Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

Mengenal 3 Cara Melancarkan Peredaran Darah Dengan Air Panas

| Friday July 22, 2022
cara melancarkan peredaran darah dengan air panas

Darah termasuk jenis cairan yang keberadaannya sangat penting untuk tubuh. Oksigen yang berada dalam tubuh pun diangkut oleh darah. Sebab itulah, peredaran darah di tubuh Anda harus lancar. Cara melancarkan peredaran darah dengan air panas termasuk cara paling mudah yang dapat Anda lakukan.

Sebab, jika peredaran darah tersumbat, maka akan menyebabkan risiko yang berbahaya untuk tubuh. Penyumbatan pembuluh darah sendiri dapat terjadi di berbagai bagian organ tubuh, seperti jantung dan otak.

Jika pembuluh darah di otak Anda tersumbat, maka akan menyebabkan terjadinya penyakit stroke. Nah, untuk mengatasi hal ini terjadi, sebaiknya Anda menjaga peredaran darah dalam tubuh. Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini.

3 Cara Melancarkan Peredaran Darah dengan Air Panas

melancarkan peredaran darah dengan air panas

Organ tubuh akan bekerja sesuai dengan fungsinya jika peredaran darahnya pun berjalan dengan baik. Untuk menjaga peredaran darah tersebut tetap lancar, Anda dapat mandi air hangat minimal seminggu tiga sampai empat kali. Selain mandi air hangat, Anda juga bisa berendam air hangat.

Lalu, mengapa harus menggunakan air hangat? Pasalnya, air hangat dapat meredakan pembuluh darah yang kaku. Untuk mengetahui lebih jauh tentang cara melancarkan peredaran darah dengan air panas ini, simak secara lebih lengkap di bawah ini.

1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Air hangat dapat membuat pembuluh darah jadi melebar dan mudah mengalir ke seluruh organ tubuh Anda.

Cara ini memang bersifat sementara, karena suhu tubuh Anda tentunya akan kembali seperti semula saat Anda selesai mandi. Meski begitu, Anda telah berupaya menjaga aliran darah di tubuh agar tidak tersumbat dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

2. Berendam Air Hangat

Selain dapat meredakan pembuluh darah yang kaku, air hangat dapat mengatasi masalah persendian. Dalam hal ini, air hangat akan meredakan nyeri akibat peradangan sendi yang menyebabkan tubuh Anda pegal-pegal.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, tidak cukup jika air hangat tersebut hanya mengalir pada tubuh Anda. Berendamlah dengan air hangat sekitar 10-15 menit. Selain mengatasi peradangan sendi, berendam dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh Anda ke permukaan kulit. Alhasil kulit tubuh Anda akan terasa lebih lembap.

3. Merendam Kaki di Air Hangat

Terdapat cara yang lebih praktis jika berendam air hangat seluruh tubuh tidak memungkinkan, yaitu dengan merendam kaki Anda.

Cara ini terbukti dapat meredakan kaku akibat pembuluh darah yang menyempit. Merendam kaki di air hangat juga dapat membantu menghilangkan bakteri di telapak kaki Anda. Caranya dengan rendam kaki Anda selama 30-45 menit.

4 Manfaat Tambahan Mandi dengan Air Panas

manfaat tambahan mandi air panas

Mandi air hangat kerap dilakukan oleh orang-orang yang tidak bisa mandi air dingin. Mandi air hangat ini memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Apalagi setelah melakukan aktivitas yang melelahkan, mandi air hangat sangat dianjurkan.

Hal ini karena air hangat dapat membantu Anda meredakan stress dan menenangkan kembali pikiran. Berikut sederet manfaat yang dapat dirasakan setelah mandi air hangat.

1. Memiliki Dampak Therapeutic atau Terapi

Maksud dari poin ini yaitu mandi dengan air hangat membuat kulit tubuh mampu merilis hormon endorfin. Sebab itulah mandi air hangat dapat memberikan efek therapeutic atau terapi yang menyegarkan. Dampaknya, aliran darah ke kulit pun meningkat.

Untuk mendapat sensasi menyegarkan ini, Anda dapat mencampur air hangat dengan garam. Tambahan garam ini dapat membuat sel neuron dalam tubuh lebih peka. Denyut jantung Anda pun akan meningkat. Setelah mandi air hangat dengan garam, nikmatilah kesegaran pada tubuh Anda.

2. Meningkatkan Pernafasan

Temperatur air hangat ternyata mampu meningkatkan kapasitas paru-paru dan asupan oksigen. Menurut beberapa studi yang berkembang juga, mandi air hangat dapat menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan kontrol terhadap gula rendah, hingga menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya itu, mandi air hangat diperlukan saat Anda mengalami flu atau alergi yang menyebabkan penumpukan lendir pada sistem pernafasan. Hal ini karena Anda akan menghirup uap air yang berguna sebagai obat pernafasan alami.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Terdapat studi yang menemukan bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat Anda tertidur lebih cepat. Hal ini karena temperatur inti tubuh akan meningkat ketika Anda mandi atau berendam air hangat.

Ketika Anda selesai mandi, tubuh Anda akan memberi sinyal kalau Anda siap untuk tidur. Kualitas tidur Anda pun akan lebih baik. Mandi atau berendam air hangat ini sangat dianjurkan untuk Anda yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Insomnia sendiri terjadi karena pikiran dan tubuh Anda yang kalut atau tidak rileks. Mandi air hangat ini dapat membantu pikiran Anda menjadi lebih rileks. Bahkan mampu menghilangkan pegal-pegal pada tubuh Anda.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Ketika Anda merasakan sakit kepala yang tidak mudah diredakan, artinya otak Anda sedang kekurangan oksigen atau mengalami penyempitan pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa segera mandi air hangat untuk meredakannya.

Pada sebuah studi yang diluncurkan tahun 2018, mandi air hangat terbukti dapat menstimulasi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF sendiri adalah sebuah protein yang memiliki banyak fungsi untuk otak, diantaranya meningkatkan kualitas kelangsungan hidup sel-sel saraf dan meningkatkan kemampuan otak dalam mempelajari sesuatu dan mengingat.

Itulah cara melancarkan peredaran darah dengan air panas yang dapat Anda lakukan. Mandi air hangat dan berendam ini tidak dapat dimungkiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, penting untuk Anda mandi air hangat setelah beraktivitas agar tubuh dan pikiran lebih rileks.

Supaya tidak ribet dan menunggu lama dengan harus memasak air hangat, Anda dapat memasang water heater di kamar mandi Anda. Terdapat berbagai produk water heater di Rheem yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK