Select a Country

Blog

Blog

Blog

Blog

Lapisan Enamel untuk Tangki Pemanas Air: Apa itu?

| Wednesday February 19, 2020


Kata “enamel” mungkin tampak sangat asing bagi banyak orang. Beberapa orang mungkin mengingat enamel sebagai bagian dari gigi, sementara yang lain mungkin menganggapnya sebagai sesuatu yang hanya diketahui oleh seniman dan pengrajin. Tapi jangan khawatir, kami di sini untuk menjelaskan kepada Anda segala sesuatu yang perlu diketahui tentang enamel dan mengapa itu adalah fitur yang hebat dalam tangki penyimpanan.





Pemahaman singkat tentang enamel





Enamel lebih dikenal sebagai lapisan pelindung atau dekoratif pada logam, keramik dan gelas. Diproduksi dengan cara melebur campuran bahan anorganik pada suhu tinggi. Jika Anda bertanya-tanya apa itu smelting, smelting berasal dari kata Jerman “smelzan”, yang berarti “meleleh”.





Penggunaan dan awal mula enamel digunakan sekitar abad ke-13 SM ketika enam cincin emas dihiasi dengan lapisan berwarna enamel vitreous ditemukan di makam Mycenaia di Siprus. Sejak itu, enamel perlahan-lahan diadaptasi oleh banyak peradaban yang lebih tua, dari Mesir kuno ke Yunani, Kekaisaran Romawi dan bahkan bagian dari Timur Tengah, di mana digunakan untuk menghias perhiasan dan artefak agama.





Berbagai teknik dalam menggunakan enamel kemudian mulai berkembang, termasuk apa yang diyakini sebagai enamelling pertama besi di Jerman pada abad ke-18. Pada saat itu ramai produksi alat memasak dari besi cor berenamel dan lembaran besi. Dari sini, Revolusi Industri membuka jalan untuk mendorong aplikasi enamel menjadi industry enamel vitreous, yang banyak diaplikasikan di peralatan rumah tangga hingga saat ini.





Berbagai Jenis Enamel





Ada dua jenis enamel, yaitu enamel yang dicat dan enamel vitreous atau porselen.





Enamel yang dicat, pada bentuknya yang paling sederhana, adalah jenis cat berbasis pelarut yang biasanya disemprotkan ke objek hingga menjadi cangkang keras dan seperti kaca. Sebagian besar digunakan untuk touch-up dan merupakan cara yang nyaman untuk menerapkan lapisan pelindung seperti bathtub.





Di sisi lain, enamel porselen adalah lapisan kaca tipis yang menyatu pada benda logam pada suhu tinggi. Selain mempercantik objek, enamel membantu memperkuat permukaan objek, sekaligus membantu meminimalkan goresan dan karat.





Vitreous atau porselen enamel dikenal karena sifat khusus seperti:











Enamel sangat ideal untuk banyak aplikasi modern, baik untuk kebutuhan komersil maupun rumah tangga. Itu lah mengapa bathtub, wastafel, oven, kompor, dan pemanas air semuanya memiliki lapisan kaca.





Proses produksi Enamel





Pada tangki pemanas air, enamel kadang-kadang digunakan sebagai penghalang pelindung di tangki bagian dalam. Lalu bagaimana enamel porselen dibuat? Pertama, enamel dibuat dengan menggabungkan mineral dan oksida logam pilihan pada suhu tinggi. Setelah didinginkan, akan membentuk permukaan seperti kaca yang kemudian akan ditumbuk menjadi potongan-potongan halus yang dikenal sebagai frits. Frits kemudian akan diaplikasikan pada permukaan logam atau objek yang ingin Anda lapisi dan akan dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi mulai dari 1100 ° hingga 1600 ° F (593,3 ° hingga 871,1 ° C) untuk meleleh. Proses ini juga dikenal sebagai fritting, yang akan membantu frits menciptakan lapisan yang kuat dan tidak dapat dipisahkan dengan permukaan logam.











Enamel dalam tangki pemanas air





Kita telah melihat bagaimana lapisan enamel yang tahan lama dan berkualitas tinggi dapat tahan terhadap suhu tinggi dan pada saat yang sama menawarkan perlindungan yang sangat baik. Inilah sebabnya mengapa tangki pemanas air Rheem dilapisi dengan enamel. Berikut lebih banyak alasan mengapa Anda harus memilih pemanas air penyimpanan dengan lapisan enamel di tangki bagian dalamnya:





    Mampu menahan suhu tinggi





    Sangat tahan terhadap karat





    Peluang kebocoran tangki bagian dalam lebih rendah











Sebagai produsen dan distributor pemanas air terkemuka di seluruh dunia, tangki pemanas air Rheem dilengkapi dengan lapisan enamel untuk memberikan produk pemanas air yang berkualitas dan tahan lama untuk rumah dan bisnis di Asia dan di seluruh dunia.





Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tangki penyimpanan Rheem, kunjungi situs web kami di https://rheem.id/products/


By continuing to use this website, you agree to our use of cookies. For more information, see our Privacy Statement.

OK