Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Berapa Suhu Normal Water Heater?

| Jumat Maret 31, 2023
Berapa Suhu Normal Water Heater?

Mesin water heater jelas menghasilkan air panas yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mencuci piring dan mandi. Namun ternyata water heater bisa bermasalah dan menghasilkan air yang sangat panas. Apakah Anda tahu berapa suhu normal water heater yang seharusnya diperhatikan oleh para penggunanya?

Jika selama ini Anda langsung menggunakan air panas tanpa memeriksa suhu yang dihasilkan, sebaiknya mulailah lakukan pemeriksaan dan berhati-hati. 

Jangan sampai ada anggota keluarga Anda atau bahkan pelanggan bisnis yang mengalami kecelakaan akibat water heater yang tidak normal. Langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui berapa suhu normal water heater!

Berapa Suhu Normal Water Heater yang Aman?

Berapa Suhu Normal Water Heater?

Suhu normal water heater sejatinya akan bergantung pada masing-masing mesin yang Anda punya. Umumnya banyak brand water heater menyarankan suhu antara 120-140 derajat Fahrenheit (49-60 derajat Celsius). 

Ada juga yang menganjurkan untuk mengatur suhu water heater pada 120 derajat Fahrenheit (49 derajat Celsius) saja agar mengurangi risiko terbakar dan menghemat energi. Jika Anda memiliki mesin water heater dari Rheem maka kami menganjurkan untuk mengatur suhu pada rata-rata 98-101 derajat Fahrenheit (37-38,3 derajat Celcius). 

Jadi tinggal sesuaikan saja suhu rata-rata tersebut dengan keinginan Anda ketika mandi. Apabila ingin lebih panas maka atur water heater Rheem Anda ke suhu 101 derajat Fahrenheit. Masih kurang panas? Anda bisa menaikkan suhunya sampai 105 derajat Fahrenheit. 

Namun ingat bahwa lebih baik tidak mengaturnya di atas 105 derajat Fahrenheit demi kenyamanan dan keamanan ketika Anda mandi. 

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya Pasang Water Heater?

Berapa Lama Waktu Water Heater Memanaskan Air?

Lama waktu yang diperlukan untuk memanaskan air dalam water heater sebenarnya tidak bisa disamakan. Waktu yang dibutuhkan setiap water heater akan bergantung pada beberapa faktor seperti jenis water heater, kapasitas, jumlah air yang akan dipanaskan, dan suhu awal air. 

Untuk jenis water heater listrik, proses memanaskan air membutuhkan waktu kurang dari 1 jam. Berbeda dengan jenis water heater gas yang memanaskan air hanya dalam kurun waktu kurang dari 30 menit. 

Tidak menutup kemungkinan juga kalau lamanya proses memanaskan air dipengaruhi oleh kondisi sistem dan efisiensi water heater. Apabila kondisinya baik dengan tingkat efisiensi yang tinggi maka proses memanaskan air akan makin cepat. 

Baca juga: Apakah Water Heater Harus Dimatikan Saat Tidak Digunakan? Ini Dia Jawabannya!

Bahaya Apabila Water Heater Terlalu Panas

Berapa Suhu Normal Water Heater?

Memiliki mesin pemanas air di rumah atau untuk bisnis Anda jelas memberikan banyak kenyamanan. Water heater dalam rumah tangga membuat Anda tidak perlu bangun pagi-pagi hanya untuk mempersiapkan air panas bagi seluruh anggota keluarga. 

Saat water heater terus menyala maka air panas langsung bisa digunakan tanpa harus menunggu lama. Water heater untuk bisnis di sisi lain berguna untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta memuaskan pelanggan. 

Tentunya citra bisnis Anda di mata masyarakat jadi sangat baik dan kredibel. Namun keberadaan water heater perlu selalu diwaspadai dan dirawat agar kondisinya tetap baik. Jangan sampai ada kecelakaan yang tidak diinginkan terjadi seperti beberapa bahaya berikut ini. 

1. Kulit Terasa Terbakar

Saat air yang dihasilkan water heater terasa sangat panas maka kulit Anda pasti akan terbakar. Bukan tidak mungkin kulit Anda jadi merah, melepuh, hingga akhirnya terbakar cukup parah. Ingat bahwa kejadian seperti ini sangat mungkin terjadi kalau Anda tidak pernah merawat dan memperhatikan kondisi water heater yang digunakan. 

2. Kerusakan Pada Berbagai Komponen

Suhu air yang terlalu panas bukan hanya merusak kulit, tetapi juga merusak berbagai peralatan dan komponen yang terhubung dengan water heater. Pipa-pipa bisa meleleh dan bocor, serta tidak menutup kemungkinan bahwa komponen water heater itu sendiri juga akan mengalami kerusakan. 

3. Efisiensi Sistem Menurun

Sistem water heater yang masih baik seharusnya bekerja secara efisien dalam membuat air menjadi panas. Standar water heater yang efisien adalah:

  • Proses pemanasan air tidak memakan waktu yang lama.
  • Penggunaan listriknya tidak membengkak. 
  • Jumlah air yang berhasil dipanaskan sesuai dengan kapasitas aslinya. 

Jika sistemnya sudah mulai menurun maka sangat mungkin Anda tidak bisa menikmati air panas sebagaimana mestinya. Anda jadi harus menunggu air sangat lama, kemudian biaya listrik yang harus dibayar tiba-tiba melambung sangat tinggi. 

Baca juga: Water Heater Listrik Vs Gas: Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Rekomendasi Water Heater Terbaik dari Rheem

Rheem sebagai salah satu water heater terbaik dengan pengalaman lebih dari 100 tahun pasti hanya menyediakan water heater berkualitas. Baik water heater untuk kebutuhan rumah tangga maupun bisnis, semuanya tersedia dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut masing-masing rekomendasi untuk rumah tangga dan bisnis. 

1. EHG Water Heater

Untuk penggunaan rumah tangga, EHG Water Heater dengan tipe EHG50 cocok dipilih. Kapasitas airnya mencapai 50 liter yang cukup digunakan untuk 6-7 anggota keluarga. 

Water heater EHG sudah dilengkapi dengan inovasi pengelasan tunggal untuk memastikan ketahanan yang lebih besar terhadap karat dan kebocoran. 

Kemudian mesin pemanas air ini juga sudah dilengkapi dengan magnesium anode spesial yang memiliki ketahanan 5x lebih tangguh dibandingkan jenis lainnya. Penggunaan water heater EHG dari Rheem pasti akan meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga dalam aktivitas sehari-hari! 

2. 82 Series Floor Mounted Electric Water Heater

Kemudian untuk kebutuhan bisnis, Rheem punya 82 Series Floor Mounted Electric Water Heater yang memiliki berbagai jenis kapasitas, yakni 114 liter, 151 liter, 189 liter, 246 liter, 303 liter dan 454 liter air panas. Mesin ini sudah dilengkapi dengan elemen pemanas tembaga ganda untuk memperpanjang umur batang dan anoda tangki sehingga pemakaiannya tahan lama. 

Kontrol pengaturannya pun bisa diatur dengan mudah untuk berbagai kebutuhan. Berbagai fitur kinerja dan keselamatan utama juga sudah dipasang untuk memastikan keamanan ketika menggunakannya. 

Jika Anda tertarik dengan salah satu atau kedua mesin water heater tersebut maka langsung saja kunjungi Rheem! Anda bahkan bisa memilih berbagai macam water heater yang tersedia di Rheem supaya kebutuhan benar-benar terpenuhi.

Hubungi tim Rheem sekarang juga untuk konsultasi dan pemesanan lebih lanjut! Semoga informasi suhu normal water heater di atas berguna dan bisa Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari! 

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju