Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

3 Rekomendasi Water Heater yang Paling Aman untuk Rumah Tangga

| Jumat Maret 31, 2023
Rekomendasi Water Heater yang Paling Aman

Apa ya, water heater yang paling aman digunakan di rumah? Selain mengutamakan kenikmatan mandi air hangat, Anda tentu perlu mempertimbangkan keselamatan dan keamanan saat memilih sebuah water heater. Pasalnya, sebagaimana sebuah alat pada umumnya, water heater juga memiliki kemungkinan terjadi kerusakan yang bisa membahayakan penggunanya.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih water heater yang tepat dan terbaik untuk memastikan bahwa water heater tersebut aman dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Dalam artikel ini, Rheem akan berbagi informasi seputar water heater yang paling aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi saat menggunakannya. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pentingnya Pemilihan Water Heater yang Sesuai

Pentingnya Pemilihan Water Heater yang Sesuai

Water heater adalah perangkat yang digunakan untuk menyediakan air panas dengan cara memanaskannya melalui berbagai sumber energi. Saat ini, water heater merupakan perangkat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena air panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci pakaian, dan lain-lain.

Water heater dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan cara kerja dan sumber energinya. Water heater listrik menggunakan listrik sebagai sumber energi untuk memanaskan air, sedangkan water heater gas menggunakan gas sebagai sumber energinya. Ada juga water heater yang menggunakan energi matahari sebagai sumber energinya, yaitu water heater solar.

Perlu Anda ketahui bahwa mandi menggunakan air hangat memiliki beberapa manfaat bagi tubuh Anda. Pertama, air hangat dapat meredakan nyeri otot dan sendi yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang berat atau kondisi medis seperti artritis. Kedua, air hangat juga dapat memperlancar dan meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung hingga mengurangi risiko stroke.

Selain itu, Air hangat dapat menenangkan sistem saraf dan meredakan stres, kelelahan, dan insomnia. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat Anda merasa lebih relaks.

Melihat dari banyaknya manfaat yang diberikan oleh mandi air hangat, maka keputusan memasang water heater di rumah Anda tentu menjadi pilihan yang tepat. Namun perlu diingat bahwa Anda perlu memperhatikan suhu air dan durasi mandi yang tepat. Sebab jika terlalu panas dan mandi terlalu lama, ada beberapa masalah yang bisa ditimbulkan seperti kulit kering hingga mual muntah.

Baca juga: Water Heater Listrik Vs Gas: Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Rekomendasi Water Heater yang Paling Aman

Saat ini, ada berbagai jenis water heater yang tersedia di pasaran, namun tidak semuanya aman digunakan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih water heater yang aman adalah kualitas produk, sistem keamanan, dan faktor lain seperti biaya operasional dan konsumsi energi. Rheem memiliki beberapa rekomendasi water heater yang aman digunakan untuk memenuhi kebutuhan air panas rumah Anda. Berikut beberapa pilihannya:

1. Rheem Xwell Cube

Masih dari water heater jenis listrik, Xwell Cube juga bisa jadi pilihan water heater aman untuk rumah Anda. Water heater Xwell Cube ini dilengkapi dengan lapisan kaca enamel dari RheemGlas yang memberikan perlindungan tambahan terhadap korosi pada tangki.

Selain itu, water heater ini juga dilengkapi dengan elemen pemanas berupa Incoloy yang tahan lama dan dapat menyediakan air panas untuk Anda dalam jangka waktu yang panjang. Tipe Xwell Cube memiliki 2 pilihan kapasitas yaitu 15 L dengan daya listrik 350 watt, serta 30 L dengan daya listrik 500 watt. Dengan begitu, Anda bisa memilih kapasitas tersebut sesuai dengan kebutuhan penggunaan air panas di rumah.

Jika Anda menggunakan produk ini, maka Anda tidak perlu khawatir terhadap potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Karena, Rheem memberikan garansi selama 10 tahun jika terjadi kebocoran tangki, garansi 8 tahun untuk elemen-elemen pemanas, serta garansi 2 tahun untuk penggantian suku cadang.

2. Rheem SS Indirect Solar Water Heater

Jika Anda lebih memilih water heater dengan sumber tenaga alami yaitu sinar matahari, water heater solar bisa jadi jawaban yang tepat. Water heater solar yang aman pertama adalah SS Indirect Solar Water Heater. Water heater ini memiliki sistem pemanasan yang tidak langsung sebab menggunakan media berupa cairan coolblend.

Cairan tersebut nantinya akan bersirkulasi dari collector ke bagian heat exchanger untuk dipanaskan. Di dalamnya, SS Indirect dari Rheem menggunakan material stainless steel yang tahan panas sehingga tidak akan muncul karat. Hal ini tentunya membuat water heater menjadi lebih awet. 

Untuk kapasitasnya, water heater ini memiliki kapasitas 180 L dan daya listrik yang dibutuhkan sebesar 1.200 watt. Selain itu, produk ini memiliki garansi 7 tahun apabila terjadi kebocoran tangki. Sehingga, Anda akan merasa lebih tenang jika menggunakan produk ini.

3. Rheem VE Direct Solar Water Heater

Hadir juga dari tipe water heater solar, VE Direct Solar Water Heater memiliki sistem pemanasan air secara langsung. Cara kerjanya, water heater akan memanaskan air di dalam collector dan saat sudah mencapai suhu panas yang pas, air panas akan ditampung pada tangki bersirkulasi atau disebut dengan thermosyphon.

Collector yang digunakan pada VE Direct ini berjenis cooper yang mana dapat menyerap panas lebih banyak dan lebih cepat. Untuk ketahanan temperatur panasnya, Rheem memanfaatkan komponen isolasi padat berupa polyurethane foam setebal 5 cm.

Selain itu, produk ini memiliki 2 pilihan kapasitas, yaitu 180 L dan 300 L, dengan masing-masing daya listrik yang dibutuhkan sebesar 1.200 watt dan 1.800 watt, dengan garansi 7 tahun. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan spesifikasi yang ada dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya Pasang Water Heater?

Tips Memilih Water Heater

Setelah mengetahui rekomendasi water heater terbaik dan aman, berikut adalah beberapa tips dalam memilih water heater yang perlu dipahami:

1. Gunakan Water Heater Gas untuk Keluarga Besar agar Hemat Listrik

Untuk keluarga besar, pertimbangkan penggunaan water heater gas untuk menghemat penggunaan listrik. Water heater gas menjadi pilihan yang ideal bagi keluarga dengan anggota lebih dari empat orang karena beberapa keunggulannya:

  1. Tidak perlu khawatir tentang kenaikan tagihan listrik karena water heater ini menggunakan gas, sehingga mempermudah Anda untuk mengelola biaya listrik.
  2. Mampu memanaskan air lebih cepat dibandingkan dengan jenis lainnya.
  3. Harganya terjangkau dan dapat dioperasikan secara fleksibel selama gas tersedia.

Water heater gas umumnya memiliki durasi pemanasan air sekitar 30-60 menit, dan umur pemakaiannya sekitar 8-12 tahun. Biasanya, water heater ini menggunakan gas natural atau gas LPG untuk beroperasi.

2. Gunakan Water Heater Listrik untuk Keluarga Kecil agar Praktis

Bagi keluarga yang hanya memiliki 2-3 anggota saja, disarankan untuk memilih water heater listrik yang hemat energi. Dalam hal ini, terdapat beberapa kelebihan lain yang membuatnya sesuai digunakan untuk keluarga kecil, yaitu:

  1. Tidak ada risiko kebocoran gas.
  2. Ukurannya yang compact memungkinkan water heater ini dapat dipasang di ruangan kecil.
  3. Umur pemakaian yang lebih panjang daripada water heater gas.
  4. Komponen yang lebih sederhana membuatnya lebih aman dan efisien, sehingga cocok untuk digunakan di perumahan atau apartemen.

Water heater listrik umumnya dapat bertahan hingga 10-15 tahun dan membutuhkan waktu 2-5 jam untuk memanaskan air, tergantung pada daya listrik dan kapasitasnya. Untuk rumah dengan daya listrik terbatas, disarankan memilih water heater listrik berkapasitas 10-20 liter dengan daya rendah. Sedangkan untuk keluarga dengan tiga anggota atau lebih, disarankan memilih water heater listrik dengan kapasitas minimal 30 liter.

3. Gunakan Water Heater Solar untuk Pemakaian Jangka Panjang

Water heater jenis ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan. Dengan mengandalkan sumber energi matahari, water heater tenaga surya menawarkan keamanan dan keandalan untuk penggunaan jangka panjang. Berikut adalah beberapa keunggulan dari water heater solar:

  1. Lebih hemat dan lebih ramah lingkungan karena tidak bergantung pada gas atau listrik konvensional.
  2. Memiliki komponen yang kuat dan tahan lama dibandingkan dengan jenis lainnya.
  3. Memiliki kapasitas tangki yang tergolong besar.

Dalam penggunaan pemanas air tenaga matahari, waktu yang diperlukan untuk memanaskan air adalah sekitar 5-6 jam saat cuaca cerah. Water heater solar ini juga dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang karena umur pemakaiannya yang bisa mencapai lebih dari 20 tahun.

Pentingnya Memilih Water Heater yang Aman untuk Keamanan dan Kenyamanan Anda

Kesimpulannya, memilih water heater yang aman sangat penting untuk menghindari masalah yang disebabkan oleh water heater seperti kebakaran, korsleting, dan lain sebagainya. Water heater yang memiliki sertifikasi dari lembaga yang berwenang dan memiliki garansi dari pabrik, serta memiliki sistem pengaman seperti thermostat, cut-off, detector gas akan lebih aman digunakan.

Pemilihan water heater yang aman dapat dilakukan dengan melihat beberapa faktor, salah satunya adalah kualitas produk. Oleh sebab itu, Rheem adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan water heater rumah maupun bangunan komersial Anda.

Selain memastikan bahwa Anda memiliki ketersediaan air panas yang cukup dan produk water heater yang berkualitas, Rheem juga memastikan bahwa setiap produknya diciptakan ramah lingkungan dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Water heater dengan konsumsi energi yang efisien akan lebih aman digunakan dalam jangka panjang.

Jadi, tak ada yang perlu diragukan lagi. Segera kunjungi Rheem dan temukan produk water heater berkualitas untuk mengalirkan air panas di rumah Anda dengan maksimal.

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju