Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Mengenal Apa Itu Safety Shower

| Selasa Februari 28, 2023
Apa Itu Safety Shower

Safety shower adalah salah satu alat pelindung darurat yang dapat digunakan di tempat kerja. Jika Anda bekerja di laboratorium, Anda memerlukan safety shower untuk membantu membilas bagian tubuh Anda agar terlindungi dari zat atau cairan kimia yang berbahaya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang safety shower secara lebih lengkap, mari simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Safety Shower

Safety shower merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan kulit dan mata dari bahan kimia yang berbahaya. Alat ini terdiri dari dua shower head dan terhubung dengan pipa air. Safety shower digunakan untuk menghilangkan bahan kimia dari tubuh seseorang secepat mungkin setelah terpapar.

Anda dapat menggunakan safety shower dalam berbagai situasi, misalnya di laboratorium, di pabrik, di gudang, di tempat kerja yang berhubungan dengan bahan kimia, atau di area lain yang mungkin terpapar bahan kimia. 

Alat ini sangat penting untuk digunakan dalam situasi darurat, seperti ketika seseorang terpapar bahan kimia dan harus segera dibersihkan agar tidak menyebabkan kerusakan pada kulit, mata, atau sistem organ lainnya.

Safety shower harus selalu siap digunakan dengan air yang selalu mengalir dan suhu yang nyaman. Alat ini harus diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisinya optimal dan siap digunakan. Petugas keselamatan harus dilatih untuk menggunakan safety shower dan mengetahui prosedur yang tepat dalam mengatasi situasi darurat yang mungkin terjadi.

Baca juga: Ketahui Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Dinding

4 Fungsi Safety Shower

Fungsi Safety Shower

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, fungsi safety shower ini dapat membantu Anda terlindung dari paparan bahan kimia, terutama saat Anda bekerja. Organ-organ vital di dalam tubuh Anda pun dapat terlindungi dengan maksimal karena adanya alat ini. Tidak itu saja, masih ada fungsi lain dari safety shower yang akan diuraikan berikut ini.

1. Membersihkan Kulit dan Mata dari Bahan Kimia

Safety shower bekerja untuk membersihkan kulit dan mata dari bahan kimia. Air yang dikeluarkan dari shower head dapat menghilangkan bahan kimia dari tubuh, sehingga mencegah kerusakan pada kulit dan mata. Bagi Anda yang bekerja di tempat yang banyak menggunakan bahan kimia, penting untuk membersihkan kulit dan mata menggunakan safety shower ini. 

2. Mencegah Kerusakan pada Sistem Organ

Selain membersihkan kulit dan mata, safety shower juga digunakan untuk mencegah kerusakan pada sistem organ lainnya. Bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, hati, paru-paru, dan organ lainnya. Setelah selesai bekerja, Anda perlu membersihkan bahan kimia yang menempel di tubuh secepat mungkin untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem organ. 

3. Mencegah Terjadinya Kebakaran

Safety shower juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Beberapa bahan kimia dapat menyebabkan kebakaran jika terpapar api atau panas. Jika Anda membersihkan bahan kimia dari tubuh secepat mungkin, safety shower dapat mencegah terjadinya kebakaran yang mungkin bisa saja terjadi. 

4. Membantu Penanganan Situasi Darurat 

Alat ini sangat penting digunakan dalam situasi darurat, misalnya ketika seseorang terpapar bahan kimia. Petugas keselamatan di tempat Anda bekerja harus tahu cara menggunakan safety shower dengan tepat untuk mengatasi berbagai situasi darurat. Bahan kimia yang ada dalam tubuh memang sangat berbahaya, safety shower ini mungkin bisa menyelamatkan nyawa Anda terpapar bahan kimia yang berbahaya.

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya Pasang Water Heater?

3 Tipe Emergency Showers Lainnya

Safety shower adalah alat pelindung darurat yang paling banyak dijumpai. Namun, masih ada emergency shower lainnya yang dapat Anda gunakan. Setidaknya ada 3 tipe emergency shower yang penting juga untuk Anda ketahui sebagai berikut.

1. Eye/ Face Wash

Alat ini digunakan untuk membersihkan mata dan wajah dari bahan kimia atau bahan lain yang menyebabkan iritasi. Eye/ face wash memiliki dua shower head dan dapat diaktifkan dengan menarik tombol atau menekan pedal. 

Air yang keluar dari shower head harus memiliki tekanan yang cukup untuk membersihkan mata dan wajah dari bahan kimia yang menempel, serta memiliki suhu yang nyaman untuk digunakan. 

Alat ini harus mudah diakses dan digunakan, serta dapat dioperasikan dengan satu tangan saat dalam kondisi darurat. Alat ini juga harus dilengkapi dengan penerangan yang cukup sehingga dapat digunakan di dalam ruangan yang gelap. 

2. Drench Shower

Untuk tipe drench shower digunakan untuk membersihkan tubuh secara keseluruhan dari bahan kimia yang berbahaya. Drench shower memiliki shower head yang bisa Anda pasang di dinding. Cara menggunakannya yaitu dengan menarik tombol atau menekan pedal. Suhu air yang dikeluarkan dari drench shower harus nyaman saat digunakan. 

Sebagai alat pelindung, alat ini harus mudah dijangkau. Anda juga perlu melakukan perawatan berkala pada alat ini supaya kondisinya selalu dalam keadaan optimal. Drench shower harus dalam jangkauan yang cukup dekat dengan area kerja, supaya lebih mudah digunakan terutama dalam keadaan darurat. 

3. Portable Emergency Shower 

Bagi tempat kerja yang tidak memiliki fasilitas shower permanen, Anda dapat menggunakan portable emergency shower untuk meningkatkan keselamatan kerja. Alat ini dapat dipindahkan dengan mudah ke lokasi tertentu sesuai dengan kebutuhan. 

Portable emergency shower dilengkapi dengan shower head yang dapat Anda pasang pada dinding saat hendak digunakan. Anda juga perlu menempatkannya di lokasi yang strategis agar mudah digunakan dalam berbagai kondisi darurat. 

Tempat kerja seperti pabrik dan laboratorium sangat penting memiliki emergency shower dalam meningkatkan keselamatan para pekerjanya. Safety shower adalah alat yang paling sering digunakan di antara emergency shower lainnya. 

Rheem juga menyediakan shower untuk berbagai keperluan komersial dan bisa Anda pasang di tempat kerja Anda untuk keselamatan kerja. Kalau begitu, cek website Rheem sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju