Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Fungsi Magnesium Anoda Pada Water Heater Tenaga Surya

| Kamis Januari 25, 2024
fungsi magnesium anoda pada water heater

Pada era modern ini, pemanas air menjadi salah satu kebutuhan dasar dalam rumah tangga. Bukan hanya sekadar kebutuhan, tetapi juga merupakan investasi yang signifikan. Bagi Anda yang peduli akan lingkungan, Anda bisa menggunakan water heater tenaga surya. Jenis water heater ini memiliki komponen yang disebut dengan magnesium anoda. Apa fungsi magnesium anoda pada water heater?

Peran magnesium anoda ini untuk menjaga daya tahan dan efisiensi water heater tenaga surya. Namun, perannya tidak terbatas pada hal itu saja. Anda bisa simak fungsi magnesium anoda tersebut secara lebih lengkap pada uraian di bawah ini.

Apa Itu Magnesium Anoda?

Apa Itu Magnesium Anoda?

Magnesium anoda merupakan salah satu komponen penting dalam water heater tenaga surya. Ini adalah sejenis batangan yang terbuat dari magnesium yang terletak di dalam tangki water heater. Magnesium anoda berfungsi sebagai pelindung bagi komponen-komponen water heater, terutama bagian dalam tangki, dari korosi atau karat.

Proses ini dikenal dengan istilah sacrificial anode, yang berarti anoda magnesium melepaskan elektron-elektronnya ke dalam air, sehingga melindungi material-material lain, seperti logam tangki water heater, dari kerusakan akibat korosi.

Proses ini sangat penting, terutama dalam lingkungan air yang keras atau beralkali, di mana risiko korosi sangat tinggi. Melalui cara ini, magnesium anoda menjaga water heater agar tetap berfungsi secara optimal, memperpanjang usia pakainya, dan mengurangi biaya perawatan serta penggantian komponen.

Fungsi Magnesium Anoda Pada Water Heater Tenaga Surya

Fungsi Magnesium Anoda Pada Water Heater Tenaga Surya

Magnesium anoda adalah salah satu komponen kunci dalam water heater tenaga surya, dan perannya sangat penting dalam menjaga kinerja dan daya tahan water heater tersebut. Adapun beberapa fungsi magnesium anoda pada water heater tenaga surya akan dijelaskan lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

1. Melindungi Tangki Water Heater

Tangki water heater merupakan tempat di mana air panas disimpan dan dipanaskan. Tangki ini biasanya terbuat dari logam, seperti baja, yang rentan terhadap korosi. Air dengan tingkat mineral yang tinggi atau keasaman yang tidak seimbang dapat mempercepat kerusakan tangki. Di sinilah magnesium anoda berperan.

Magnesium anoda akan melepaskan elektron-elektronnya ke dalam air, sementara tangki tetap utuh dan tidak mengalami korosi sama sekali. Proses ini berlangsung untuk memastikan air panas yang dihasilkan tetap aman dan bersih.

2. Meningkatkan Efisiensi

Korosi pada bagian dalam tangki water heater dapat mengakibatkan pembentukan lapisan karat. Lapisan ini dapat menghambat efisiensi pemanasan air, karena air harus memanaskan lapisan karat sebelum mencapai suhu yang diinginkan.

Ini berarti water heater harus bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan, yang mengakibatkan konsumsi energi yang lebih tinggi.

Magnesium anoda yang berfungsi dengan baik akan menjaga bagian dalam tangki tetap bersih dan bebas dari lapisan karat. Berkat tangki yang bersih, pemanasan air menjadi lebih efisien dan efektif.

3. Pencegahan Bau Tidak Sedap

Ketika korosi terjadi dalam tangki water heater, tidak hanya efisiensi yang terganggu, tetapi juga kualitas air panas yang dihasilkan. Korosi dapat menyebabkan munculnya bau tidak sedap dalam air panas, yang tentu saja tidak diinginkan. Bau ini bisa sangat mengganggu pengalaman Anda ketika menggunakan air panas, terutama saat mandi atau mencuci piring.

Magnesium anoda yang berfungsi dengan baik memiliki peran penting dalam mencegah bau tidak sedap ini. Saat Anda menjaga kebersihan dalam tangki, magnesium anoda membantu memastikan air panas yang dihasilkan tetap segar dan bebas bau. Ini menjadikan penggunaan water heater lebih nyaman dan menyenangkan.

Cara Merawat Magnesium Anoda Pada Water Heater Tenaga Surya

Untuk memastikan kinerja optimal dari water heater tenaga surya dan melindungi tangki dari karat, sangat disarankan untuk melakukan perawatan magnesium anoda secara profesional. Perlu diingat bahwa langkah-langkah di bawah ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli untuk menghindari risiko kecelakaan atau masalah lainnya. 

Baca Juga: Apakah Sulit? Ternyata Begini Proses Instalasi Air Panas Tenaga Surya

1. Matikan Listrik dan Lepaskan Kabel

Pastikan untuk memutuskan sambungan listrik sepenuhnya dengan mematikan MCB dan ELCB sebelum melakukan perawatan untuk menghindari risiko kecelakaan atau masalah. Setelah mematikan listrik, lepaskan semua kabel yang terhubung ke thermostat dan lepaskan baut pada elemen pemanas.

2. Memeriksa Komponen Anoda Magnesium

Setelah memastikan mesin pemanas tidak terhubung dengan listrik dan semua kabel dilepaskan, langkah selanjutnya adalah memeriksa anoda magnesium bersama seorang tenaga ahli. Pastikan anoda magnesium tidak terkena karat atau korosi. Jika ditemukan masalah, biarkan tenaga ahli menangani penggantian dan perbaikan yang diperlukan.

3. Membersihkan Komponen Anoda Magnesium

Jika terdapat korosi pada anoda magnesium, biarkan tenaga ahli melakukan proses pembersihan dan penggantian. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas ini dengan aman dan efisien.

Baca Juga: Mengenal 3 Perbedaan Solar Water Heater vs Heat Pump

Pilih Rheem untuk Water Heater Tenaga Surya Berkualitas!

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja fungsi magnesium anoda pada water heater tenaga surya. Lakukan perawatan yang benar agar water heater yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk mendapatkan water heater tenaga surya berkualitas, Rheem adalah pilihan yang tepat. Seperti produk SS Indirect Solar Water Heater yang memiliki spesifikasi tempered glass yang menyerap sinar matahari lebih cepat dan kuat di segala cuaca.

Jangan ragu untuk menghubungi Rheem dan temukan solusi untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan water heater dengan sumber energi yang ramah lingkungan dan efisien.

Yuk kunjungi Rheem sekarang juga dan pilih water heater tenaga surya sesuai kebutuhan Anda!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju