Heater

Instant water heater merupakan jenis pemanas air yang tidak memiliki tangki. Water heater ini menyediakan air panas tanpa menampungnya terlebih dahulu. Berbeda dengan storage water heater yang memerlukan tangki untuk menampung air. Persoalan tangki ini menjadi perbedaan mendasar dari kedua jenis water heater tersebut. Adapun perbedaan lainnya bisa Anda simak pada uraian berikut ini.

1. Tekanan Air Panas

Pada instant water heater menggunakan sistem untuk mengurangi tekanan air. Terdapat komponen flow restrictor yang dipasang pada sistem pemanasan instant, sehingga air bisa dipanaskan secara perlahan saat water heater dinyalakan. Jika air terlalu cepat melewati water heater, maka air panas yang dihasilkan menjadi tidak maksimal. 

Berbeda dengan storage water heater yang tidak menggunakan sistem pengurangan tekanan air. Jadi air melaju ke dalam tangki dengan tekanan yang tinggi. Selanjutnya, air tersebut didorong keluar dari tangki dengan laju dan tekanan yang sama. 

Tangki water heater ini dapat dibagi untuk dua kamar mandi atau lebih. Untuk pemanas air bertenaga surya dengan tangki juga menerapkan sistem air yang ditampung terlebih dahulu, supaya menghasilkan air panas dengan tekanan maksimal.

2. Kesesuaian dengan Tipe Shower

Water heater instant hanya bisa dipadukan dengan tipe shower untuk aliran air yang kecil, karena tekanan airnya rendah. Sementara itu, water heater tangki bisa menggunakan tipe shower dalam bentuk apa pun, mengingat tekanan airnya juga tinggi. 

Selain itu, suhu panas airnya juga bisa menghasilkan steam effect yang memberikan rasa nyaman ketika mandi. Anda bisa menikmati pengalaman mandi air panas yang nyaman karena air yang dikeluarkan dari shower juga melimpah. 

Baca juga: Apakah Water Heater Harus Dimatikan Saat Tidak Digunakan? Ini Dia Jawabannya!

3. Segi Suhu

Tekanan air panas dan suhu pada instant water heater saling berhubungan. Jika air yang keluar bertekanan rendah, maka air panas yang keluar bervolume kecil. Sedangkan untuk storage water heater dapat menghasilkan air dengan tekanan yang lebih tinggi, sehingga air panas yang mengalir juga lebih stabil, begitu pun dengan suhunya. Tidak heran jika storage water heater menjadi pilihan banyak keluarga untuk digunakan sehari-hari. 

4. Segi Keindahan

Instant water heater bisa dipasang di dinding kamar mandi rumah Anda. Secara nilai estetika, penggunaan water heater dengan pemasangan demikian menyebabkan estetika kamar mandi akan berkurang. 

Berbeda dengan storage water heater yang bisa Anda pasang di luar kamar mandi dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari kamar mandi tersebut. Kamar mandi di rumah Anda pun akan tampak lebih luas dan memiliki nilai estetika yang lebih baik. 

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya Pasang Water Heater?

5. Perbedaan Tingkat Harga

Perbedaan antara instant vs storage water heater lainnya dapat Anda lihat dari harga yang ditawarkan. Untuk storage water heater tersedia dalam ukuran yang beragam. Mulai dari ukuran 10 liter hingga 100 liter.

Melihat dari ukurannya, storage water heater disarankan untuk digunakan oleh rumah yang memiliki kamar mandi banyak dengan penggunaan sistem sentral. Ukuran tangkinya juga besar, sehingga memengaruhi harga jual.

Untuk instant water heater biasanya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, mengingat pemakaiannya juga lebih minimalis. Cara kerja dan ukuran instant water heater yang lebih kecil ini berpengaruh juga terhadap harga jualnya.

6. Pengalaman Mandi

Untuk menentukan water heater mana yang hendak Anda gunakan di rumah, perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa menghitung jumlah orang yang tinggal di rumah supaya penggunaan water heater ini lebih optimal.

Menentukan water heater ini juga akan berpengaruh terhadap pengalaman mandi yang didapatkan oleh penggunanya. Jika Anda menggunakan instant water heater bisa jadi kurang memuaskan lantaran tekanan air yang rendah. 

Berbeda ketika Anda menggunakan storage water heater yang dilengkapi dengan tangki ukuran besar. Volume dan tekanan airnya juga melimpah, sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman mandi yang lebih nyaman. Namun kembali lagi, penggunaan antara kedua water heater ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Mengenal Persiapan dan Cara Pasang Water Heater Listrik Agar Aman

Cari Water Heater Terbaik untuk Rumah dan Bisnis Anda?

 

Kesimpulan

Dalam memilih water heater untuk rumah Anda, pemahaman akan perbedaan antara instant dan storage water heater menjadi kunci untuk menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Instant water heater menawarkan kepraktisan dengan tidak adanya tangki, tetapi perlu diingat bahwa hal ini dapat memengaruhi tekanan dan konsistensi suhu air. Di sisi lain, storage water heater menawarkan pengalaman mandi yang lebih stabil dengan tekanan air yang tinggi dan suhu yang konsisten, meskipun memerlukan ruang tambahan untuk pemasangan. Selain itu, faktor-faktor seperti kesesuaian dengan tipe shower, aspek estetika, perbedaan harga, dan pengalaman mandi yang diinginkan juga perlu dipertimbangkan.

Untuk mendapatkan pengalaman mandi terbaik, Anda bisa menggunakan storage water heater dengan air panas yang lebih melimpah. Namun, jika penggunaan water heater ini hanya untuk kebutuhan dua orang saja, Anda bisa menggunakan instant water heater yang lebih efektif dalam menghasilkan air panas, apalagi jika Anda tidak mau menunggu lama untuk bisa segera mandi dengan air hangat.

Anda bisa memahami kembali perbedaan instant vs storage water heater untuk menentukan water heater terbaik yang hendak dipasang di rumah Anda. Kalau begitu, Anda bisa mengunjungi website Rheem untuk mendapatkan water heater dengan spesifikasi terbaik. Yuk cek sekarang juga dan rasakan pengalaman mandi yang nyaman hanya bersama Rheem.

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju