Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

Fakta di Balik Mitos Demam Tidak Boleh Mandi dan Tips Aman Mandinya

| Kamis Februari 22, 2024
demam tidak boleh mandi

Pada artikel kali ini akan secara khusus membahas tentang fakta asli di balik mitos jika sedang demam tidak boleh mandi, apakah benar? Kebanyakan orang banyak yang percaya jika sedang mengalami demam tidak diperbolehkan untuk mandi karena malah akan memperburuk kondisi tubuh. Namun, apakah faktanya memang benar seperti itu? Atau hanya mitos semata? Yuk, simak lebihi lengkap mengenai fakta di balik mitos tidak boleh mandi saat demam di sini.

Demam adalah respon alami tubuh terhadap infeksi atau kondisi lain yang memicu kenaikan suhu tubuh di atas suhu normal. Suhu normal tubuh manusia berkisar antara 36-37 derajat Celcius. Demam seringkali merupakan tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan penyakit atau infeksi.

Fakta dan Mitos Demam Tidak Boleh Mandi

Demam adalah salah satu gejala yang paling umum, tapi ada banyak mitos yang beredar tentang apa yang harus dilakukan ketika demam. Salah satu mitos yang paling umum adalah bahwa orang yang demam tidak boleh mandi. Mitos yang mengatakan bahwa seseorang yang demam tidak boleh mandi adalah salah. Faktanya, mandi atau berendam dalam air hangat sebenarnya dapat membantu mengurangi demam dan merasa lebih nyaman.

Faktanya, mandi air hangat dapat membantu menurunkan demam. Saat mandi, suhu tubuh akan turun karena air hangat membantu memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, mandi juga dapat membantu membersihkan keringat dan bakteri dari kulit, yang dapat membantu mencegah infeksi.

Demam boleh mandi, dan itu bisa menjadi bagian dari perawatan saat demam. Mandi membantu menurunkan suhu tubuh, menjaga kebersihan tubuh, dan meredakan sensasi tubuh menggigil yang sering terjadi saat demam. Jadi, jangan ragu untuk mandi ketika mengalami demam, itu dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk mengatasi gejala yang tidak nyaman.

Baca Juga: 15 Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

6 Tips Aman Untuk Mandi Saat Demam

6 Tips Aman Untuk Mandi Saat Demam

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tetap aman untuk mandi saat mengalami demam.

1. Gunakan Air Hangat

Air yang hangat atau suam-suam kuku adalah pilihan terbaik saat mandi saat demam. Jangan menggunakan air terlalu dingin atau terlalu panas, karena itu dapat mengguncang tubuh Anda. selain itu, air yang terlalu panas akan membuat tangan Anda kering pada saat setelah mandi, lebih baik untuk menggunakan air hangat.

Ketika Anda demam, suhu tubuh Anda naik. Mandi dengan air dingin dapat membuat Anda merasa kedinginan dan menggigil lebih parah. Air hangat membantu mengurangi perasaan kedinginan ini, sehingga Anda merasa lebih nyaman.

2. Periksa Suhu Tubuh Anda

Sebelum mandi, periksa suhu tubuh Anda dengan termometer. Ini akan memberi Anda gambaran tentang seberapa tinggi suhu tubuh Anda. Mandi sebaiknya dilakukan jika suhu tubuh tinggi. Jika suhu tubuh Anda normal atau sedikit di atas normal, mandi mungkin tidak perlu.

Jika suhu tubuh Anda terlalu tinggi dan Anda mandi dengan air yang terlalu dingin, itu bisa memicu kedinginan dan membuat Anda merasa lebih buruk. Dengan memeriksa suhu tubuh Anda sebelum mandi, Anda dapat memastikan untuk menggunakan air yang hangat atau suam-suam kuku yang lebih aman untuk menurunkan suhu tubuh secara perlahan.

3. Jangan Mandi terlalu Lama

Tidak disarankan untuk mandi terlalu lama pada saat Anda mengalami demam, karena ada beberapa risiko yang terkait dengan mandi yang panjang dan panas ketika dalam keadaan demam. Ketika Anda demam, tubuh Anda sudah melemah karena berjuang melawan infeksi atau penyebab demam lainnya. Mandi yang panjang dapat membuat Anda merasa lebih lemah dan lelah, yang dapat memperlambat proses pemulihan.

Mandi yang terlalu lama dapat membuat suhu tubuh naik kembali dan membuat Anda merasa lebih lelah. Sebaiknya mandi dengan durasi yang singkat, sekitar 10-15 menit. Istirahat adalah salah satu komponen penting dalam proses pemulihan saat Anda demam. Mandi yang terlalu lama dapat mengganggu istirahat yang sangat diperlukan untuk membantu tubuh Anda melawan penyebab demam.

4. Cukup Membasuh dengan Kain Basah

Jika Anda tidak ingin mandi, Anda dapat membantu menurunkan suhu tubuh dengan membungkus tubuh dengan kain basah. Basahi kain dengan air hangat dan letakkan di dahi, leher, dan pergelangan kaki. Ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan meredakan gejala demam.

Saat demam, tubuh mungkin lebih sensitif terhadap perubahan suhu, dan mandi dengan air dingin bisa membuat seseorang merasa lebih tidak nyaman. Menggunakan kain basah yang sudah dihangatkan dengan air hangat mungkin terasa lebih nyaman.

5. Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang nyaman dapat membantu mengatur suhu tubuh dengan lebih baik. Saat Anda demam, suhu tubuh Anda mungkin naik, dan menggunakan pakaian yang sesuai dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan. Pakaian yang terbuat dari bahan yang bernapas, seperti katun, biasanya lebih baik dalam menjaga suhu tubuh Anda tetap stabil.

Pakaian yang sesuai dan nyaman juga membantu dalam perawatan kulit. Kulit mungkin menjadi lebih sensitif selama demam, dan pakaian yang kasar atau ketat dapat menyebabkan gesekan dan iritasi pada kulit. Pakaian yang lembut dan longgar dapat mengurangi risiko iritasi kulit.

6. Istirahat Setelah Mandi

Tubuh Anda sedang berjuang melawan infeksi atau penyakit yang menyebabkan demam. Proses ini memerlukan energi tambahan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Aktivitas fisik yang berlebihan dapat menguras energi yang seharusnya digunakan untuk memerangi infeksi. Istirahat membantu tubuh fokus pada pemulihan daripada membagi energi untuk aktivitas fisik.

Baca Juga: 15 Bahaya Mandi Malam yang Perlu Dihindari

Saat Anda istirahat, suhu tubuh Anda dapat mulai menurun secara alami. Aktivitas fisik dapat meningkatkan suhu tubuh, dan demam itu sendiri adalah respons tubuh terhadap infeksi. Istirahat membantu tubuh untuk meredakan suhu tubuh dan mempercepat pemulihan.

Untuk bisa mendapatkan air hangat dengan suhu yang tepat, gunakan RC Plus Classic Plus Electric Storage Water Heaters yang punya High Superior Quality Glasslined Heating Element dari bahan incoloy yang dilapisi oleh enamel sehingga membuat air yang tersimpan bisa tetap terjaga suhunya lebih tahan lama. Kunjungi Rheem sekarang juga untuk tau informasi lebih lanjut.

3 Manfaat Mandi Saat Demam

3 Manfaat Mandi Saat Demam

Berikut merupakan beberapa manfaat dari mandi saat demam yang belum Anda ketahui.

1. Menurunkan Suhu Tubuh

Salah satu manfaat utama mandi saat demam adalah untuk menurunkan suhu tubuh yang meningkat akibat infeksi atau penyakit. Air mandi yang dingin atau hangat dapat membantu meredakan demam dengan cepat. Jangan gunakan air yang terlalu dingin, karena itu bisa menyebabkan kedinginan.

2. Mengurangi Ketidaknyamanan

Saat Anda demam, Anda mungkin berkeringat lebih dari biasanya. Mandi dapat membantu membersihkan tubuh dari keringat, bakteri, dan zat-zat lain yang mungkin terakumulasi, sehingga Anda merasa lebih segar dan nyaman.

3. Relaksasi

Mandi juga dapat memberikan perasaan kesegaran dan kenyamanan. Ini dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati Anda selama demam. Dengan mandi pada saat demam bisa membantu meredakan stres dan meningkatkan perasaan kesejahteraan Anda selama demam.

Mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan meredakan gejala demam. Mitos bahwa orang yang demam tidak boleh mandi adalah salah. Namun, penting untuk diingat untuk mandi dengan air hangat dan durasi yang singkat.

Jika suhu tubuh sudah sangat rendah, sebaiknya hindari mandi air dingin. Selain mandi, ada juga penurun demam yang dapat membantu mengatasi demam. Jika gejala demam tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter.

Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir lagi karena demam tidak boleh mandi adalah mitos. Anda bisa tetap mandi dan menjaga kebersihan serta kenyamanan pada tubuh Anda pada saat demam tanpa perlu takut lagi dengan mitos yang tidak benar. Beberapa tips serta manfaat di atas menjadi hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mandi dalam keadaan demam.

Baca Juga: Mengenal Water Heater Yang Paling Aman

Tingkatkan Kenyamanan Mandi dengan Air Hangat bersama Rheem!

Demam tidak boleh mandi adalah mitos yang tidak benar. Mandi air hangat saat demam sebenarnya dapat membantu menurunkan suhu tubuh, mengurangi ketidaknyamanan, dan memberikan rasa relaksasi. Namun, penting untuk mandi dengan air hangat dan durasi yang singkat serta memeriksa suhu tubuh sebelumnya. Jadi, tidak perlu khawatir untuk mandi saat demam, asalkan dilakukan dengan bijak sesuai dengan saran medis dan menjaga kenyamanan tubuh.

Rheem bisa menjadi pilihan bagi Anda dan keluarga yang tengah mencari informasi tentang mesin water heater rumah tangga yang bisa Anda gunakan pada saat mandi dalam keadaan demam.

Rheem sendiri menawarkan banyak pilihan water heater yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, salah satunya adalah Solar Water Heater. Yuk, segera kunjungi laman resmi Rheem dan temukan water heater terbaik yang Anda butuhkan untuk di rumah sekarang juga!

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju