Tap To Call 08001701313

Select a Country

Find a Dealer in your Area

Find a Dealer

When you need a smart, dependable dealer, count on our team of independent professionals for your heating, cooling and water heating needs.

Blog

Blog

Blog

Blog

4 Jenis Water Heater yang Digunakan Secara Umum

| Jumat Februari 23, 2024
Jenis Water Heater

Banyak jenis water heater yang beragam belum banyak diketahui oleh masyarakat. Kebanyakan orang pasti hanya mengerti bagaimana cara menggunakannya tanpa tahu jenis dan cara kerja dari water heater. Apakah Anda salah satunya?

Anda tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendirian. Namun karena kurangnya pengetahuan ini, Rheem akan membantu Anda memahami berbagai jenis water heater yang saat ini populer digunakan.

Bagi Anda yang ingin menikmati kenyamanan air panas di rumah, sangat penting untuk memahami informasi berikut ini dengan seksama. Pastikan Anda memilih water heater yang sesuai untuk kebutuhan seluruh keluarga Anda.

4 Jenis Water Heater yang Digunakan Pada Umumnya

4 Jenis Water Heater yang Digunakan Pada Umumnya

Water heater secara tidak langsung sudah menjadi alat kebutuhan rumah tangga yang sangat krusial. Bahkan keberadaannya sangat penting secara khusus pada daerah yang memiliki suhu udara rendah seperti di pegunungan.

Beberapa daerah di Indonesia seperti Puncak, Bandung, Berastagi, dan Batu menjadi contoh tempat di mana water heater sangat dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh. Namun saat ditanya jenis water heater apa yang paling banyak digunakan maka jawabannya sangat beragam.

Penggunaan tiap jenisnya akan bergantung kepada kebutuhan jumlah air panas dan biaya yang Anda miliki. Daripada bingung, coba langsung perhatikan masing-masing penjelasannya berikut ini. 

Baca Juga: Mengenal Water Heater yang Paling Aman

1. Solar Water Heater

Solar Water Heater

Solar water heater mengacu kepada teknologi water heater alias pemanas air yang menggunakan sumber energi matahari untuk dapat menaikkan suhu air. Seperti halnya teknologi solar yang mampu mengubah energi panas matahari menjadi listrik, demikian juga halnya dengan jenis water heater satu ini. 

Keberadaan sinar matahari sebagai sumber panas memang sangat bermanfaat bahkan menghemat biaya meski pemakaian water heater yang sering. Namun perlu diketahui bahwa pembelian jenis pemanas air dengan solar memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Kecanggihan teknologinya dijual dengan harga yang cukup mahal dari jenis water heater lainnya. Namun hal ini cukup sebanding dengan pemakaian dalam jangka panjang tanpa membayar listrik setiap bulan. Jadi bisa dibilang Anda hanya akan membayar harga yang besar di awal untuk kenikmatan jangka panjang.

Rheem menawarkan dua produk dalam kategori tersebut, yaitu SS Indirect Water Heater dan VE Direct Solar Water Heater, keduanya menggunakan tempered glass yang mampu menyerap panas matahari lebih efisien. Setiap unit ini juga menjalani pemeriksaan mendetail dan ketat, memastikan bahwa produk selalu dalam kondisi optimal.

2. Gas Water Heater

Gas Water Heater

Kemudian ada juga water heater yang berfungsi ketika disambungkan dengan gas. Jika Anda bingung, coba bayangkan kompor gas di dapur. Gas tersebut akan diubah melalui suatu sistem yang pada akhirnya menghasilkan api untuk memasak. 

Dalam hal ini gas juga digunakan tetapi bukan untuk menghasilkan api melainkan memanaskan air dalam tabung pemanas. Anda bisa menggunakan gas LPG berukuran kecil atau sekaligus besar untuk penghematan. 

Produk seperti Rheem 4 Star Gas Water Heater menawarkan pemanasan air yang efisien dengan berbagai kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Secara umum cara kerjanya juga cukup sederhana. Saat Anda sudah berhasil menghubungkan gas dengan water heater maka air bisa langsung dipanaskan.

Penggunaan gas sebagai sumber pemanas sudah cukup jarang digunakan mengingat pemakaiannya yang dirasa boros dan mahal. Namun kalau di rumah Anda sudah terdapat gas LNG maka pemakaian gas untuk water heater bisa jauh lebih terjangkau. 

Baca Juga: Water Heater Listrik Vs Gas: Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?

3. Heat Pump Water Heater

Heat Pump Water Heater

Heat pump water heater sekilas serupa dengan solar water heater. Keduanya sama-sama menggunakan suhu panas untuk memanaskan air. Namun kalau solar menggunakan panas matahari maka heat pump water heater lebih bersumber kepada suhu panas di luar ruangan.

Suhu panas yang digunakan juga bisa apa saja. Contohnya panas dari mesin-mesin di pabrik, panas terik matahari yang mengakibatkan suhu luar ruangan memanas, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh produk yang menawarkan keunggulan ini adalah Rheem RHP-5207C ProTerra Series Heat Pump Water Heater, yang dirancang untuk efisiensi tinggi dalam memanaskan air menggunakan sumber panas dari luar ruangan, memberikan solusi hemat energi dan handal bagi kebutuhan air panas di rumah Anda.

4. Electric Water Heater

Electric Water Heater

Terakhir merupakan pemanas air elektrik yang sudah menggunakan listrik. Terdapat 2 varian, yaitu water heater tanpa tangki penyimpanan dan dengan tangki penyimpanan. Water heater tangki memiliki tangki penyimpanan air panas yang memastikan Anda selalu memiliki pasokan air panas yang cukup saat dibutuhkan. Sementara itu, water heater tanpa tangki memberikan kemudahan dengan memanaskan air secara langsung saat Anda menggunakannya. Penggunaan listrik untuk memanaskan air tentunya jauh lebih mudah dan nyaman digunakan di rumah. Siapa saja bisa dengan mudah menggunakannya ketika ingin mandi air panas.

Water heater dengan tangki penyimpanan RC Plus Classic Plus dari Rheem yang memberikan solusi praktis dan handal untuk kebutuhan air panas di rumah.Tinggal colokan sambungan ke stop kontak lalu nyalakan water heater. Kemudian tunggu hingga air yang berada dalam tangki memanas. Selagi menunggu, Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan kantor atau rumah. Nantinya setelah siap, Anda tinggal membuka keran air panas dan proses selesai!

Water heater ini memiliki 2 varian, water heater air penyimpanan listrik dan water heater air listrik tanpa tangki

Baca Juga: Berapa Estimasi Biaya Pasang Water Heater?

Rasakan Kualitas Terbaik dengan Pilihan Water Heater dari Rheem!

Mengetahui jenis-jenis water heater tentunya penting ketika memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda. Baik solar water heater, gas water heater, dan heat pump water heater memiliki kelebihan dan pertimbangan biaya yang perlu dipertimbangkan sebelum pembelian.

Penggunaan water heater di rumah memang sangat nyaman. Namun sebelum membeli satu, Anda perlu memperhatikan kapasitas watt yang tersedia di rumah. Jangan sampai Anda memilih jenis water heater yang watt-nya terlalu besar tetapi tidak memiliki kapasitas listrik yang dibutuhkan. 

Sangat sia-sia apabila Anda membeli water heater tanpa pertimbangan dan terburu-buru. Uang sudah terbuang tetapi barang yang Anda dapatkan ternyata tidak bisa digunakan dengan maksimal. Itu sebabnya perhatikan terlebih dahulu jenis, spesifikasi, serta harganya. 

Anda perlu juga mempertimbangkan berapa banyak orang yang akan menggunakannya. Makin banyak orang yang membutuhkan air panas maka makin besar juga kapasitas air panas yang perlu dibuat dalam suatu waktu. 

Apabila Anda mencari water heater untuk penggunaan seorang diri maka kapasitas penyimpanan air panas sebanyak 10-20 liter sudah cukup. Salah satu contohnya seperti Xwell Slim Classic Plus Electric Storage Water Heater dari Rheem. 

Selain dapat menghasilkan air panas dengan aman, water heater satu ini memiliki desain yang modern dan minimalis. Pasti cocok dengan tema kamar mandi yang bertema monokrom. Kemudian komponen yang menyusun pemanas air Rheem juga sangat berkualitas. 

Penggunaan bahan unggulan tersebut membuat Anda bisa menggunakan Xwell Slim Classic Plus Electric Storage Water Heater untuk waktu yang sangat panjang. Jika kurang, Anda bisa menggunakan produk water heater lainnya dari  Rheem yang dapat menghasilkan air panas 50 liter sampai 100 liter. 

Dari jenis elektrik hingga solar, semuanya tersedia dan tinggal dipilih sesuai kebutuhan Anda. Jadi mulai temukan water heater terbaik untuk keperluan Anda hanya di Rheem! 

Related Posts

Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pernyataan Privasi kami.

Setuju